Skip to main content

6 Cara Melatih Kelinci Dengan Baik Dan Benar

6 Cara Melatih Kelinci Dengan Baik Dan Benar

Anda setuju kan bahwa kelinci merupakan salah satu hewan mamalia kecil yang sangat lucu dan menggemaskan? Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang yang memeliharanya atau bahkan dijadikan teman untuk bermain setiap hari.


6 Cara Melatih Kelinci Dengan Baik Dan Benar



Bahkan banyak dari mereka yang melatihnya supaya dapat bersikap layaknya manusia. Apakah Anda penasaran bagaimana cara melatih kelinci?

Bagaimana Melatih Kelinci?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara – cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk melatih kelinci Anda di rumah. Untuk selengkapnya, bacalah di bawah ini!


1. Melatih Kelinci Agar Tahu Namanya

Sebagian besar orang pasti kan memberikan nama untuk hewan piaraan kesayangannya. Hal tersebut bertujuan untuk bisa membedakan hewan satu dengan yang lainnya. Satu hal yang lebih menarik lagi yaitu dengan menamai, Anda bisa memanggilnya supaya datang saat Anda mencari keberadaannya. Ini juga akan berlaku untuk kelinci.

Caranya mudah, yaitu dengan memanggilnya setiap hari. Ulang – ulangi kata atau nama ketika Anda berada di dekatnya. Jangan lupa Anda membawa makanan favoritnya, dengan begitu ia akan tahu bahwa jika Anda mengatakan kata tersebut itu berarti Anda akan memberi pakan. Berikan makanan jika ia menghampiri Anda. Kelinci adalah hewan cerdas, ia akan segera mengerti dalam hitungan hari.


2. Melatih Kelinci Agar Tidak Takut Orang

Beberapa hewan akan berlari jika melihat sesuatu yang asing, termasuk juga kelinci. Terkadang jika ada orang baru yang ingin melihatnya ia malah lari dan bersembunyi. Agar kelinci tidak takut dan tidak mengidentifikasi orang baru sebagai ancaman maka sesering mungkin ajaklah untuk bermain. Anda bisa menggendong dan mengelusnya.

Ingatan kelinci sangat baik, biasanya dua, tiga kali Anda memperlakukannya dengan lemah lembut dan penuh kasih sayang ia tidak akan takut dengan Anda. Sesekali ajak adik atau teman Anda saat Anda memberi makan atau membersihkan kandangnya. Dengan begitu ia akan paham, siapapun yang bersama Anda adalah orang yang akan berbuat baik seperti Anda kepadanya.

Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan pernah menyakiti kelinci. Jangan angkat kelinci hanya dengan menariknya di bagian telinga. Ambil pada bagian tengkuknya seperti Anda mengangkat kucing, lalu bopong atau gendong.


3. Melatih Kelinci Melompati Palang

Cara melatih kelinci untuk bisa melakukan loncatan pada sebuah palang, susah – susah gampang. Kebanyakan akan berpindah haluan atau berbelok untuk menghindarinya. Lalu bagaimana solusinya. Pertama – tama siapkan dahulu beberapa peralatan seperti galah pendek berukuran panjang 1 meter lengkap dengan tiang untuk menyangganya, jangan lupa siapkan makanan yang kelinci Anda sukai.


Baca Juga : 8 Cara Ampuh Melancarkan Buang Air Besar Tanpa Diare


Caranya, letakkan palang di wilayah yang sering kelinci Anda gunakan untuk bermain. Duduklah kira – kira satu meter di depan palang. Panggilah kelinci Anda sambil mengulurkan makanan favoritnya, misalnya wortel. Setelah kelinci datang, gerak – gerakkan wortel untuk memancingnya melewati palang. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari. Jika jarak satu meter terlalu jauh, beri jarak 50 cm, kelinci akan lebih tertarik.


4. Melatih Kelinci Mengejar Bola

Mungkin bagi Anda yang belum pernah melakukannya Anda akn merasa ini adalah mustahil. Sebetulnya bisa saja, namun harus sabar. Hal pertama, kenalkan dahulu bola dengan kelinci, caranya ajaklah kelinci bermain dengan benda tersebut. Jika memungkinkan pilih bola yan berwarna seperti wortel, sehingga akan lebih menarik perhatiannya.

Setelah itu, jika kelinci sudah mulai menyukainya, lempar bola pada jarak dekat. Lihatlah reaksinya, jika kelinci mengejarnya berarti itu adalah poin bagus untuk Anda. Berikan penghargaan berupa makanan untuk membuatnya senang. Dengan melakukan hal itu secara berulang – ulang, maka dalam diri kelinci akan tertanam mindset jika ia mendekati bola yang Anda lempar ia akan mendapat makanan.

Jika kelinci Anda menyukai belaian, Anda bisa ganti makanan dengan belaian. Dalam sebuah penelitian, 6 dari 10 kelinci menyukai belaian yang diberikan oleh pemiliknya.


5. Melatih Kelinci Mengejar Pemiliknya

Ini akan menjadi sangat menyenangkan ketika Anda bisa bermain berkejar – kejaran dengan kelinci piaraan Anda. Bukan Anda yang mengejar, tetapi sebaliknya. Cara melatih kelinci agar bisa melakukan hal ini adalah dengan rangsangan bunyi. Anda bisa memanfaatkan sesuatu seperti peluit atau kliker atau apa saja yang mengeluarkan bunyi khas.

Pertama – tama sakulah wortel dalam kantong Anda, kemudian pancing kelinci Anda untuk datang dengan menarik perhatian, misalnya membunyikan peluit. Setelah kelinci memberikan respon baik, maka mundurkan langkah Anda sedikit demi sedikit sambil tetap membunyikan peluit. Setelah dirasa cukup berikan wortel sebagai penghargaan. Jika kelinci tidak merespon, bunyikan peluit sambil anda tunjukan wortel padanya.

Agar kelinci terbiasa dengan suara, lakukan langkah ini berkali – kali. Setelah terbiasa, coba gantilah makanan yang menjadi penghargaan dengan hal lain seperti mengajak bermain. Yang perlu Anda ingat, jika kelinci tidak melakukan sesuai dengan kehendak Anda maka jangn berikan penghargaan apapun. Dengan itu, kelinci akan belajar untuk mengenali apa yang harus ia lakukan untuk mendapat makanan.


6. Melatih Kelinci Buang Air Di Tempatnya

Ini akan menjadi tips yang cocok bagi Anda yang suka membawa kelinci di dalam rumah, terlebih jenis kelinci yang sangat menggemaskan seperti Kelinci Angora. Caranya sangat mudah. Letakkan wadah atau kotak penampung kotoran di tempat yang Anda inginkan, misalnya dalam kandang. Lalu isi dengan pasir kusus yang tidak terbuat dari kayu pinus kira – kira dengan ketebalan 2 cm – 3 cm.

Untuk menarik perhatian kelinci datang ke wadah pasir itu, pungutlah beberapa feses kelinci masukkan dalam kotak penampung kotoran. Indra penciuman kelinci sangat tajam. Biasanya untuk buang air, ia akan mendatangi tempat yang sudah pernah ia gunakan sebagai tempat mengeluarkan kotoran. Jangan lupa tambahkan jerami didekat kotak, karena biasanya kelinci akan mengunyah sesuatu saat ia buang air.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar