Skip to main content

6 Cara Bermain Dam Untuk Pemula

Cara Bermain Dam

Permainan dam biasa juga dkeenal sebagai checkers di Amerika dan negara lain. Dam adalah permainan yang sangat tua, karena jejak cara bermain dam ditemukan di Mesopotamia atau negara Irak pada 3000 SM atau sudah ada lebih dari 5000 tahun yang lalu. Tahun 1100, dam versi terbaru dikembangkan oleh orang berkebangsaan Perancis dan dimainkan di atas sebuah papan.

Sejak tahun 1847, permainan dam sudah banyak dikompetisikan dan pemenangnya diberikan hadiah secara formal. Dam sudah memiliki aturan baku, sehingga banyak variasinya kemudian distandarkan agar setiap lokasi memiliki peraturan yang sama. Hingga saat ini, dam masih menjadi permainan yang banyak dilakukan oleh banyak orang, anak-anak maupun dewasa.

Bagaimana cara memainkan permainan ini? Berikut ini adalah langkah-langkah, dasar permainan, dan tips untuk memainkannya.

Cara Bermain Dam Untuk Pemula


Mengenal papan dam

Checkers dimainkan di atas sebuah papan yang terdiri dari 64 kotak berwarna gelap dan terang yang kontras. Permainan ini dimainkan oleh dua orang yang masing-masing memegang 12 checkers. Checkers masing-masing diletakkan di kotak gelap di 3 baris terdekat dengan pemain.

Tujuan dari permainan ini adalah setiap pemain harus merebut posisi checkers dari lawan mainnya. Dengan begitu, lawan akan kesulitan untuk melakukan pergerakan sehingga anda bisa dinyatakan sebagai pemenangnya.

Perpindahan dam

Perpindahan dasar dalam permainan dam adalah memindahkan masing-masing dam ke ruang di mana cara majunya adalah secara diagonal. Sebelum menjadi raja, maka dam tidak boleh mundur sama sekali. Jika memungkinkan bagi dam untuk melakukan perpindahan loncat, maka dam diperbolehkan untuk pindah lompat.

Pindah locat dam

Jika dam milik lawan main berada di depan diagonal dari dam milik anda, sementara diagonal sebelah lawan kosong, maka dam anda harus melompati dam milik lawan main kemudian diletakkan di kotak diagonal kosong tersebut. Kemudian, dam milik lawan yang sudah dilangkahi tersebut harus dihapus dari papan permainan dam.

Setelah membuat satu loncatan, kemungkinan besar dam anda memiliki kesempatan untuk loncatan lain yang tersedia di papan permainan. Ketika ada posisi tersebut, sebaiknya anda melakukan pindah loncat kembali. Loncatan tersebut haruslah berlanjut hingga tidak ada lagi posisi yang bisa anda langkahi dari dam milik pemain. Semua dam berlaku untuk melakukan pindah loncat.



Baca Juga : 8 Cara Bermain Dadu pada Berbagai Permainan



Jika sedari awal anda sudah melihat kesempatan bahwa dam milik anda bisa melakukan gerakan lompat, segera lakukan ketika ada giliran. Ketika anda sudah memiliki satu dam yang akan dipindahkan, lakukan loncatan hingga tidak ada kesempatan loncat yang tersisa.


Crowning

Saat salah satu dam anda telah mencapai posisi lawan di papan permainan, maka dam anda akan mendapat mahkota lalu statusnya menjadi raja. Seorang raja memiliki kemampuan untuk melakukan gerakan muncur juga maju secara diagonal. Namun, pergerakannya hanya sejauh satu kotak saja.

Raja juga bisa melakukan gerakan lompatan ke depan maupun ke belakang. Ketika memungkinkan, raja harus meloncat kemudian menghabiskan semua kesempatan lompatan jika tersedia. Dalam setiap loncatan, raja hanya bisa melompati dam milik lawan dan harus diposisikan dengan merebut tempat tersebut. Raja tidak bisa bergerak berkali-kali kecuali melaukan lompatan.

Waktu permainan

Pemain haruss mengontrol waktu permainannya dengan cara menentukan berapa lama permainan akan berlangsung. Juga, permain harus menentukan berapa lama seorang pemain untuk berpikir melakukan perpindahan damnya. Jika pemain melanggar kesepakatan karena berpikir terlalu lama, maka pemain tersebut dinyatakan kalah.

Menang dan kalah

Penentuan menang dan kalah dalam cara bermain dam cukup sederhana. Pemain yang menang adalah ia yang mampu merebut semua posisi lawan sehingga ia tak lagi emiliki dam. Atau jika lawain main menyatakan undur diri dari permainan. Kekalahan bermain dam adalah saat seorang pemain sudah tidak bisa lagi melakukan perpindahan di atas papan dam.

Tips Menang dalam Permainan Dam


Sebenarnya, dalam memainkan dam tidak ada strategi khusus atau trik-trik tipuan terhadap lawan. Pemain harus merencanakan pergerakan secara matang, bermain dengan sabar dan tahu strategi dasar dala memainkannya. Berikut ini adalah strategi tips untuk memenangkan permainan dam.

Usahakan baris terbelakang tetap utuh

Sebisa mungkin, jangan pindahkan dam yang posisinya berada di paling belakang. Selama anda memiliki barisan di belakang, artinya anda telah mencegah lawan main anda mendapatkan posisi raja dalam permainan. Karena, jika lawan main sudah mendapatkan posisi raja, maka permainan selanjutnya menyulitkan anda untuk mengalahkan lawan main.

Bangun piramid

Di awal permainan dam, bentuklah sebuah piramid dari dam yang anda miliki. Bentuk piraid adalah dengan menyusun 3 dam di bagian belakang, dua dam di bagian depannya, dan satu dam di bagian paling depan. Jagalah posisi ini selama mungkin dengan cara melakukan pergerakan pada dam lain di luar piramid.

Meskipun di bagian belakang tidak terlalu berfungsi signifikan, namun keberadaannya adalah untuk mencegah lawan mendapatkan posisi raja. Untuk membangun piramid, anda memang membutuhkan banyak latihan bermain dam agar memahami konsep ini.

Lepas satu untuk dua

Selama tidak membuka kesempatan lawan untuk menyerang anda, maka lihartlah kesempatan untuk ehilangan satu dam demi mendapatkan dua dam lawan. Jika kehilangan satu dam namun mampu menggeser dua dam milik lawan, maka tetaplah anda menang. Lakukanlah trik ini di luar dam yang berfungsi sebagai bentuk piramida.

Jangan terburu-buru

Mungkin, anda menginginkan agar segera mendapatkan posisi raja. Namun itu tidak akan ada artinya jika anda banyak kehilangan dam karena sama saja anda memberi banyak posisi untuk menjadikan dam lawan sebagai raja. Cara bermain dam yang baik adalah tidak terburu-buru dan mengatur strategi secara matang.