5 Cara Melumas Engsel Pintu Yang Maksimal

5 Cara Melumas Engsel Pintu Yang Maksimal

Cara Melumas Engsel Pintu


Barang atau properti semahal atau sebagus apapun akan cepat rusak apabila tidak dirawat. Begitu pula dengan barang-barang yang ada di rumah. Mulai dari barang sederhana seperti pintu, jendela, lantai, dinding, dan sebagainya. Engsel pintu juga termasuk didalamnya, apabila tidak dirawat, maka akan menjadi aus. Merawatnya tidak bisa sembarangan, terdapat cara tertentu untuk melumas engsel pintu.

Sebenarnya apa penyebab aus pada engsel pintu? Penyebabnya tentu akibat banyaknya kotoran maupun debu yang menempel di engsel tersebut. Debu itu yang menyebabkan engsel menjadi macet. Pintu akan susah untuk dibuka atau ditutup. Aus pada engsel juga menyebabkan pintu berbunyi ketika dibuka dan ditutup. Sebelum melumas engsel pintu, anda harus menyiapkan beberapa peralatan dahulu.

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk melumasi engsel pintu adalah pelumas. Pelumas yang dapat anda gunakan adalah dengan ujung wadah lancip, bisa juga yang ada pipanya. Selanjutnya anda memerlukan kain untuk mengelap. Terakhir anda memerlukan palu dan juga obeng. Apabila alat sudah siap, berikut adalah bagaimana cara melumas engsel dan mengganti engsel pintu yang telah macet.

Cara Melumas Engsel Pintu Enam Bulan Sekali

Agar terhindar dari bunyi pintu yang berisik, atau kesusahan dalam membuka dan menutup pintu, sebaiknya lakukan pelumasan pada engsel pintu setiap enam bulan sekali. Sehingga hanya dua kali dalam setahun untuk melumas engsel pintu. Tentu bukanlah hal yang merepotkan, dibandingkan anda harus mengganti engsel apabila sudah terlalu aus. Lakukan langkah berikut untuk melumas engsel pintu.

1. Pilih Pelumas

Hal mendasar pertama yang harus dilakukan adalah memilih pelumas. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, belilah pelumas dengan ujung lancip sehingga mudah untuk diaplikasikan ke engsel. bisa juga menggunakan pelumas semprot. Pelumas yang efektif adalah mampu menembus bagian dalam engsel sehingga mengenai lapisan kotor. Pelumas yang efektif dapat berbahan dasar silikon dan litium.

Pelumas Tri-Flow dan Blaster berbahan dasar silikon, berbentuk pelumas semprot. Pelumas ini paling umum ditemukan dan efektif digunakan untuk melumas engsel. Selanjutnya adalah pelumas lithium. Meskipun kerap digunakan untuk melumas suku cadang mobil, namun bisa digunakan untuk melumas engsel. Selain pelumas di atas, terdapat bahan lain yang bisa digunakan untuk melumas engsel.


Baca Juga : 8 Cara melakukan update BIOS computer Dengan Benar




Bahan yang dapat digunakan adalah berbagai minyak, seperti minyak kelapa, zaitun, dan minyak lain yang bisa digunakan untuk pelumas engsel pintu sementara. Berbagai minyak ini hanya digunakan sebagai pelumas sementara karena mereka justru menyebabkan kotoran semakin mudah untuk menempel di engsel. Pelumas lithium dan silikon merupakan pilihan terbaik untuk pelumas engsel pintu.


2. Cari Pin Engsel

Sistem pintu bekerja dengan cara menyatukan pintu dan kusennya menggunakan pin. Pin ini tertanam pada dua sayap engsel, berupa pelat mendatar yang menempel di pintu dan juga kusen. Pin bisa ditemukan pada sayap engsel ini, yang tentunya berguna sebagai penghubung pintu dan kusen. Sebelum melumas engsel, cari pin engsel ini terlebih dahulu.


3. Lepas Pin Engsel dari Pintu dan Kusen

Setelah anda menemukan pin tersebut, anda bisa melepasnya dari pintu. Cara mengambil pin ini ada yang rumit karena memerlukan alat bantu, ada juga yang sederhana. Pada yang sederhana anda bisa langsung melepasnya dengan tangan. Namun kebanyakan pin membutuhkan alat bantu berupa tang atau obeng untuk membukanya. Caranya dengan memutar pin tersebut berlawanan arah jarum jam.

Langkah selanjutnya adalah dengan melumasi engsel pintu dengan pelumas yang telah disiapkan. Namun dalam beberapa kasus, pin engsel susah untuk dilepaskan. Hal ini dikarenakan engsel sudah lama tidak dilumasi sehingga sudah terlalu kotor dan berkarat. Apabila hal tersebut terjadi, anda bisa menggunakan cairan PB Blaster atau sejenisnya untuk melepas pin yang sudah berkarat.

Mengatasi pin yang sulit dilepas dengan cairan PB Blaster memiliki tahapannya. Caranya adalah dengan menyemprotkan PB Blaster pada engsel, lalu diamkan selama kurang lebih 12 jam. Setelah itu cobalah untuk membuka pin kembali. Selain PB Blaster, anda bisa menggunakan WD-40. Jangan sekalipun mencoba melepas engsel dengan memukulnya dengan palu, dikhawatirkan pin semakin susah dilepas.


4. Oles Pelumas pada Engsel Pintu

Sebelum melumasi engsel, sebaiknya anda membersihkan seluruh bagian engsel agar terbebas dari debu dan kotoran. Apabila pin telah dibersihkan, selanjutnya adalah oleskan pelumas pada engsel. bagian yang perlu diolesi adalah pin dan juga sayap engselnya. Pastikan agar engsel sudah dilumasi keseluruhan dan merata. Pastikan pula agar lubang untuk melumasi engsel sudah dilumasi juga.


5. Pasang kembali Pin Engsel

Setelah semua bagian engsel pintu selesai di lumasi, kini anda bisa memasang pin kembali untuk menghubungkan pintu dengan kusennya. Coba gerakkan pintu dengan membuka dan menutupnya. Pastikan bahwa pintu sudah tidak macet maupun menghasilkan bunyi deritan. Apabila masih mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan kembali pelumasan pin dan sayap. Pastikan pula engsel sudah bersih.

Apabila masih bermasalah, lihat bagian-bagian sayap dan pin pada engsel. Pastikan bagian tersebut tidak ada yang kurang, misalnya saja sudah bengkok atau terlalu berkarat. Apabila memang seperti itu, anda haru membersihkannya kembali. Kalau memang sudah tidak tertolong, ada baiknya apabila anda membeli pin yang baru dan cocok untuk engsel pintu anda di toko bangunan terdekat.

Setelah itu coba pasang pintu kembali. Apabila dicoba untuk dibuka dan ditutup pintu sudah lancar dan tidak menghasilkan deritan, maka anda hanya perlu memasang pin dengan benar dan cukup kuat pada sayapnya. Cara terakhir melumas engsel pintu adalah membersihkan sisa-sisa pelumas di sekitar engsel pintu agar tidak mengotori dan malah menyebabkan kotoran menempel.