Skip to main content

5 Cara Melegakan Dada yang Sesak Karena Lendir

5 Cara Melegakan Dada yang Sesak Karena Lendir

Sesak nafas atau dada sesak adalah kondisi dimana sistem pernafasan Anda kesulitan untuk berfungsi secara normal. Penyebabnya banyak, bisa karena kurangnya kadar oksigen, lendir, penyakit asma, dan lain – lain.


5 Cara Melegakan Dada yang Sesak Karena Lendir



Apapun penyebabnya, dada yang sesak akan terasa sangat menyiksa. Hal seperti ini bisa terjadi setiap saat dan kepada siapa saja. Anda perlu untuk mengetahui cara melegakan dada yang sesak untuk mengantisipasinya.


Tips Melegakan Sesak Dada Karena Lendir

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips dan berbagai cara untuk menangani masalah dada sesak yang disebabkan lendir. Simaklah baik – baik penjelasan di bawah ini!


1. Kumur Dengan Air Hangat dan Garam

Salah satu cara melegakan dada yang sesak adalah dengan berkumur – kumur menggunakan campuran air hangat dan garam. Garam bisa membunuh bakteri dan juga aktif melenyapkan lendir yang bisa menjadi penyebab mengapa dada Anda terasa sesak. Tak cukup satu kali, Anda bisa melakukannya tiga hingga lima kali.

Caranya tuangkan air hangat ke dalam gelas. Jika tidak ada, Anda bisa mencampurkan air panas dengan air dingin lalu ambil garam kira – kira sepucuk sendok makan dan aduk sampai larut. Masukkan ke dalam mulut dan kumur – kumur. Setelah kumuran terakhir Anda bisa meminumnya satu atau dua teguk.


2. Minum Kopi Hitam

Tahukah Anda jika kopi bisa digunakan untuk meredakan masalah dada sesak? Selama ini kopi dikonsumsi dan disangkut pautkan untuk membuat Anda menjadi tidak mudah mengantuk saja. Perbaikilah konsep ini! Kopi hitam khususnya akan mengembalikan pernafasan Anda menjadi normal kembali, terutama jika sesak dada disebabkan karena lendir batuk.

Penting! Konsumsilah secukupnya saja. Metode ini tidak disarankan untuk Anda penderita tekanan darah tinggi karena bisa membuat tekanan darah naik dan kepala menjadi pusing.


3. Uap

Uap panas bisa membantu dalam penghancuran sumbatan di tenggorokan dan dada. Cara ini telah banyak dibuktikan dan sangat efektif. Caranya mudah, rebus kira – kira satu panci air hingga benar – benar mendidih. Agar uap menjadi lebih menyegarkan dan membuat plong, Anda bisa menambahkan daun mint atau minyak eucalyptus. Jika sudah, matikan kompor dan letakkan panci di lantai.


Baca Juga : 7 Tips dan Cara Melatih Rottweiler Dengan Baik Dan Benar


Untuk terapi uap ini, hadapkan wajah ke sisi atas panci panas. Setelah itu, dekatkan wajah ke bawah. Lalu hirup nafas dalam – dalam dan hembuskan perlahan – lahan. Pada hirupan ke empat atau lima, Anda langsung bisa merasakan efeknya.


4. Campuran Kunyit + Madu + Susu + Lada

Cara melegakan dada yang sesak ini bisa Anda gunakan jika Anda tidak menyukai metode – metode yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit mengandung antioksidan yang sangat baik untuk berbagai metode pengobatan secara alami. Bagaimana membuat perpaduan kunyit, lada, susu, dan madu untuk menyembuhkan dada sesak ini?

Pertama – tama, buatlah susu dari campuran susu bubuk dan air hangat. Sebaiknya jangan gunakan susu kental manis untuk ramuan ini. Setelah itu, parutlah kunyit kurang lebih 2 cm dan masukkan ke dalam susu yang Anda buat tadi. Lalu tambahkan dua sendok madu dan lada sedikit saja (lada hitam bila ada). Aduk sampai tercampur semuanya. Lalu minumlah! Agar sesak dada tidak kumat lagi, minumlah secara rutin.


5. Ramuan Jus Bawang

Jus, siapa yang tidak menyukai minuman ini? Tapi tahan dahulu, karena jus yang satu ini berbeda dari yang lain yaitu jus campuran dari bawang bombay dan lemon. Bawang terbukti mengandung qurcetin dan belerang yang bisa membantu menghilangkan lendir dalam tenggorokan dan saluran pernafasan. Bagaimana cara membuat jus bawang untuk meredakan sesak di dada?

Pertama ambil satu buah bawang Bombay, lalu kupas dan potong menjadi beberapa bagian dan masukkan dalam gelas blender. Selanjutnya peras setengah atau satu buah lemon, campurkan pada bawang tadi. Tambahkan air satu gelas atau sesuai selera. Blender sampai halus dan tuangkan dalam gelas. Jika Anda tidak menyukai bau dan rasanya, Anda bisa menambahkan dua sendok madu. Selamat mencoba!

Menghindari Dada Sesak 

Setelah membaca uraian singkat di atas mengenai cara melegakan dada yang sesak, bagaimana pendapat Anda? Lebih baik menghindari kondisi yang bisa membuat sesak dada bukan? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sesak di dada, simaklah baik – baik dan praktikkan!


1. Yoga

Dengan rajin melakukan yoga, maka pernafasan Anda menjadi lebih teratur. Beberapa kondisi yang bisa membuat sistem pernafasan terganggu pun bisa dihindari. Bahkan jika Anda sudah sering menderita dada sesak, ada beberapa gerakan yoga yang bisa membantu Anda untuk membuka saluran pernafasan dan mengeluarkan lendir. Anda bisa mencaritahu lebih lanjut pada video di internet.


2. Alat Pelembab Ruangan

Untuk mencegah sesaknya dada di malam hari, Anda bisa mencoba memasang humidifier atau alat pelembab ruangan. Alat ini bahkan menyediakan tempat berupa slot pada sisi depan untuk penambahan cairan, aroma terapi, atau obat hidung. Letakkanlah di kamar Anda, tidur Anda akan menjadi lebih nyaman. Ingat, udara dingin bisa menyebabkan timbulnya lendir pada tenggorokan maupun hidung.


3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memang sangat mujarab untuk pengobatan maupun pencegahan berbagai macam masalah kesehatan. Kekuarangan air putih bisa membuat lendir dalam saluran pernafasan menggumpal sehingga sangat sulit untuk mengeluarkannya dan menyebabkan dada terasa sesak hingga kesulitan bernafas. Biasakan untuk minum air putih pada suhu normal atau hangat untuk hasil terbaik.


4. Teh Hangat

Air hangat atau panas memang ampuh untuk menghancurkan dan melarutkan lendir. Meminum teh hangat adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lendir bahkan dalam jumlah yang sangat sedikit yang nantinya bisa berpotensi menyesakkan dada. Teh yang dianjurkan untuk metode ini adalah rosmary, ginseng, jahe, atau bisa juga teh mint.