4 Cara Memasang Aplikasi di Android Dengan Benar

4 Cara Memasang Aplikasi di Android Dengan Benar

4 Cara Memasang Aplikasi di Android Dengan Benar

Hal menarik dari penggunaan ponsel Android saat ini adalah kemudahannya untuk sadar lokasi, terhubung dengan internet, kamera dengan resolusi tinggi dan juga layar yang besar. Semua fitur tersebut didukung dengan adanya aplikasi yang diinstall di dalamnya. Setiap waktu, banyak apikasi diciptakan untuk memudahkan penggunanya. Bagaimana cara memasang aplikasi di Android?


4 Cara Memasang Aplikasi di Android Dengan Benar



1. Mendapatkan aplikasi di Play Store

Tempat terbaik untuk mendapatkan aplikasi di Android adalah melalui Play Store. Google menjual beragam aplikasinya di sini, bersamaan dengan konten lainnya seperti buku dan film. Ketika anda menggunakan ponsel berbasis Android, secara otomatis anda sudah memiliki akun Google untuk mengakses Play Store, termasuk membeli aplikasi berbayar di sini.

Sekali anda mengunduh aplikasi yang gratis maupun berbayar, ketika anda menghapusnya maka suatu saat anda bisa kembali mengunduh ulang. Jika diperlukan untuk membayar, sebaiknya anda perlu menyiapkan kartu kredit atau Google wallet. Namun, banyak juga aplikasi yang disediakan secara cuma-cuma, jadi anda bebas memilih di Play Store.

Tap ikon Play Store pada layar ponsel anda

Sign in dengan menggunakan akun google

Klik centang pada syarat dan ketentuan yang berlaku


2. Mencari aplikasi Android

Langkah kedua sebagai cara memasang aplikasi di Andoid adalah mencari aplikasi sesuai kebutuhan. Umumnya, pengguna akan membutuhkan aplikasi yang akan mendukung kehidupan sehari-hari atau sekedar untuk hiburan. Anda bisa mencari aplikasi yang sekiranya cocok untuk anda dengan menggunakan boks pencarian di bagian aplikasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Tap ikon Play Store pada screen anda. Pastikan anda sudah mendaftarkannya dan sign in untuk mengakses Play Store.

Pilik boks pencarian di bagian atas. Kemudian, ketik saja aplikasi yang anda cari. Tekan ikon lup atau bisa juga menggunakan enter untuk menampilkan hasil pencarian.

Beberapa saran aplikasi biasanya akan muncul sebelum anda menggunakan tombol lup. Manfaatkan saran tersebut untuk bisa langsung menemukan aplikasi yang dicari. Aplikasi yang serupa dengan kata kunci juga akan muncul pada hasil pencarian.

Hasil-hasilnya akan ditampilkan dalam deret yang berhubungan dengan kata kunci. Jika kata kuncinya sangat umum, biasanya hasil akan menampilkan dari semua kategori, yaitu aplikasi, buku dan film.

Pilih salah satu aplikasi dengan cara tap di bagian subheading kategorinya untuk memunculkan daftar penuh dari hasil pencarian.

Tap pada aplikasi yang tepat bagi anda atau akan dijadikan referensi di masa depan. Anda perlu tap 3 titik di bagian aplikasi tersebut. Setelah tap, biasanya akan muncul pilihan langsung install atau masuk ke dalam wishlist.

Jika anda menekan boks dari aplikasi tersebut, maka tampilan akan menampilkan informasi detil dari aplikasi tersebut, diantaranya screenshot, video, deskripsi aplikasi, rating dari pengguna, seberapa banyak aplikasi tersebut telah diunduh dan juga review dari pengguna yang telah memasang aplikasi tersebut.


Baca Juga : 8 Cara Memasang Lantai Vinil Yang Baik Dan Benar



3. Cara Menemukan Aplikasi di Playstore

Cara yang paling mudah untuk menemukan aplikasi Android adalah dengan cara  membaca dengan teliti beragam kategori dan bagian fitur yang ada pada Playstore. Tentu, anda juga bisa membaca beberapa saran dan kategori di internet tentang aplikasi terbaru yang sudah dirilis dan juga aplikasi yang paling banyak membantu penggunanya. Caranya adalah:

Dari tampilan beranda Play Store, geser dari bagian bawah ke atas untuk mencari kategori konter. Tap “See More” untuk melihat daftar lengkap atau tap tiga titik untuk langsung mengunduhnya. Anda juga bisa menambahkan aplikasi sebagai wishlist di penggunaan yang akan datang.

Tap boks aplikasi di bagian atas. Lagi, anda bisa menggeser dari halaman kepan ke bagian saran populer, yang berarti aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna Android.

Geser ke kanan maupun ke kiri untuk mengubah filter di bagian atasnya. Hal ini termasuk kategori aplikasi berbayar terpopuler, aplikasi gratis terpopuler, aplikasi baru bebayar, aplikasi baru gratis, dan trending. Dengan filter yang satu lagi berupa permainan, bisnis, dan komunikasi anda bisa memanfaatkan kategori individual ini dalam pencarian.

Setelah tap aplikasi yang anda minati untuk diunduh, geser dari bawah ke atas dan scroll revew di masa lalu. Setelah itu, ada juga bagian di mana anda bia menemukan aplikasi lain yang diciptakan oleh pengenmbang yang sama, aplikasi lain di kategori yang sama, dan aplikasi lain yang diunduh oleh mereka yang mengunduh aplikasi serupa.

4. Cara Install aplikasi Android dari Google Play

Setelah menimbang aplikasi apa yang akan anda pasang di ponsel Android anda, berikut ini adalah cara memasang aplikasi di Android.

Tap ikon Play Store yang ada pada layar Android anda. Setelah sign in, maka tampilan aplikasi tersebut adalah beranda milik anda.

Mungkin saja, akan tampil beragam aplikasi yang disarankan oleh editor pihak Google Play. Jika anda tidak tertarik, maka anda bisa mengabaikannya. Fokus saja pada aplikasi yang menjadi kebutuhan anda.

Masuk ke kotak pencarian, kemudian ketik kata kunci dari aplikas yang aan anda pasang. Misal, anda ingin menginstall kamus online berbahasa Inggris, ketik saja “English dictionary”.

Setelah itu, klik enter. Munculan berbagai aplikasi dari beragam pengembang. Pilih kamus yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik yang gratis maupun berbayar. Jika berbayar, siapkan pula satu kartu kredit untuk membayar.

Klik aplikasi pilihan anda, maka akan tampil informasi detil tentang aplikasi tersebut. Pilih tombol install, kemudian tunggu hingga proses install selesai.

Setelah selesai didownload, maka cara pemasangan aplikasi di Android selesai. Anda bisa membuka aplikasi tersebut di smatrphone anda.