Skip to main content

4 Cara Memandikan Kucing Sphynx Dengan Benar

4 Cara Memandikan Kucing Sphynx

Kucing adalah hewan peliharaan yang sempurna jika menyangkut kebersihan. Meskipun mereka bisa menjaga kebersihan mereka sendiri, kucing sphynx atau jenis tanpa bulu lainnya membutuhkan perawatan kebersihan yang lebih dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Ini karena kulit mereka sangat sensitif dan lebih banyak minyak dan kotoran yang menempel padanya.


4 Cara Memandikan Kucing Sphynx Dengan Benar



Inilah mengapa anda memerlukan cara memandikan kucing sphynx yang baik. Kucing jenis ini membutuhkan pembersihan rutin untuk menjaga penampilan mereka tetap bagus dan bebas kotoran. Memiliki kulit yang bersih akan membuat kucing anda merasa senang.

Sebelum Memandikan Kucing Sphynx, Cek Bagian-bagian Berikut Ini : 

Meskipun memandikan kucing sphynx atau jenis tak berbulu lainnya sangat mirip dengan memandikan kucing dewasa jenis apa pun, dalam memandikan seekor kucing sphynx anda harus memperhatikan beberapa bagian tubuh yang bisa menjadi tempat penumpukan lebih banyak kotoran. Sebaiknya membersihkan bagian-bagian ini sebelum menaruhnya di bak mandi. Periksa bagian mata, kuku,dan telinga untuk membersihkan kotoran berlebih.


1. Mata

Mengenai mata mereka, sangat penting untuk mengetahui bahwa kucing sphynx tidak memiliki bulu mata dan inilah mengapa kelenjar air mata mereka lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Bulu mata sendiri berfungsi untuk mencegah pathogen memasuki mata dan menyebabkan berbagai penyakit mata. Maka membersihkan mata kucing anda dengan kain halus dan serum khusus sangat penting.


2. Kuku

Kuku adalah bagian tubuh kucing sphynx lainnya yang sering menjadi tempat penumpukan kotoran, maka pastikan anda memeriksanya dengan rutin dan potonglah kuku jika sudah terlalu panjang. Ini untuk menghindari luka karena garukan dan kecelakaan yang menyebabkan kuku patah. Jika takut melukai tangan kucing anda, bawalah ke salon hewan.


3. Telinga

Kucing tanpa bulu juga biasanya mempunyai lebih banyak kotoran dalam telinga dibandingkan jenis lainnya. Telinga mereka jauh lebih besar daripada jenis lain, maka disarankan untuk membersihkan telinga mereka menggunakan cairan pembersih telinga yang bisa anda dapatkan di toko perlengkapan hewan. Tetes telinga ini akan membantu menghilangkan kotoran berlebih. Jika tak yakin akan hal ini, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.

Inilah Cara Memandikan Kucing Sphynx

Setelah memeriksa beberapa bagian khusus dari kucing sphynx kesayangan anda, inilah langkah-langkah untuk memandikannya:

1. Gunakan bak mandi, baskom, atau ember yang sesuai untuk ukuran tubuh kucing anda dan isi dengan air hangat, namun jangan sampai penuh. Sangat penting untuk menjaga suhu air tidak terlalu hangat atau dingin karena suhu ekstrim bisa merusak kulit sensitif mereka.

2. Mulailah membasahi tubuh kucing secara perlahan, hindari bagian kepala. Setelah itu, oleskan sabun secukupnya dengan lembut. Bersihkan terutama bagian kaki dan perut.


3. Bilas tubuh mereka dengan banyak air. Setelah badan kucing bersih, ulangi langkah yang sama pada bagian kepala. Usahakan jangan sampai mengenai hidung atau mata. Jika kucing anda mulai cemas saat anda mencuci kepala mereka, gunakan saja handuk basah dan usap secara perlahan.

4. Terakhir, angkat kucing anda dari tempat mandi lalu keringkan dengan handuk yang halus. Pastikan kucing anda benar-benar kering karena kulit yang lembab berisiko akan timbulnya jamur.

Mengapa Harus Memandikan Kucing Sphynx?

Kepercayaan bahwa kucing sphynx tidak memiliki rambut tidak sepenuhnya benar, karena sebenarnya mereka memiliki suatu lapisan rambut yang sangat tipis sehingga tak bisa dilihat oleh mata manusia. Namun ini bukan berarti kucing sphynx tidak memerlukan rutinitas mandi yang teratur. Terlepas dari apa yang dipikirkan banyak orang, kucing sphynx dan jenis tak berbulu lainnya sebenarnya lebih rentan terhadap penumpukan kotoran, minyak, dan keringat pada kulit mereka.

Normalnya, disarankan untuk memandikan kucing sphynx setiap satu bulan atau 20 hingga 30 hari sekali. Dalam jangka waktu ini,anda akan mulai melihat bahwa kulit mereka mulai berminyak dan warnanya kemerahan. Jika tidak segera memandikannya, kucing anda akan terlihat kotor. Selain menjadi tempat penumpukan bakteri dan mikroorganisme lain, kotoran ini juga akan mulai menempel di semua tempat maupun benda yang mereka lewati.

Selain itu, kucing yang kotor juga akan mulai merasa sedih. Maka anda harus selalu menjaga kebersihan kucing anda untuk mendapatkan kucing yang sehat dan bahagia.

Sampo apa yang Cocok untuk Kucing Sphynx?

Sebelum memandikan kucing sphynx, anda harus memilih jenis sampo yang cocok untuk kulit mereka. Dalam kasus ini, ada dua jenis sampo kucing yang bisa anda pilih:

1. Pilihan yang paling umum adalah membeli smapo di tempat yang menjual kucing tanpa bulu. Pada umumnya, sampo ini berbentuk gel khusus untuk kucing dengan kulit sensitif.

2. Namun jika karena alasan tertentu anda tidak bisa mendapatkan gel tersebut, anda bisa membeli sampo bayi yang bisa juga merawat kulit lembut kucing anda dan memiliki pH netral. 

Sangat penting untuk mengetahui bahwa anda tak boleh menggunakan sampo yang kuat karena kulit kucing sphynx sangat sensitive dan mudah iritasi.

Alternatif Memandikan Kucing Sphnyx

Jika kucing anda sangat benci air namun anda tahu harus memandikannya, salah satu alternatif yang bisa anda gunakan adalah menggunakan tisu basah. Ada jenis yang khusus dibuat untuk kucing, namun anda bisa juga membeli tisu basah pembersih make up. ini bisa digunakan untuk membersihkan kucing anda tanpa harus terkena air.

Namun tetap saja cara ini tidak ideal, maka jika memungkinkan, latih kucing sphynx anda sejak dini bahwa air tidak berbahaya bagi mereka. Cara memandikan kucing sphynx yang baik harus dicoba sejak usia 2 atau 3 bulan.