Skip to main content

4 Cara Melipat Mawar Kertas (origami bunga mawar)

4 Cara Melipat Mawar Kertas (origami bunga mawar)

Bunga mawar adalah salah satu bunga yang banyak disukai oleh semua orang. Bunga mawar menjadi simbol dari cinta dan keberanian. Dan biasanya diberikan kepada orang lain atau orang terkasih, contohnya kekasih, keluarga, dan teman pada saat-saat tertentu. Karenamawar berduri, mungkin anda bisa mengetahui cara melipat mawar kertas untuk membuat tiruan bunga mawar.


4 Cara Melipat Mawar Kertas (origami bunga mawar)



Ingin memberikan mawar tapi tidak ingin melukai orang lain karena durinya? Mungkin hal berikut ini adalah solusinya. Apalagi kalau bukan mawar dari kertas. Melipat mawar kertas adalah kesenian melipat yang mempunyai kesulitan tingkat menengah. Artinya anda perlu teknik dan instruksi yang sedikit lebih rumit dari origami biasa. Pastinya juga membutuhkan alat-alat pembantu.

Cara melipat mawar kertas diawali dengan membuat lipatan-lipatan berbentuk spiral dengan menggunakan kertas origami persegi berwarna merah secara hati- hati. Kapan bentuk mawar akan terlihat? Bentuk mawar akan terlihat ketika empat kelopaknya dipilin mengelilingi bagian dasar berbentuk persegi. Untuk membuat rangkaian bunga mawar, anda harus membuat banyak bunga.

Alat-Alat yang Dibutuhkan

Kertas origami berbentuk persegi yang mempunyai tekstur berbeda pada setiap sisinya.

Penggaris

Pensil

Penjepit atau pinset

Setelah mengetahui apa saja alat-alat yang dibutuhkan, mari kita menuju proses pembuatannya. Dengan memperhatikan langkah-langkah cara melipat mawar kertas berikut ini.

1. Buatlah Lipatan Awal

a. Siapkanlah satu lembar kertas origami berbentuk persegi. Kerajinan bunga mawar dimulai dari satu lembar kertas persegi, sama halnya dengan kerajinan origami lainnya. Sesuai namanya, gunakan kertas berwarna merah atau warna mawar lainnya untuk membuat kelopak bunga.

Usahakan menggunakan kertas yang memiliki tekstur berbeda antara sisi depan dan belakang. Kertas origami yang direkomendasikan adalah yang memiliki tekstur mengkilap agar bunga mawar yang dihasilkan nampak realistis.

b. Lipatlah kertas menjadi dua, jika anda menggunakan origami berwarna pada satu sisi, usahakan bagian berwarna di luar dan bagian berwarna putih di dalam. Angkat sudut bawah kertas agar bertemu dengan sudut atas kertas, kemudian tekan dengan ibu jari bagian tengah hingga ke tepi kertas.

Dalam istilah origami, lipatan ini disebut dengan lipatan lembah karena menciptakan lembah atau cekungan pada kertas. Lawan dari lipatan lembah adalah lipatan gunung yang memberikan bentuk cembung pada kertas. Hampir atau bahkan semua kerajinan origami menggunakan lipatan lembah maupun lipatan gunung sebagai dasarnya.

c. Bukalah kembali lipatan yang sudah anda lakukan pada langkah kedua. Setelah terbuka pasti anda akan melihat cekungan di bagian tengah kertas yang berupa garis lurus.
Selanjutnya posisikan atau aturlah cekungan tersebut secara horizontal. Pastikan sisi yang berwarna berada di bagian bawah.

d. Lipat bagian berwarna ke atas menuju ke garis horizontal di bagian warna putih, lakukan lagi hal yang sama pada bagian lain.

e. Bukalah lipatan kertas yang baru saja anda lakukan, kemudian anda akan melihat ada tiga garis horizontal yang memisahkan kertas menjadi empat bagian sama besar.

f. Lipatlah bagian bawah kertas sehingga menjadi tiga perempat bagian. Pastikan sisi berwarna masih tetap menghadap ke bawah, kemudian buat lipatan lagi di antara garis cekungan pertama dan kedua dari bawah kertas, lalu lipat ke atas.


Baca Juga : 6 Penyebab Benjolan di Kepala Yang Harus Anda Ketahui


Untuk menekan lipatan, gunakan jari atau penggaris. Tepi bawah kertas akan sejajar dengan cekungan yang paling dekat dengan tepi bagian atas, apabila anda melakukan lipatan dengan benar.

g. Lipatlah sudut kanan bawah ke sisi dalam.  Buat diagonal kecil dengan sudut sekitar 45 derajat yang dilipat ke arah atas sehingga akan sejajar dengan garis cekungan yang paling dekat.

h. Kemudian buka kembali lipatan kertas. Anda akan melihat empat garis cekungan horizontal. Dari empat bagian awal, bagian kedua dari yang paling bawah telah terbagi menjadi dua. Anda juga akan melihat dua garis cekungan diagonal kecil di sisi kanan kertas origami.

i. Tandailah garis cekungan pada kertas dengan menggunakan pensil.

j. Tandai lagi garis cekungan pada kertas setelah diputar 180 derajat, kemudian ulangi lagi mulai langkah f.

k. Putar 90 derajat, kemudian tandai garis cekung dengan mengulangi langkah mulai f. Lakukan hingga 4 sisi kertas tertandai oleh garis cekung.


2. Buatlah Lipatan Diagonal


a. Lipat kertas menjadi dua secara horizontal dengan ketentuan sisi berwarna terletak pada bagian bawah.

b. Bukalah lipatan untuk melihat hasil yang anda baru saja lakukan.

c. Lipat lagi secara diagonal dengan arah yang berlawanan sehingga membentuk garis silang.

d. Selanjutnya lipat sudut kiri atas kertas sehingga terbentuk garis cekung yang tegak lurus dengan garis diagonal tadi.

e. Tandailah semua garis cekungan yang terbentuk dengan bantuan pensil dan penggaris.

f. Setelah itu, lipatlah tepi kanan bawah menuju kiri atas (di garis cekungan sebelah tepi kiri atas yang baru terbentuk).

g. Bukalah lipatan dan tandai yang dihasilkan.

h. Ulangi langkah-langkahnya dengan memutar kertas 180 derajat. Anda akan melihat 3 garis yang saling bersilangan di daerah diagonal kertas.

3. Membuat Struktur Kelopak Bunga Mawar


a. Pertama, lipatlah 4 sudut tepi kertas ke arah dalam sehingga akan menghasilkan bentuk kertas oktagon atau segi delapan.

b. Baliklah kertas, sehingga sisi yang berwarna berada di bagian atas.

c. Carilah bentuk segitiga kecil yang tersusun dari 2 segitiga di bagian tiap sudut kanan kertas.

d. Kemudian buatlah lipatan ke arah dalam dari segitiga tersebut sehingga membentuk lipatan dalam segitiga kecil. Setelah itu buatlah lipatan ke dalam dari garis cekungan yang lebih besar.

e. Ulangi langkah c dan d untuk membuat lipatan arah dalam pada bagian yang lain.

f. Jika anda melakukan dengan benar, maka anda akan melihat persegi kecil di bagian tengah kertas.

4. Kelopak Bunga

a. Buatlah lipatan lembah di setiap tepi kelopak. Kemudian, ambil tiga sisi tepi luar dan lipat hingga seperti bentuk trapesium.

b. Lipatlah sudut-sudutnya ke arah dalam. Sekarang anda bisa melihat 4 bentuk segitiga dengan salah satu sudutnya terpotong lalu lipat sudut kanannya ke arah dalam.

c. Buka sudut yang baru anda lipat kemudian lipat lagi ke arah yang berlawanan. Sehingga tidak ada lagi segitiga berwarna putih.

d. Tambahkan lipatan lembah kecil sehingga membentuk sudut 45 derajat dan tampak seperti segitiga yang kehilangan dua sudutnya.

e. Bukalah dan lipat ke arah kebalikannya.

f. Kemudian lipatlah bagian tepi ke arah bawah.

g. Langkah selanjutnya adalah membuat kaki dengan menyatukan semua rangkaian kelopak bunga. Hasilnya anda akan melihat kaki kelopak yang tegak dan lancip.

h. Baliklah dan lipat ke arah dalam sehingga anda akan melihat bagian dalam yang berwarna putih.

i. Setelah itu baliklah bunga mawarnya. Anda akan melihat bentuk persegi di bagian atas.

j. Tekanlah bagian yang terbagi 4 ke arah dalam sehingga akan terlihat seperti membuka dan ada huruf X di tengahnya.

k. Jepit bagian tengah dengan jari anda dan putarlah agar membentuk struktur bunga yang lebih baik.

l. Selanjutnya buatlah spiral dengan menggunakan penjepit atau pinset dengan hati-hati.

m. Jepit ujung kelopak bunga dengan kedua jari, kemudian gulung ke tengah dan lepaskan agar mirip dengan kelopak bunga mawar yang asli.