4 Cara Bermain Biola Bagi Pemula

4 Cara Bermain Biola Bagi Pemula


Cara Bermain Biola


Bagi sebagian orang bermain biola merupakan alat musik yang cukup rumit karena dibutuhkan konsentrasi lebih daripada bermain alat musik lainnya.  Di samping harus memperhatikan posisi biola juga harus memperhatikan kunci agar nada yang dihasilkan seimbang. Cara bermain biola seringkali menjadi perhatian besar. Selain suara khas nyaring yang dihasilkan juga cara memainkannya yang unik.

Biola merupakan salah satu instrumen musik yang menghasilkan nada nyaring dan khas. Biasanya musik yang menggunakan biola sebagai instrumennya adalah musik klasik atau musik mendayu. Untuk memainkan sebuah biola sampai mahir, dibutuhkan waktu dan latihan yang cukup lama yang diimbangi dengan ketekunan, kesabaran dan disiplin sehingga bisa memainkan biola dengan rama yang pas.


4 Cara Bermain Biola Bagi Pemula


1. Siapkan peralatan

Menyiapkan peralatan berupa instrumen utama yaitu biola itu sendiri. biola memiliki harga yang cukup tinggi dibanding alat musik senar lain seperti gitar atau ukulele. Semakin baik kualitas biola maka semakin tinggi pula harga yang diberikan. Untuk itu, bagi pemula sebaiknya membeli biola dengan kualitas serta harga yang sesuai dengan kebutuhan pemula untuk hanya sekedar berlatih.

Biola merupakan alat musik panggul berukuran kecil. Untuk pengguna dewasa biasanya digunakan biola ukuran 4/4 yang telah disesuaikan dengan postur tubuh manusia dewasa pada umumnya. Tapi jika ukuran tersebut dirasa terlalu besar maka bisa menggunakan biola yang lebih kecil dan menyesuaikan dengan porsi tubuh dan kenyamanan saat memanggul maupun memainkan biola. 

Dalam menyiapkan peralatan, pastikan untuk memeriksa kelengkapan instrument. Sebuah biola terdiri dari bow atau sebuah busur yang digunakan untuk menggesek senar biola, biola pada umumnya terdiri dari 4 senar, damar untuk busur, penyangga bahu, dan penyangga dagu  untuk memberikan rasa aman dan nyaman ketika memainkan biola. Ke semua elemen tersebut harus lengkap sebelum mulai bermain.

Pastikan juga rambut busur harus dalam keadaan baru. Rambut busur  merupakan serabut halus berwarna putih atau putik krem pada busur biola. Rambut busur yang terlihat baru memiliki ciri warna yang  seragam sepanjang rambut serta lebarnya pun sama dari ujung satu ke ujung lainnya. Kualitas rambut busur tersebut sangat memengaruhi kualitas nada yang dihasilkan. 


2. Bersiap  menggunakan peralatan

Sebelum mulai memainkan biola, pertama-tama harus menyiapkan posisi biola pada bahu. Gunakan bantalan penyangga bahu untuk menopang biola dan juga penyangga dagu agar lebih nyaman. Biasanya bermain maupun berlatih bermain biola membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga penyangga tersebut dibutuhkan agar dalam memainkan biola pemain bisa lebih nyaman menahan biola.

Kencangkan busur yang sudah disiapkan dengan cara memutar ujung sekrup busur searah jarum jam sampai jarak antara tongkat busur dengan rambut cukup dilewati jari telunjuk dari ujung sampai ujung dan juga pastikan untuk mengukur jarak tersebut, jangan menggunakan jari karena dikhawatirkan akan merusak kualitas rambut busur dan juga pastikan rambut busur cukup kencang agar kuat ketika digesekkan pada senar.






Oleskan rambut busur menggunakan getah damar sesuai porsinya, biasanya hanya 3 kali gosokkan. Getah damar berguna untuk membuat rambut busur menjadi lengket. Setelah itu, senar  biola diatur dengan nada G, D, A dan E secara berurutan dari nada tertinggi ke nada terendah. Cara menyetel nada biola sama dengan gitar yaitu diputar pada pasak ujung biola. Cara memainkan biola ini merupakan tips dasar.


3. Mulai bermain

Genggamlah busur penggesek menggunakan tangan kanan dan letakkan badan biola diatas bahu sembari tangan kiri menggenggam ujung biola. Gunakan dagu yang untuk menjepit badan biola agar biola tidak goyang ketika dimainkan. Letakkan jari tengah pada pegangan biola, jari kelingking pada bagian datar dekat ujung tongkat penggesek kemudian tahan jari dengan posisi agak melengkung. 

Bagian tengah-tengah jari tengah dan juga jari manis haruslah dalam keadaan yang rileks dan sejajar dengan ujung jari kelingking. Ujung jari tengah dan ujung jari manis berada di samping elemen frog yang merupakan elemen berwarna hitam yang menghubungkan sekrup pengencang busur dengan rambut busur yang telah terpasang. Posisi ibu jari berada di depan frog, bawah tongkat, atau di atas busur. 

Setelah itu silahkan anda tempatkan rambut busur di pertengahan antara kayu tipis yang menahan senar biola ataupun tempatkan pada posisi ¾ panjang senar sehingga posisi rambut busur melintasi perut biola. Kemudian tarik busur dengan cara menggesek senar lurus dan sejajar dengan kayu tipis penahan senar tadi sampai terdengar suara. Rambut busur harus  dalam keadaan miring 45 derajat terhadap kayu penahan senar.

Jika menginginkan suara yang lebih kuat maka harus ditekan lebih kuat pula. perlu diingat juga bahwa terlalu keras menekan maka akan menghasilkan suara keras yang tidak se-irama. Maka dari itu perlu mempertimbangkan tekanan yang diberikan agar mampu menghasilkan nada yang diinginkan. Jika suara sudah menekan dengan benar namun suara masih tidak stabil maka perlu mengosokan damar lagi. 


4. Mulai memainkan not

Cara memainkan biola yang selanjutnya yakni gunakan jari telunjuk untuk menekan senar E atau senar tertinggi dengan kuat. Kemudian tarik busur untuk menggesek senar E guna menghasilkan not yag lebih tinggi. Jari telunjuk akan turun menyentuh senar pada titik yangdekat dengan baut atau papan jari bagian atas dimana hal tersebut akan menghasilkan not F. 

Mainkan ujung jari dengan meletakkan ujung jari tengah pada jarak yang hampir sama di bawah jari telunjuk pada papan jari bagian atas. Posisi kedua jari tersebut haruslah tetap sementara jari yang lain  memainkan not yang lebih tinggi. Jari manis di posisikan di depan jari tengah. Ulangi proses tersebut sampai Anda benar-benar menghafal tata letak jari dan mahir memposisikan jari.

Memainkan not tersebut merupakan cara bermain biola bagi pemula. Apabila not serta posisi jari sudah di hafal di luar kepala, selanjutnya ke tahap berikutnya yaitu memainkan tangga nada. Tangga nada terdiri dari kolaborasi not-not yang yang dimainkan naik turun dalam sebuah pola nada. Bila not-notnya sudah dikuasai, maka pemain biola akan dengan mudah memainkan tangga nada yang indah.