Skip to main content

3 Cara Melipat Origami Kupu-Kupu Dengan Benar

3 Cara Melipat Origami Kupu-Kupu

Origami adalah kesenian melipat kertas yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya dan diwariskan dari generasi ke generasi di Jepang. Bahkan tidak hanya di Jepang saja, kesenian dan keterampilan origami sudah menyebar ke seluruh dunia. Dan kini makin banyak karya-karya dan bentuk yang dihasilkan. Berikut ini adalah cara melipat origami kupu-kupu.


3 Cara Melipat Origami Kupu-Kupu Dengan Benar



Tingkat kesulitannya pun berbeda. Ada yang sangat mudah, bahkan hingga sangat sulit dan rumit. Maka dari itu, untuk membuat sebuah karya origami kita memerlukan instruksi-instruksi yang akan berguna pada proses pembuatannya. Banyak sekali media yang membagikan instruksi origami. Anda bisa memperolehnya saat membeli kertas origami, di buku, di majalah, di internet, dan juga video.

Karena dikenal dengan bentuknya yang beragam, tidak ada salahnya kita mencoba untuk membuat satu dari banyak macam karya origami. Mari kita coba dengan bentuk kupu-kupu. Untuk membuatnya, diperlukan kesabaran, ketelitian, dan konsentrasi pada langkah-langkah cara melipat origami kupu-kupu. Apa langkah-langkah yang harus dilakukan? Perhatikan di bawah ini, ya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan :

Kertas Origami 

Langkah-Langkah Melipat Origami Kupu-Kupu

1. Membuat Lipatan Dasar (Boat Base)


a. Ambillah selembar kertas origami berbentuk persegi. Jika anda menggunakan kertas origami yang berwarna atau bermotif, maka sisi yang berwarna itu adalah bagian depannya. Letakkan kertasnya dengan sisi berwarna di atas dan sisi polos di bawah.

Kertas yang direkomendasikan adalah ukuran 15x15cm, namun juga tergantung dengan ukuran kupu-kupu yang ingin dibuat.

b. Langkah selanjutnya adalah membuat lipat lembah atau valley crease dengan melipat kertas menjadi dua bagian sama besar secara horizontal. Setelah itu bukalah lipatannya.

c. Buatlah lipatan lembah lagi di  arah yang berlawanan atau vertikal. Pastikan lipatan yang anda hasilkan rapi. Lalu buka kembali lipatannya. Sekarang anda akan melihat garis lipatan yang membagi kertas menjadi 4 bagian sama besar.

d. Putarlah kertas dengan arah berlawanan dengan jarum jam sebanyak 45 derajat. Sekarang kertas anda menjadi seperti bentuk belah ketupat.

e. Lipatlah kertas anda dengan mempertemukan ujung bawah dan atas. Dalam, posisi normal ini disebut lipatan diagonal. Kemudian, buka lipatannya.

f. Lakukan hal yang sama dengan ujung kanan dan kiri. Pertemukan kedua ujung tersebut kemudian tekan dengan ibu jari anda. Setelah itu, buka lipatan. Sekarang anda memiliki garis-garis pada kertas yang membagi menjadi 8 bagian sama besar.

g. Sekarang kembalikan posisi kertas  anda menjadi posisi semula dengan memutarnya ke arah berlawanan, yaitu sebanyak 45 derajat searah jarum jam. Anda akan melihat ada garis vertikal, horizontal, dan dua garis diagonal yang bertemu di titik tengah kertas.


Baca Juga : 4 Cara Melipat Mawar Kertas (origami bunga mawar)



h. Buatlah lipatan gerbang, yaitu dengan melipat sisi kanan dan kiri sehingga sisi tepinya bertemu di tengah kertas. Jangan membuka lipatan.

i. Buka sedikit dan angkat bagian atas lipatan diagonal dengan jari anda. Anda bisa menahan sisi bawah dengan tangan anda yang lain.

j. Setelah dibuka, tarik sisi lipatan dalam sisi kanan dan kiri keluar dan buatlah lipatan berbentuk atap pada bagian atas kertas. Lipatlah dengan sejajar dan rapi.

k. Putarlah kertas sebesar 180 derajat sehingga sekarang bentuk atap berada di bawah.

l. Ulangi langkah i dan j pada bagian yang lain. Setelah anda melakukannya, anda akan melihat bentuk segi enam atau 2 perahu kertas yang disatukan. Di dalam istilah origami, bentuk ini disebut dasar kapal. Bentuk dasar kapal dapat digunakan untuk karya origami yang bermacam-macam.

2. Membuat Sayap Kupu-Kupu

a. Baliklah kertas anda sehingga bentuk dasar kapal berada di bawah dan sudut-sudutnya mengarah ke samping.

b. Lipatlah separuh kertas anda dari atas menuju bawah. Jangan lupa untuk selalu melipat dengan rapi agar hasilnya maksimal. Sekarang anda melihat bentuk perahu atau trapesium, bukan?

c. Dari separuh bagian perahu, lipatlah salah satunya ke bawah (hanya lapisan di permukaan). Sehingga jika dilihat akan seperti segitiga.

d. Lakukan hal yang sama pada bagian yang lain seperti pada langkah c.

e. Pada sirip bagian kiri, buatlah lipatan lembah mendekati titik tengah kertas. Lipatan yang dihasilkan seharusnya memanjang dari atas ke bawah.

f. Ulangi langkah e di atas pada sirip bagian kanan. Buatlah lipatan yang ukurannya sama besar.

g. Balikkan lagi kertas anda, sehingga bagian yang baru saja dilipat berada di bawah.

h. Lipatlah kertas anda menjadi dua bagian yang sejajar dan sama besar.

3. Membuat Badan Kupu-Kupu

a. Lipatlah sayap atas dengan arah diagonal. Lipatan yang dihasilkan akan berbentuk memanjang dari atas ke bawah.

b. Kembali balikan kertas anda sehingga bagian yang baru saja dilipat secara diagonal akan berada di bawah sisi yang lainnya.

c. Ulangi langkah a pada sisi yang sekarang berada di atas. Lakukan dengan sama bentuk dan ukurannya, ya?

d. Bukalah sayap-sayapnya dan balikan lagi kertas anda sehingga sisi yang baru selesai berada di bagian bawah. Sekarang anda dapat melihat lipatan gunung yang menonjol ke atas pada bagian tengah kertas.

e. Tekan-tekan atau jepitlah bagian lipatan gunung yang anda lihat di tengah kertas. Lakukan dengan keras agar strukturnya menjadi kuat.

f. Kupu-kupu kertas anda sudah siap. Anda bisa membuatnya dengan warna dan ukuran yang lebih variatif. Selamat mencoba di rumah dengan mengikuti instruksi cara melipat origami kupu-kupu yang ada.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar