3 Cara Melipat Kubus Origami

3 Cara Melipat Kubus Origami

3 Cara Melipat Kubus Origami

Origami adalah sebuah kata dari bahasa Jepang yang berarti melipat kertas. Ori artinya melipat, sedangkan kami atau gami artinya kertas. Origami merupakan sebuah tradisi yang turun-temurun dari generasi ke generasi dalam waktu yang sudah lama. Banyak sekali kreasi dari origami yang diciptakan hanya dengan melipat kertas. Penasaran bagaimana cara melipat kubus origami?


3 Cara Melipat Kubus Origami



Selain merupakan sebuah tradisi, origami sangat bisa digunakan sebagai hobi. Biasanya origami atau seni melipat digemari oleh anak- anak dan perempuan. Origami melatih kreativitas dan merupakan aktivitas yang sangat cocok digunakan untuk sekadar mengisi waktu luang.


Dalam membuat sebuah bentuk yang diinginkan, anda harus mengikuti beragam instruksi untuk menghasilkan satu origami. Salah satu bentuk yang dapat dibuat dengan origami adalah kubus. Kubus memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memakan waktu yang lama untuk dibuat.

Meliputi beberapa lipatan-lipatan dasar yang sangat mudah dan cepat dibuat. Siapa pun bisa membuat bentuk kubus hanya dengan memperhatikan instruksi yang diberikan. Di bawah ini adalah cara melipat kubus origami.


Bahan-Bahan yang Dibutuhkan 

Kertas origami (gunakan yang berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang)

Gunting (pemakaian gunting bersifat opsional)

Untuk membuatnya, perhatikan langkah-langkah cara melipat kubus origami berikut ini.

1. Melakukan Langkah Awal 

Bagi anda yang memakai kertas berbentuk persegi panjang, lakukan hal ini.

a. Pertama-tama, hadapkan kertas secara vertikal, sehingga anda mendapatkan bentuk yang memanjang.

b. Langkah selanjutnya, lipat pojok kanan bawah ke atas sampai sejajar dengan tepi kiri kertas. Lalu lakukan sebaliknya, yaitu melipat pojok kiri bawah ke atas sehingga sejajar dengan tepi kanan kertas.

c. Langkah ketiga, lipat bagian atas yang tidak terjangkau hasil lipatan pojok kanan bawah dan pojok kiri bawah. Setelah itu bukalah lipatannya.


Baca Juga : 5 Cara Melegakan Dada yang Sesak Karena Lendir



d. Langkah terakhir, potonglah lipatan bagian atas tersebut dengan menggunakan gunting. Apabila anda tidak memiliki gunting, anda bisa menggunakan alternatif lain seperti cutter, pisau, penggaris, atau basahi lipatan tersebut dengan air lalu robek perlahan dengan hati-hati. Lipatan tepi atas tadi tidak akan digunakan, jadi anda tidak perlu khawatir untuk membuangnya.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan kertas berbentuk persegi, tinggal melipat kertas pojok kanan bawah ke pojok kiri atas dan sebaliknya. Lebih direkomendasikan untuk menggunakan kertas berbentuk persegi karena tidak perlu lagi memotong bagian yang tidak akan digunakan.


2. Lipatan Awal Segitiga (Water Bomb Base)

a. Setelah mendapatkan lipatan langkah awal, baliklah kertas tersebut sehingga bagian yang sudah terlipat berada di bawah dan kertas menjadi seperti cembung.

b. Lipat tepi atas atau bawah (anda bebas memilih), kemudian bukalah lipatannya. Anda akan melihat satu garis lurus di tengah-tengah kertas.

c. Tekanlah tepi kanan dan kiri menuju ke arah tengah sehingga membentuk sebuah tenda. Kemudian tekan lagi bentuk tenda tersebut sehingga menjadi lipatan yang rata.

3. Bentuk Kubus yang Dimampatkan

a. Pertama, lipat salah satu titik ujung segitiga bagian kanan menuju ke arah titik ujung bagian atas.

b. Langkah selanjutnya, lipat ujung bagian kanan dari hasil lipatan tersebut ke arah tengah.

c. Kemudian masukkan segitiga yang ada di titik ujung atas ke dalam sepanjang tepian segitiga hasil langkah kedua di atas. Selanjutnya lipat untuk menguncinya.

d. Ulangi langkah kedua dan ketiga di atas agar mendapatkan hasil yang sama pada sisi yang lain.

e. Baliklah kertas, sehingga daerah yang terlipat berada di bawah.

f. Lakukanlah hal yang sama seperti bagian yang sudah terlipat dengan mengikuti langkah kedua dan ketiga di atas.

g. Lipatlah bagian atas yang berbentuk segitiga kemudian bukalah lipatannya.

h. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada bagian bawah, yaitu melipat dan membuka kembali lipatannya.

4. Langkah Penyelesaian

a. Peganglah titik tepi bawah bagian kertas lalu bentangkan keempat tepi sehingga saling lurus satu sama lain.

b. Kemudian tiupkanlah udara ke lubang bagian bawah dari kertas hingga menyerupai bentuk kubus.

c. Bentuk kubus telah selesai.


Anda perlu mempelajari tips dan trik cara melipat kubus origami, agar bentuk kubus yang dihasilkan maksimal, anda harus memperhatikan tips-tips berikut.

Saat menekan lipatan, gunakanlah ibu jari agar lipatan yang dihasilkan rapi.

Apabila anda merasa kurang yakin dengan langkah-langkah di atas, ulangilah secara perlahan-lahan dan tepat.

Jika lipatan anda kurang tepat, lakukan lagi dengan hati-hati agar hasilnya bagus

Agar kubus mengembang sempurna, lakukan langkah ‘Kubus yang Dimampatkan’ dengan benar, terutama pada langkah kedelapan.

Mudah, kan? Anda bisa mencobanya di rumah dengan mengikuti instruksi yang telah diberikan di atas. Selain membuat bentuk kubus, anda juga bisa berkreasi dengan bentuk yang lain. Anda pun bisa merekomendasikan ke teman-teman sebagai referensi kesenian origami.

Tahukah anda bahwa di Jepang, origami bahkan diajarkan di sekolah?. Namun dewasa ini origami juga mulai diajarkan di rumah. Pada hari liburan, satu keluarga merayakan dengan membuat origami yang sudah mereka rancang sebelumnya. Dan pada hari anak (yang sebelumnya hari anak laki-laki di Jepang), semua anak membuat origami berbentuk ikan yang sedang berenang di dalam arus air. Hal ini melambangkan kekuatan. Sedangkan pada musim panas, orang Jepang merayakan Tanabata atau Festival Bintang. Dimana batang dari pohon bambu yang masih hidup dihiasi dengan origami berbentuk bintang dan dekorasi lainnya.