Skip to main content

3 Cara Memandikan Kelinci Peliharaan Dengan Benar

3 Cara dan Tips Memandikan Kelinci Peliharaan

Dalam situasi normal, kelinci biasanya menghindari terkena air. Sebagai spesies yang dulunya merupakan mangsa bagi predator, kelinci tidak suka merasa terancam, dan berada di dalam air bukanlah posisi yang alami bagi mereka. Ini tentu menjadi masalah, dan itulah mengapa anda perlu cara memandikan kelinci peliharaan yang tepat.

Kelinci juga cenderung panik saat berada di dalam air, dan bisa saja terkena patah tulang saat mereka berontak di dalam air. Selain itu, saat rambut kelinci yang basah menjadi kusut, mengeringkannya sangat sulit. Kelinci yang tidak kering sepenuhnya berisiko terkena masalah pernapasan, infeksi, dan hipotermia. Tentunya anda tak ingin ini terjadi pada kelinci kesayangan anda.


3 Cara Memandikan Kelinci Peliharaan Dengan Benar



Jika dokter hewan menyarankan untuk memandikan kelinci peliharaan karena alasan kesehatan, maka mintalah seseorang untuk membantu memegangi kelinci saat anda memandikannya. Ini untuk menghindari kemungkinan kelinci berontak dan menyakiti dirinya sendiri.

Untuk perlindungan lebih, letakkan sebuah karpet anti licin pada dasar bak mandi, wastafel, atau baskom yang anda gunakan untuk memandikan. Adanya lapisan ini akan membantu kelinci menempel pada dasar sehingga mereka tidak panik dan berontak.

Gunakan air hangat dan cek secara berkala untuk memastikan suhunya tidak bertambah dingin atau panas. Selain itu, penggunaan semprotan air bisa jadi terlalu kuat dan berisik untuk kelinci, maka lebih disarankan menggunakan gayung atau metode lainnya yang lebih tenang.

1. Mulai dari bagian belakang kelinci dan bergeraklah ke arah depan saat membasahi rambut kelinci. Jangan pernah membasahi bagian kepala kelinci kecuali disarankan oleh dokter hewan untuk memastikan anda tidak membuat mata atau telinganya basah.

2. Jika anda menggunakan sampo, oleskanlah ke tubuh kelinci anda pada langkah kedua ini. saat menggunakan sampo, kosongkan baskom air secara berkala sehingga air tidak terlalu tinggi dan membuat kelinci tenggelam. Untuk proses memandikan kelinci yang lebih mudah, lakukanlah di wastafel atau bak mandi.

3. Jika anda hanya mencuci bagian belakang dari kelinci, basahilah hanya bagian tersebut. Saat sudah selesai mencucinya, segera angkat kelinci dan bungkus dengan handuk tebal. Proses memandikan kelinci harus dilakukan secepat mungkin sehingga kelinci tidak kedinginan.

Baca Juga : 4 Cara Memandikan Kucing Sphynx

Mengeringkan Kelinci

Saat basah, rambut kelinci bisa menjadi kusut dan mengeringkannya sangat sulit dan lama. Kelinci yang tinggal di luar ruangan perlu tinggal di dalam paling tidak selama satu malam, bahkan lebih lama jika cuaca dingin untuk memastikan mereka sepenuhnya kering dan jangan pernah mengeluarkan kelinci saat masih lembab. Maka dari itu, tidak disarankan memandikan kelinci saat cuaca dingin kecuali keadaan mendesak.

1. Menggunakan handuk

Anda bisa menggunakan handuk sebagai cara pertama untuk mengeringkan kelinci. Usaplah rambut kelinci dengan lembut untuk menghilangkan air berlebih sebisa mungkin. Lakukan dengan sangat lembut karena kulit kelinci sangat mudah terluka.

2. Menggunakan pengering rambut

Jika anda ingin menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan kelinci, lakukan menggunakan pengaturan yang hangat. Lakukan dengan sangat hati-hati untuk memastikan kulit kelinci tidak terbakar. Cek suhu pengering rambut secara berkala untuk memastikan suhunya tepat. Ini bisa dilakukan dengan cara menaruh tangan anda di antara pengering rambut dan kelinci.

Kapan Perlu Memandikan Kelinci Peliharaan?

Ada beberapa situasi tertentu di mana anda perlu memandikan kelinci peliharaan atau untuk mengatasi beberapa masalah terkait kesehatan. Meskipun demikian, dalam kebanyakan situasi, tidak perlu membasahi tubuh kelinci seluruhnya.

Kelinci yang sering kotor pada bagian belakang bisa memerlukan pembersihan pada bagian tersebut untuk menghindari dihinggapi lalat dan menghindari terjadinya penumpukan kotoran serta luka karena infeksi.

Kelinci dengan kondisi yang disebutkan barusan seringkali memiliki kondisi medis yang membuat mereka tak mampu membersihkan diri sendiri. Beberapa penyebab yang mungkin adalah masalah dengan gigi, sakit pada tulang belakang atau artritis, kelebihan berat badan, batu ginjal, bakteri E. cuniculi, atau tak ada cukup ruang untuk membersihkan diri. Mungkin saja anda harus mengunjungi dokter hewan terdekat untukmemastikan penyebabnya dan mendapatkan solusi.

Dalam beberapa kasus, dokter hewan mungkin menyarankan sampo yang mengandung obat jika kelinci anda memiliki kondisi kulit yang harus diobati. Sebenarnya memandikan kelinci bukanlah hal yang umum, namun jika harus, maka pastikan sampo dan air tidak masuk ke mata dan telinga kelinci anda. Jangan lupa juga ikuti petunjuk dari dokter hewan.

Memandikan Kelinci Secara rutin

Jangan pernah memandikan kelinci secara rutin dan terlalu sering, karena ini tidak bermanfaat, bahkan bisa menyakiti kelinci peliharaan anda. Memandikan kelinci secara rutin, dengan atau tanpa sampo, bisa menghilangkan lapisan minyak alami dari kulit kelinci. Adanya minyak alami ini menjaga kondisi kulit kelinci tetap baik. Proses mandi juga bisa membuat kelinci stress, juga banyak risiko bagi kelinci itu sendiri seperti patah tulang jika mereka berontak saat mandi.

Kelinci sebenarnya adalah hewan yang bersih dan bisa membersihkan diri mereka sendiri. Bahkan jika ada beberapa kelinci dalam satu kandang, mereka bisa saling membersihkan.

Dalam beberapa waktu seperti saat kelinci anda banyak rontok, anda mungkin perlu banyak merapikan kelinci anda, khususnya bulu yang mereka lepaskan. Dalam kondisi ini pun, anda tak perlu memandikan kelinci anda meskipun menggunakan cara memandikan kelinci peliharaan yang tepat.

Mengecat rambut kelinci

Meskipun ini terdengar aneh bagi mayoritas pemilik kelinci, ada beberapa orang yang merasa ingin terlihat unik dengan cara mengecat rambut kelinci peliharaan mereka. Jika anda menyayangi peliharaan anda, maka jangan pernah melakukan ini karena bahan kimia dari cat rambut bisa merusak sistem dalam tubuh kelinci.