24 Tips Cara Melakukan Cup Song

24 Tips Cara Melakukan Cup Song

24 Tips Cara Melakukan Cup Song


Pernahkah anda mendengar istilah cup song? Kira-kira bagaimana cara melakukan cup song? Mungkin anda masih awam yah mendengar istilah  satu ini. Cup song merupakan salah satu permainan dari musik yang diciptakan dengan menggunakan media gelas atau cangkir.


24 Tips Cara Melakukan Cup Song



Jadi ketika musik-musik yang anda dengarkan diciptakan menggunakan alat musik yang asli. Yang satu ini malah menggunakan gelas/cangkir. Gimana kira – kira menurut anda percaya tidak? Masa sih sebuah gelas dapat menciptakan alunan musik? Untuk lebih jelasnya simak saja penjelasan berikut.


Cara melakukan cup song

Virus cup song memang sedang merambah negara di belahan dunia ini tak terkecuali dengan Indonesia. Cup song awalnya berdasar pada permainan anak yaitu The Cup Game. Kemudian Lulu and the Lampshades menciptakannya. Setelah itu dipopulerkan oleh Anna Kendrick dalam lagu yang diciptakannya yang berjudul Cups atau Pitch Perfect’s When I’m Gone.

Setelah video clip dari lagu ini keluar tentunya dengan tema gelas/cangkir sebagai pencipta suara musiknya. Walaupun terdengar aneh ya menggunakan gelas/cangkir. Namun, ternyata dapat menarik minat anak – anak muda untuk ikut dalam permainan tersebut. Mereka mulai menirunya dan memposting permainan cup song mereka ke dalam Youtube.

Gimana apakah anda penasaran dengan cara melakukan cup song? Untuk melakukan permainan ini sebenarnya susah – susah gampang. Biar lebih jelasnya simak saja penjelasan berikut ini.

1. Siapkan cangkir

Hal pertama kali yang anda lakukan adalah menyiapkan cangkir. Hendaknya cangkir yang digunakan berbahan dasar plastik yang memiliki beban agak berat atau bisa juga anda menggunakan botol, jika memang memilikinya.

Bila cangkir yang anda gunakan semakin berat maka itu malah akan semakin aman. Karena ketika permainan cup song berlangsung, cangkir itu akan sulit untuk terlempar.

2. Menghadap bawah

Langkah selanjutnya adalah anda perlu meletakkan cangkir yang telah anda siapkan tadi menghadap ke bawah dengan posisi diletakkan di atas meja di depan anda persis atau menggunakan permukaan keras lainnya sebagai tumpuan gelas.


Baca Juga : Bagaimana cara melakukan Burpee?


3. Tepuk tangan

Mulailah dengan menepuk ke dua tangan sebanyak dua kali sebagai pembukaan cup song.

4. Pukul cangkir

Kemudian pukullah bagian atas cangkir sebanyak tiga kali pukulan. Jangan terlalu keras memukulnya agar tangan anda tidak sakit. Cara memukulnya yaitu dengan sekali menggunakan tangan kanan, kemudian dilanjutkan dengan tangan kanan lagi.

Agar bunyi yang dihasilkan bisa lebih bervariasi yang berfungsi untuk meramaikan suasana cup song, anda juga bisa memberikan permainan itu dengan memukul meja.

5. Tepuk tangan

Dilanjutkan dengan bertepuk tangan lagi, cukup sekali saja.

6. Angkat cangkir

Angkatlah cangkir menggunakan tangan kanan anda kira-kira 5 cm di atas meja.

7. Gerakkan cangkir

Kemudian langkah selanjutnya adalah menggerakkan cangkir dengan posisi kira – kira 15 cm ke arah kakan anda dan meletakannya ke bawah lagi. Hal ini bermaksud untuk menghasilkan suara ketika bersentuhan dengan meja.

8. Tepuk tangan

Setelah menggerakkan cangkir di lanjutkan kembali dengan menepuk ke dua tangan sekali.

9. Ambil cangkir

Kemudian balik tangan kanan anda dan ambillah cangkir tersebut. Hal yang perlu diperhatikan ketika dalam posisi ini adalah ibu jari anda menghadap ke bawah. Dimana menghadap meja persis.

10. Pukul cangkir

Angkatlah lagi cangkir setinggi 5 cm dari atas meja kemudian pukullah pada bagian terbuka cangkir tersebut menggunakan telapak tangan kiri anda.

11. Balikkan cangkir

Kemudian balikkan cangkit itu menghadap pada meja dan jangan lepaskan cangkir itu pada pegangan anda.

12. Angkat cangkir

Angkat cangkir kembali kemudian posisikan telapak kiri tangan anda. Di lanjutkan dengan gerakkan memukul bagian bawahnya dengan menggunakan tangan kiri.

13. Pegang cangkir

Peganglah bagian bawah cangkir anda dengan menggunakan tangan kiri.

14. Pukul tangan kanan

Pukullah tangan kanan anda pada ke bagian bawah di meja yang berada tepat di hadapan anda.

15. Silang lengan

Silang pada bagian lengan kirimu di atas lengan kanan anda dan di lanjutkan dengan meletakkan cangkir tersebut dengan posisi terbalik di atas meja. Dari aktivitas tadi akan menghasilkan suara.

16. Ulangi

Setelah anda menyelesaikan satu set gerakan cup song tadi, maka di lanjutkan dengan mengulanginya sebanyak yang anda inginkan.


Tips cara melakukan cup song yang baik


1. Sebaiknya lakukanlah pada permukaan meja yang keras. Karena semakin keras permukaan mejanya maka akan semakin keras pula suara yang dihasilkan ketika memainkan cup song ini.

2. Berlatihlah secara terus menerus jangan hanya sekali dua kali. Karena dengan latihan secara terus menerus maka akan membuat anda semakin ahli memainkan cup song ini.

3. Terus berlatih sampai lagu cup song ini terngiang – ngiang di dalam kepala anda sehingga anda akan dapat mengkombinasikannya dengan melakukan ketukan yang anda tambahkan sendiri.

4. Bila anda sudah mulai terbiasa melakukan permainan tadi maka cobalah dengan bernyanyi lagu yang berjudul You are Gonna Miss Me. Dimana sangat cocok dengan ketukan 4/4. Atau anda bisa juga mengiringinya dengan lagu Cups (Pitch Perfect’s When I’m Gone).

5. Setiap pengulangan lagu, cobalah anda melakukannya denga lebih jelas lagi. Untuk anda yang pertama kali mencoba mungkin akan merasa susah ya, tetapi teruslah mencoba agar anda terbiasa.

6. Menggumamkan ketukan lagu ini di dalam kepala anda. Karena ini akan sengat membantu anda menghafal setiap detail gerakannya.

7. Bila anda ingin sebuah tantangan, anda bisa untuk mengajak teman bersama dan membuat sebuah pertandingan. Aturan mainnya adalah semua orang harus membuat perubahan-perubahan pada lagu tersebut. Kemudian ajaklah beberapa teman untuk menilai hasil permainan siapa yang paling bagus.

8. Ketika dalam melakukan permainan cup song sebaiknya anda jangan membanting cangkir terlalu keras, karena akan mengakibatkan cangkir rusak. Dan jangan memilih cangkir dengan bahan dasar logam, karena akan menyebabkan rasa sakit di tangan.