16 Cara Memaksakan Layar Biru di Semua Versi Windows

16 Cara Memaksakan Layar Biru di Semua Versi Windows

16 Cara untuk Memaksakan Layar di Semua Versi Windows

Stop error, atau lebih dikenal dengan nama Blue Screen of Death atau BSoD, adalah error mengerikan yang terjadi setelah kerusakan pada sistem yang serius. Blue screen merupakan hal yang sangat mengganggu jika anda harus menghadapinya. Namun, ada beberapa saat Anda perlu cara memaksakan layar biru di windows untuk menguji sistem anda atau ketahanan sebuah aplikasi.

Untuk alasan apa pun, Microsoft sebenarnya sudah mendokumentasikan sebuah proses untuk memodifikasi registry sehingga anda bisa menggunakan pintasan keyboard untuk membuat komputer anda masuk ke mode layar biru di Windows 10. Anda juga bisa menggunakan keyboard USB untuk melakukannya. Di panduan ini, anda akan menemukan cara melakukannya.


16 Cara Memaksakan Layar Biru di Semua Versi Windows



Peringatan: sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, selalu ingat bahwa melakukan perubahan pada registry sangat berisiko, dan itu bisa menimbulkan kerusakan yang tak bisa diperbaiki jika proses ini tak dilakukan dengan baik. Disarankan untuk melakukan backup penuh pada semua data maupun sistem pada komputer anda, juga menyimpan semua dokumen dan pekerjaan penting sebelum melanjutkan.

1. Gunakan pintasan tombol windows + R untuk membuka komando Run.

2. Ketikkan regedit, lalu klik OK untuk membuka registry.

3. Cari alamat berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\kbdhid\Parameters

4. Klik kanan pada sisi kanan, pilih “new”, lalu klik pada nilai DWORD (32-Bit).

5. Beri nama baru pada DWORD menjadi CrashOnCtrlScroll, lalu klik Enter.

6. Klik dua kali pada DWORD yang baru dibuat lalu ganti nilainya dari 0 menjadi 1.

7. Klik OK untuk mengkonfirmasi nilai baru ini.

8. Cari alamat berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters

9. Klik kanan pada sisi kanan halaman lagi, pilih “new”, lalu klik pada nilai DWORD (32-bit).

10. Beri nama CrashOnCtrlScroll pada DWORD baru, lalu Klik Enter.

11. Klik 2 kali pada DWORD yang baru dibuat, ganti nilainya dari 0 menjadi 1.

12. Klik OK

13. Restart komputer anda untuk menyimpan pengaturan baru ini.

14. Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, anda bisa menggunakan keyboard untuk membuat komputer anda crash dengan cara menahan tombol Ctrl, lalu memencet tombol scroll lock 2 kali.


Baca Juga : 3 Cara dan Tips Memandikan Kelinci Peliharaan


15. Windows 10 lalu akan memicu sebuah KeBugCheck dan menampilkan error 0xE2 yang menunjukkan BSoD dengan sebuah pesan “MANUALLY_INITIATED_CRASH”. Ini juga akan membuat sebuah crash dump dalam komputer anda yang bisa digunakan untuk proses debugging.

16. Jika anda sudah tak lagi membutuhkan layar biru, anda bisa menggunakan langkah yang sama di atas untuk membalikkan perubahan, namun pada langkah ketiga dan 8, klik kanan dan hapus DWORD “CrashOnCtrlScroll”.

Meskipun panduan di atas fokus kepada windows 10, langkah yang sama juga bisa digunakan pada Windows 8.1 dan Windows 7.

Cara Memaksakan Layar Biru di Windows XP dan Vista

Cara yang akan anda baca di bawah ini bisa digunakan untuk Windows XP atau Windows Vista.

1. Pertama, anda harus mengedit registry Windows. Untuk pengguna Windows P, klik menu start pada bagian pojok kiri bawah layar, lalu “Run”.

2. Untuk pengguna Windows Vista, klik menu start di bagian pojok kiri bawah layar, lalu ketikkan “run” di kotak command. Setelah itu, ketikkan “Regedit” untuk memasuki registry windows.

3. Sekarang, carilah file path dengan alamat
HKEY_LOCAL_MACHINE\\SYSTEM\\CurrentControlSet\\Services\\i8042prt\\Parameters

4. Masukkan entri “DWORD” baru ke dalam registry.

5. Setelah anda mencapai “parameters”, anda harus membuat “DWORD (32-bit) value” yang baru. Beri nama “CrashOnCTRLScroll” pada value baru ini.

6. Klik kanan pada entri baru ini, lalu klik “modify”. Ganti nilai data menjadi 1.

7. Sekarang, tutup registry editor dan restart komputer and. Saat sudah menyala kembali, tekan tombol “ctrl” sebelah kanan. Cara ini tidak bisa dilakukan dengan tombol ctrl kiri, maka pastikan anda menggunakan yang kanan. Pencet tombol “scroll lock” dua kali.

8. Langkah di atas akan membawa anda ke layar biru.

Lalu, bagaimana jika anda ingin mengembalikan komputer anda setelah memaksakan layar biru? Caranya adalah dengan melakukan reboot pada komputer.

Apa yang Menyebabkan Layar Biru?

Layar biru umumnya disebabkan karena masalah dengan perangkat keras komputer anda atau perangkat lunak yang mengatur perangkat keras. Kadang, layar biru juga bisa disebabkan karena perangkat lunak tingkat rendah yang dijalankan di windows. Aplikasi reguler dan umum digunakan biasanya tak akan menyebabkan layar biru. Jika sebuah aplikasi biasa terkena crash, ini tidak akan menyebabkan seluruh sistem operasi rusak juga.

Layar biru yang tidak dipicu secara manual terjadi jika windows menemui stop error. Kesalahan kritis ini menyebabkan windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan komputer anda jika hal ini terjadi adalah restart. Ini bisa berarti anda akan kehilangan data, karena tidak ada kesempatan untuk menyimpannya.

Saat terjadi layar biru, windows akan secara otomatis membuat file “minidump” yang mengandung informasi tentang crash dan menyimpannya ke disk anda. Anda bisa melihat informasi dalam minidump untuk mengidentifikasi penyebab layar biru.

Layar biru juga terlihat berbeda tergantung versi windows yang anda gunakan. Pada windows 7 dan versi sebelumnya, layar biru mengandung sangat banyak informasi. Di windows 8 dan 10, layar biru terlihat lebih sederhana.

Sebenarnya layar biru bukanlah hal yang sangat parah, hanya saja ada risiko kehilangan data. Tentu saja anda selalu bisa mengatasi kondisi layar biru ini dengan beberapa bantuan.