14 Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam

14 Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam

14 Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam

Paha dalam adalah salah satu bagian penting tubuh yang menjadi tumpuan Anda dalam menjalankan aktifitas seperti olahraga, naik turun tangga, hingga jalan kaki biasa. Hal itu menyebabkan otot paha Anda terasa kaku atau bahkan kram. Alangkah baiknya Anda sering melakukan peregangan paha dalam setelah melakukan aktifitas-aktifitas tersebut. Hal itu bertujuan untuk memulihkan rasa nyeri, melenturkan otot paha, serta menghindarkan diri dari cedera otot.


14 Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam




Anda pastinya juga sering mendengar bahwa setelah melakukan olahraga entah itu lari atau yang lainnya, kaki tidak boleh ditekuk. Cara demikian merupakan salah satu contoh untuk memulihkan otot kaki, khususnya paha dalam agar tidak tegang  atau kaku. Sebenarnya ada banyak cara melakukan peregangan paha dalam. Berikut merupakan caranya-caranya:

3 Langkah Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam

Posisi Duduk 

1. Cara  melakukan peregangan paha dalam yang sederhana yaitu dengan menyentuh jari kaki. Lakukan dengan cara duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki serta tungkai ke depan. Lalu sentuh jari kaki dengan kedua tangan sambil menariknya perlahan. Jangan lupa tetap mengatur napas agar pernapasan tetap stabil.

2. Lakukan dengan cara duduk di lantai dengan posisi kaki terbuka lebar kemudian letakkan tangan ke depan. Secara perlahan sentuh lantai dengan kedua tangan. Untuk menjaga kestabilan gerakan tersebut bisa minta bantuan orang lain sebagai tumpuan di belakang.

3. Duduk dengan posisi punggung tegak lurus. Anda dapat menekuk kaki sementara itu tangan memegang kaki. Setelah itu perlahan turunkan lutut Anda ke lantai.

4. Lakukan dengan cara semacam duduk bersila namun pertemukan kedua telapak kaki yang saling berhadapan. Kemudian tekan perlahan kedua lutut. Condongkan badan sedikit ke depan. Buang napas ketika Anda merasa paha dalam mengalami peregangan. Tarik otot selangkangan Anda. Lakukan posisi tersebut selama delapan detik atau hitungan. Setelah itu dekatkan kedua lutut Anda kembali.

5. Duduk bersila, dimana kaki kanan tetap berada di depan Anda sementara itu kaki kiri luruskan ke belakang. Arahkan dahi Anda ke dekat kaki kanan namun jangan sampai menyentuhnya selama 8 hitungan. Kemudian kembalikan kaki kiri seperti posisi duduk bersila (ke depan). Lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Duduk berlutut kemudian letakkan kedua telapak tangan ke lantai. Kedua lutut yang rapat lalu Anda regangkan secara perlahan agar tidak terasa nyeri. Tetap dalam posisi tersebut selama 8 hitungan atau lebih sesuai dengan kemampuan maupun kebutuhan Anda.

Baca Juga : 24 Tips Cara Melakukan Cup Song

7. Cara yang paling mudah adalah dengan memijat paha bagian dalam dengan tongkat pemijat maupun ibu jari Anda sendiri. Pijat paha hingga otot-otot paha Anda terasa rileks dan kendur. Cara ini bisa dilakukan secara santai juga kapanpun. Lakukan cara ini bila Anda memang capek dan enggan ribut dengan cara-cara yang rumit.

Posisi Berdiri

1. Kaki terbuka dengan tetap berdiri tegak kemudian putar kaki kiri sampai jari-jari kaki menghadap ke depan sementara itu belokkan kaki kanan Anda sekitar 30 derajat. Tekuk lutut kiri Anda sampai membentuk sudut 90 derajat. Agar dapat seimbang sebaiknya rentangkan tangan setinggi bahu Anda dengan telapak tangan di bawah. Tarik napas dan tahan hingga 5 detik kemudian keluarkan pelahan melalui hidung. Demikian bisa dilakukan secara bergantian posisi antara kaki kanan dan kiri.

2. Rapat dan luruskan kaki dengan tetap berdiri kemudian angkat salah satu kaki dengan menempelkan telapak kaki Anda ke lutut samping. Posisi tersebut bisa Anda lakukan secara bergantian antara kaki kanan dan kiri selama 1 menit.


Posisi Terlentang 

1. Selain cara melakukan peregangan paha dalam dengan duduk dan berdiri peregangan paha dalam dapat Anda lakukan dengan terlentang. Hal itu bisa Anda mulai dengan mengangkat tubuh bagian atas dengan bahu kiri sebagai penyangga. Kemudian angkat kedua kaki ke atas, pegang pergelangan kaki kanan dengan tangan kanan. Sebisa mungkin dekatkan jarak kaki dengan bahu semetara Anda selalu menjaga lengan dan kaki kanan tetap lurus. Kemudian sejajarkan kaki kanan dan kaki kiri lakukan gerakan gunting ke atas dalam dengan kaki kanan, dimana posisi kaki kanan di atas kaki kiri. Berkonsentrasilah Anda pada paha dalam dengan menahan posisi ini selama lima hitungan begitu pula dengan meluruskan kedua telapak kaki. Lakukan secara bergantian dan terakhir turunkan kedua kaki ke lantai.

2. Anda juga bisa menyandarkan kaki ke dinding sementara Anda dalam posisi terlentang. Dekatkan pinggul Anda dengan dinding agar mempermudah meluruskan kedua kaki Anda di dinding. Bertahanlah hingga delapan hitungan kemudian dengan perlahan turunkan kaki Anda di lantai secara bergantian.

3. Lentangkan tubuh Anda di lantai dengan posisi miring ke kiri, dimana jadikan lengan bahu kiri sebagai penyangga kepala. Sementara itu tangan kanan menyentuh kaki kanan kemudian renggangkan kedua lutut secara perlahan. Lakukan hal serupa secara bergantian posisi kanan dan kiri.

4. Lentangkan tubuh Anda di lantai, selain itu juga rentangkan tangan sejajar dengan bahu.
Kemudian angkat kedua kaki hingga membentuk sudut 90 derajat dari lantai. Luruskan kedua lutut Anda hingga 8 hitungan. Lakukan hal demikian secara berulang-ulang sesuai kebutuhan Anda.

5. Lentangkan tubuh Anda di lantai dengan kedua kaki ditekuk. Kemudian kedua lutut agar menempel ke lantai, dalam waktu bersamaan kedua telapak kaki harus tetap menenmpel di lantai. Hal itu bisa dilakukan bergantian satu per satu antara kaki kanan dan kiri. Pada saat menurunan lutut ke bawah, lakukan hembusan napas secara perlahan agar mendapat hasil yang baik.