Skip to main content

14 Cara Makan yang Benar Dan Baik

14 Cara Makan yang Benar Dan Baik


Apakah anda pernah diundang ke acara makan bersama yang bersifat formal? Apakah anda pernah diundang makan bersama di rumah calon mertua anda? Apakah ketika dating pertama, anda diajak makan dengan doi? Lalu detak jantung anda berubah cepat, anda bingung bagaimana cara makan yang benar ketika mendapat acara undangan makan bersama, karena selama ini makan dengan cara semau anda.


14 Cara Makan yang Benar Dan Baik



Makan adalah salah satu cara untuk menimbulkan rasa keakraban satu sama lain, meredakan ketegangan yang terjadi, sampai memulai perbincangan yang dianggap lebih sensitif, atau memulai suatu pertemuan yang sudah lama saling melupakan. Bagaimana cara anda makan, sedikit banyak mencerminkan diri anda. Sehingga cara makan menjadi suatu etika yang harus anda perhatikan.

Cara makan yang benar untuk sehari – hari

1. Pastikan kondisi tangan anda bersih. Cuci tangan anda terlebih dahulu, atau paling tidak gunakan hand sanitizer.Hal tersebut untuk meminimalisir bakteri masuk ke dalam tubuh anda saat makan. Duduk dengan tegak, tidak menyandar dengan apa pun, tidak miring kanan, atau berbaring. Makanlah bersama anggota keluarga lainnya, atau yang sedang berada di rumah anda.

2. Berdoa dahulu sebelum anda menyentuh makanan tersaji di atas meja. Bersyukur atas hidangan yang disajikan. Hindari mencela makanan, terutama apabila yang memasaknya sedang makan bersama anda. Tentunya hal tersebut akan menyinggung perasaannya. Alangkah baiknya untuk memberitahunya ketika acara makan telah selesai, di luar meja makan dan secara baik – baik.

3. Ambil makanan secukupnya. Dan makanlah dengan tenang. Mulai dari bagian pinggir, kemudian ke tengah. Gunakan tangan kanan untuk memasukkan makanan ke dalam mulut, baik menggunakan sendok ataupun dengan tangan. Apabila menggunakan tangan, gunakan tiga jari, agar makanan yang masuk ke mulut tidak berlebihan. Apabila menggunakan sendok, sendoklah makanan sesuai rongga mulut anda. Hindari menyendok makanan sampai menggunung.


Baca Juga : 9 Cara Makan Menggunakan Sumpit Dengan Baik Dan Benar


4. Hindari membuat suara saat makan, seperti saat mengunyah, menyendok makanan, mengaduk, ngobrol atau tertawa berlebihan saat makan. Kunyah makanan dengan baik, jangan terlalu cepat atau pun terlalu lama. Kemudian hindari meniup makanan yang masih panas, diamkan beberapa saat, apabila makanan tersebut berkuah seperti sup, aduk perlahan sampai panasnya berkurang.

5. Perhatikan makanan sendiri. Hindari memperhatikan orang lain saat makan, atau pun makanannya. Hal tersebut membuat mereka risih dan tidak nyaman. Makan dengan pelan – pelan. Hindari makan dengan terburu – buru atau tergesa – gesa, karena tidak baik untuk pencernaan. Apabila dirasa telah cukup, berhentilah. Karena terlalu kenyang itu tidak baik untuk kesehatan.

6. Letakkan sendok dan garpu (alat makan) di atas piring sejajar dan lurus dengan posisi badan. Kemudian minumlah . Minum saat makan tidak dianjurkan karena akan membuat rasa kenyang lebih cepat sebelum makanan anda habis, dan mengganggu pencernaan dengan mempengaruhi pH pada lambung. Terkecuali untuk situasi tertentu, seperti tersedak, dan makanan terlalu pedas.

7. Mengelap mulut anda menggunakan tisu atau kain yang disediakan. Hal ini untuk memastikan bibir dan daerah sekitarnya bersih dari sisa – sisa makanan atau minyak yang menempel dari makanan. Kemudian dilanjut dengan sikat gigi setelah makan. Ini sangat dianjurkan guna menjaga kebersihan rongga mulut anda dari sisa – sisa makanan. terutama setelah selesai makan malam.

Cara Makan yang Benar Untuk Formal

Pada acara formal, alat makanan yang disediakan lebih banyak dan komplit, suasana lebih tenang, serta makanan yang disajikan pun bertingkat. Apabila anda tidak biasa berlatih, hal ini akan membuat anda sangat canggung dan ingin meninggalkan meja makan saat itu juga. Tidak perlu khawatir, berikut cara makan yang benar untuk acara formal:

1. Datang dari sisi kanan kursi menuju sisi kiri, kemudian duduk dengan posisi tegak dengan jarak lima jari dari meja. Letakkan barang bawaan di belakang kursi. Kemudian ambil serbet dan letakkan di pangkuan. Biarkan tuan rumah menyantap makan terlebih dahulu. Apabila di restoran, anda dapat langsung menyantap makanan yang telah tersaji.

2. Appetizer. Umumnya menu yang disajikan adalah sup atau salad. Gunakan sendok bundar untuk sup, dan garpu atau pisau untuk salad. Aduk perlahan ketika sup masih terasa panas. Sendoklah sup dari sisi tubuh ke luar. Masukkan ke mulut dengan ujung sendok apabila sup berisi daging, dan sebagainya. Apabila sup krim atau tanpa isi, seruput melalui sisi samping sendok.

3. Perhatikan cangkir sup, setelah beberapa kali sendokan anda dapat langsung meminumnya. Apabila bertelinga satu, angkat dengan satu tangan, lalu dekatkan ke mulut. Apabila bertelinga dua, angkat dengan kedua tangan. Apabila sup disajikan bersama roti, makan roti dengan tangan tanpa bantuan alat makan.

4.    Letakkan alat makan ini secara diagonal yaitu dari kanan bawah menuju ke tengah piring dan juga posisi terlentang dan jika  sup, letakkan sendok di atas tatakan sebelah kanan.

5. Main course atau menu utama. Menu yang biasa disajikan berupa daging atau ikan. Gunakan pisau dan garpu. Pisau di tangan kiri, dan garpu di tangan kanan. Lalu potong daging atau ikan dari sisi yang dekat dengan anda. Ada dua pilihan, pertama anda memotongnya sampai selesai, lalu letakkan pisau dan memindahkan garpu ke tangan kanan lalu menyuapnya.

6. Kedua, anda langsung menyuapnya setiap kali anda memotongnya. Pisau dan garpu tetap pada posisinya. Apabila ingin minum, mulut diseka terlebih dahulu dengan kain yang disediakan. Setelah anda selesai makan, letakkan garpu dengan posisi terlentang di sebelah kiri pisau, dan mata tajam pisau menghadap ke dalam, serta letakkan lurus dengan posisi tubuh anda.

7. Dessert. Gunakan sendok dan garpu kecil. Untuk pudding beserta vla, caranya sama seperti menyantap sup. Untuk buah, gunakan garpu kecil. Untuk teh atau kopi, langsung diminum dengan cara angkat cangkir mendekati mulut, dan sendok di tatakannya. Sendok hanya digunakan untuk mengaduk.