Skip to main content

Cara Berenang Tanpa Kacamata Yang Mudah Dan Aman

Cara Berenang Tanpa Kacamata Yang Mudah Dan Aman

Anda suka berenang, tetapi masih ketergantungan dengan kacamata renang? Nah, jika ingin menjadi perenang yang handal, maka Anda harus mulai mencoba melepas kacamata. Dalam hal ini tentu saja Anda perlu mempelajari pula cara berenang tanpa kacamata renang dengan cepat dan runtut sehingga tidak ada yang tertinggal.


Cara Berenang Tanpa Kacamata Yang Mudah Dan Aman



Dalam berenang tanpa kacamata renang, sebenarnya aman-aman saja asalkan metode latihannya tepat. Namun, jika tidak bertahap dengan baik, maka  mata Anda bisa jadi kaget dan mengganggu penglihatan hingga beberapa saat. Sedangkan ulasan lebih lanjut mengenai cara yang mudah dan aman ada di bawah ini.

Melatih Berada Di Air Tanpa Kacamata Renang

Untuk metode pertama, tentu saja Anda masih memerlukan latihan dan adaptasi dasar. Di sini Anda bisa mencoba berenang dengan mata tertutup terlebih dahulu. Namun, untuk latihan ada urutannya juga sebagaimana dalam daftar berikut ini.


1. Perhatikan sekeliling

Sebelum mulai berenang tanpa kacamata, dalam latihan maka Anda akan berlatih dengan mata tertutup. Oleh karena itu sangat penting mengetahui bagaimana kondisi sekitar. Jadi, amati terlebih dahulu ada apa saja di dalam kolam dan bagaimana bentuk serta ukuran kolam tenpat Anda berenang.


2. Tutup mata sebelum masuk ke air dan tahan nafas

Jika sudah mengenal keadaan sekitar, silahkan mulai dengan masuk ke dalam air, namun jangan masukkan kepala Anda terlebih dahulu. Di sini Anda perlu pemanasan dengan menahan nafas dan menutup mata selagi masih di luar.


3. Mencoba berenang dengan arah yang lurus

Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam air dan mencoba untuk berenang dengan mata yang masih terpejam sebagaimana langkah sebelumnya. Nah, karena Anda tidak bisa melihat sekitar, maka cobalah untuk berenang dengan arah yang lurus sehingga dan tepat.


4. Pastikan bahwa tangan dan kaki Anda bergerak

Karena mata tertutup, mungkin Anda akan fokus pada insting mengenai arah saja. Namun, namanya juga masih dalam  kondisi berenang, pastikan bahwa kaki dan tangan Anda bergerak. Dengan begitu, maka Anda bisa sekaligus memastikan bahwa dengan kondisi penglihatan yang tidak seperti biasanya, tetap bisa berjalan di dalam air.


Baca Juga : 3 Cara Berenang Gaya Dada Dengan Benar Dan Teknik Yang Perlu Di Pelajari


5. Naik ke atas kembali dan perbaiki kondisi diri

Jika sudah merasa lelah dan tidak fokus, dalam latihan cara berenang tanpa kacamata renang, silahkan Anda naik kembali ke permukaan. Di sini Anda bisa memperbaiki kondisi diri sendiri sehingga bisa melanjutkan latihan. Pastikan dahulu bahwa penglihatan Anda baik-baik saja dan nafas Anda sudah teratur.


6. Berenang mengikuti orang yang memakai kacamata renang

Untuk mendukung latihan Anda berada di dalam air  dengan mata terpejam, maka Anda bisa berlatih bersama teman. Jadi, di sini Anda bisa mengikuti orang yang menggunakan kacamata renang. Posisinya adalah dengan berada tepat di belakangnya sekaligus memegang kakinya.

7. Tetap tenang selama di dalam air
Meski Anda tidak menggunakan kacamata, jangan panik dan pastikan bahwa mental serta fikiran Anda tetap dalam kondisi tenang. Hal ini akan mendukung latihan Anda menjadi semakin baik dan semakin mudah. Jika Anda tidak tenang, maka tingkat fokus Anda pun akan berkurang.


Berenang Tanpa Kacamata Renang Di Air Secara Alami

Setelah Anda mencoba berenang tanpa kacamata dengan keadaan tertutup matanya, kini saatnya mencoba berenang dengan mata terbuka. Dalam hal ini silahkan untuk berenang di air alami yang memang aman dan tidak mengandung zat tertentu. Hal ini akan cocok di lakukan bagi yang masih latihan dan belum terbiasa. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.


1. Pastikan terlebih dahulu keamanan air kolam

Untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan Anda, sebelum mempelajari cara berenang tanpa kacamata renang dengan mata terbuka, keamanan kolam harus di pastikan terlebih dahulu. Jangan sampai kolam mengandung zat-zat berbahaya yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur, atau bahkan mata menjadi sakit. Dan ini akan lebih baik jika kolamnya adalah kolam Anda sendiri.


2. Uji air renang dengan masuk kedalamnya

Setelah mengetahui bahwa keadaan kolam dalam kondisi aman, jangan lupa melakukan uji coba terlebih dahulu. Caranya sangat mudah dan simpel untuk Anda terapkan. Inipun juga sangat aman sehingga tidak perlu khawatir. Anda tinggal masuk saja dalam kolam dan membuka mata sejenak. Nah, jika penglihatan tetap dalam kondisi yang baik, artinya air dalam kolam memang aman.


3. Lanjutkan untuk mulai berenang dengan mata terbuka

Nah, setelah mengetahui bahwa air kolam memang aman, kini saatnya untuk mulai berenang dalam kolam tersebut. Namun, pastikan bahwa mata Anda terbuka. Mungkin awalnya memang cukup berat. Meski demikian, jika tidak di coba, maka Anda juga tidak akan terlatih kedepannya.


4. Teruskan untuk tetap biaskan mata Anda

Jika Anda mungkin merasakan mata mengganjal dengan air atau sejenisnya, maka jangan khawatir karena untuk pemula ini adalah hal biasa. Jadi, tetap biaskan mata Anda hingga merasa terbiasa. Lama-kelamaan, kondisi mata akan membaik setelah mampu beradaptasi secara baik dengan air.


5. Setelah keluar, pastikan membilas mata dengan air bersih

Nah, jika sudah merasa cukup dengan latihan buka tutup mata di dalam air, Anda bisa keluar dari kolam. Namun, jangan lupa satu hal, setelah keluar, pastikan bahwa Anda membilas mata dengan air bersih. Hal ini aka membantu penglihatan Anda sehingga lebih aman lagi. Selain itu, jika ada rasa pedih, bisa di hilangkan juga dengan pembilasan tersebut.