Skip to main content

Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien Untuk Semua Orang

Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien, kira kira apa yang muncul di pikiran anda ketika mendengar kata belajar ? menjenuhkan ? membosankan ? ataupun anda berfikir bahwa belajar adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan ? dari pada saya banyak basa basi mendingan kita langsung saja ke artikel Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien yang ada di bawah ini !!!

Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien Untuk Semua Orang


Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien Untuk Semua Orang



Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi para pelajar dan tujuan belajar itu sendiri adalah agar anda menjadi pintar dan cerdas dalam memahami materi pelajaran di sekolah. Selain itu, dengan belajar anda dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan wawasan. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan cara belajar dengan baik agar hasilnya optimal.

Belajar merupakan sebuah proses yang harus dilakukan secara bertahap. Mengapa? Hal ini dikarenakan kemampuan daya serap seseorang tidak dapat langsung sekali paham dengan sistem kebut semalam dan juga tidak semua orang dapat menyerap pelajaran dengan cepat. Namun, cara belajar yang berkualitas  dan efektif dilakukan secara perlahan dan diulang – ulang agar memori tentang materi yang dipelajari tidak mudah hilang ataupun lenyap.


Tips Belajar dengan Baik


Berikut ini adalah beberapa tips cara belajar dengan baik:


-         Dimulai dengan berdoa

Anda dianjurkan untuk memulai berbagai aktifitas termasuk salah satunya adalah belajar dengan doa. Harapannya adalah anda akan diberi kemudahan saat mempelajari materi sehingga hasil belajar kamu maksimal. Anda juga harus berserah diri kepada Allah.


-         Memilih Tempat Belajar

Tempat belajar dapat berpengaruh terhadap hasil belajar anda. Hal ini dikarenakan saat belajar tentu anda membutuhkan tempat yang nyaman, sepi dan tidak terlalu ramai. Misalnya di teras rumah atau di lantai dan di perpustakaan.



Menciptakan suasana belajar yang kondusif

Suasana belajar yang mendukung dapat menjadikan anda betah belajar lama. Anda pun dapat belajar dengan hati yang senang.
  

Belajar Kelompok

Belajar kelompok ternyata telah banyak yang membuktikan lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Hal ini dikarenakan dengan belajar bersama anda dapat saling bertukar pikiran, berbagi ilmu dan lain – lain. Selain itu, anda juga dapat sembari bermain sehingga belajar anda akan lebih menyenangkan dan ilmu yang dipelajari lebih mudah dipahami,


Membuat Ringkasan Materi

Ringkasan materi dapat membantu anda untuk mempermudah memahami setiap bab pelajaran. Selain itu, dapat mempermudah kamu saat belajar menghadapi ujian.
  

Disiplin dan Tekun dalam Belajar

Anda harus belajar dengan rutin agar anda dapat menguasai materi yang anda pelajari. Luangkanlah minimal satu jam per hari untuk belajar agar anda selalu siap jika sewaktu – waktu diadakan ulangan.

  
Bertanya Jika belum Paham

Anda harus berani bertanya mana kala anda tidak paham terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Guru anda pasti akan dengan senang hati membantu.

  
Harus Bersikap Jujur

Saat anda mengikuti ulangan maka anda disarankan untuk percaya pada kemampuan diri sendiri agar anda dapat mengetahui seberapa paham anda terhadap materi yang telah anda pelajari. Jika hasilnya kurang memuaskan maka anda dapat memperbaiki untuk belajar lebih giat lagi.


Latihan Soal

Mengerjakan soal adalah salah satu cara belajar yang efektif karena anda dapat mengaplikasikan materi yang telah dipelajari. Selain itu, anda dapat mengukur sejauh mana anda memahami materi yang anda pelajari serta dapat dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas belajar anda. 


Belajar dari Internet

Selain anda dapat memanfaatkan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan maka anda dapat memanfaatkan internet sebagai sarana mengakses materi pelajaran.

  
Pembimbing

Pembimbing dapat membantu anda memahami materi yang tidak anda pahami. Anda dapat melakukan belajar kelompok dengan teman yang pintar sehingga teman anda dapat menjadi pembimbing saat ada kendala.


Musik

Anda dapat belajar sambil mendengarkan musik klasik dan musik yang lembut sehingga anda tidak tegang. Namun, anda tidak direkomendasikan untuk memutar musik rock karena akan mengganggu konsentrasi anda.


Konsentrasi

Saat belajar anda disarankan untuk fokus dan konsentrasi sehingga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dan berguna. Anda perhatikan poin – poin penting dalam materi yang anda pelajari lalu catat poin penting di dalamnya.

  
Refreshing

Anda juga dianjurkan melakukan refreshing agar anda tidak jenuh dan bosan dalam belajar. Dengan refreshing anda dapat merilekskan otak dan tubuh anda sehingga saat belajar anda akan lebih siap baik secara mental maupun secara fisik.


 Mengakhiri Belajar dengan Berdoa

Anda dianjurkan untuk mengakhiri belajar dengan doa agar Allah dapat membantu anda memahami pelajaran yang telah anda pelajari.


Yakin

Anda harus yakin pada kemampuan diri sendiri agar dapat memahami setiap materi yang anda pelajari. Selain itu, anda juga harus yakin untuk mengerjakan ulangan atau ujian nasional. Anda tidak direkomendasikan untuk bekerja sama saat ulangan.





Tips Meningkatkan Konsentrasi Saat Belajar




Berikut ini adalah beberapa cara belajar dengan baik untuk meningkatkan konsentrasi anda:



Membiasakan banyak minum air putih

Air putih dapat membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi anda saat belajar.



Membiasakan makan dengan baik

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi agar membantu anda tetap fokus saat belajar. Anda dapat mengkonsumsi makanan berserat, karbohidrat seperti roti gandum.



Memperlancar sistem peredaran darah

Apabila aliran darah ke otak lancar maka anda dapat dengan mudah menghafal dan meningkatkan kualitas belajar anda.



Istirahat yang cukup

Anda juga disarankan untuk tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam per hari. Anda disarankan untuk tidur berkualitas sehingga saat bangun tubuh anda fit kembali dan siap untuk beraktifitas. Hal ini dikarenakan proses belajar akan terganggu saat anda masih mengantuk. Anda tidak dapat fokus dan berkonsentrasi sehingga hasilnya kurang optimal.



Belajar sesuai dengan jadwal

Anda dianjurkan untuk belajar sesuai dengan jadwal dan dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan demikian anda lebih siap jika sewaktu – waktu ada ulangan anda akan lebih siap. Belajar setiap hari dan belajar materi yang diulang – ulang dapat membuat anda paham dan memorinya tidak mudah hilang.



Anda tidak dianjurkan untuk begadang. Hal ini dikarenakan belajar itu membutuhkan proses dan tidak instan.


Penutup


Demikianlah artikel tentang Cara Belajar Yang Baik, Efektif dan Efisien, semoga dengan adanya artikel ini, teman teman semua dapat terbantu dalam belajar dan juga memahami pelajaran dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anak anak ataupun orang dewasa yang ingin meningkatkan cara belajarnya, terima kasih telah berkunjung dan silahkan memperaktekkan !!