Cara Autodidak Bermain Piano Dengan Benar

Cara Autodidak Bermain Piano Dengan Benar

Cara Autodidak Bermain Piano

Piano merupakan salah satu alat musik yang memiliki ciri khas dan tergolong unik. Bermain piano adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Meskipun mungkin anda kurang bisa bermain piano. Banyak orang yang bisa bermain piano dengan baik, namun harus melalui kursus. Namun ada juga yang memiliki bakat bermain piano. Bagaimana cara autodidak bermain piano sampai bisa bermain dengan bagus tanpa les dengan biaya yang mahal.

Jika anda mau belaja sendiri bermain piano, anda akan menguasainya dengan cepat dan tepat. Anda hanya perlu berbekal pengetahuan nada, akor, dan waktu latihan yang cukup. Jika anda berani nekad dengan keyakinan penuh dan tekad yang mantap anda akan mampu bermain piano tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.


Cara Autodidak Bermain Piano Dengan Benar



Cara autodidak bermain piano memang bukan hal yang mudah, namun jika anda yakin dan tekun berlatih anda pasti bisa bermain piano dengan baik tanpa bimbingan kursus. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan jika anda ingin bisa bermain piano secara otodidak.


3 Cara Belajar Bermain Piano Secara Autodidak 


1. Anda Harus Mampu Memaksimalkan Fungsi Telinga

Untuk bisa bermain piano meskipun secara autodidak, anda juga harus memiliki piano di rumah sendiri. Jika anda tidak memiliki piano atau keyboard sendiri, anda bisa meminjamnya kepada teman anda atau menggunakan cara lain. Asalkan anda bisa berlatih keyboard setiap hari tanpa keluar biaya banyak.

Namun, anda akan lebih mudah jika belajar menggunakan piano secara langsung, dari pada harus menggunakan keyboard. Karena piano memiliki tuts sebanyak 88 tombol, sementara tuts dari keyboard kurang dari 88 tuts. Harga piano juga jauh lebih mahal dari pada keyboard. Karena piano dapat dijadikan piano minimalis yang bisa anda bawa ke manapun anda membutuhkan.

Anda juga harus mengetahui mana piano model baru dan mana model piano antik. Jika menggunakan alat kuno anda bisa sekaligus berlatih kepekaan telinga untuk menilai nada yang benar.

Setelah anda mendapatkan piano atau kiboard yang cocok, anda harus membiasakan diri untuk berada di depan alat musik tersebut. Belajarlah untuk mengidentifikasi jenis – jenis nada yang anda dengar atau yang anda mainkan. Bedakan ciri khas antar nada, dengarkan dan ingat dengan baik serta perhatikan perbedaannya jika anda bersama teman anda yang sudah paham note.

Anda juga wajib mengetahui ilmu nota balok terlebih dahulu, setelah anda paham notes balok anda bisa membeli buku lagu dengan angka bukan huruf. Dalam percobaan ini cukup sulit karena jika belum memiliki kemampuan di bidang ini anda harus mengalami berbagai metode memainkan nada piano.


Baca juga : Bagaimanakah Cara bermain Bowling?


2. Pelajari Ilmu Dasar Piano 

Cara autodidak bermain piano yang kedua adalah dengan menggunakan metode ilmu dasar bermain piano. Piano memiliki tuts natural yang berjumlah 88 tuts, dari tuts tersebut akan menghasilkan nada alami jika di tekan. Anda juga harus memiliki buku petunjuk bermain piano, buku ini yang nantinya akan berperan sebagai guru anda.

Anda juga bisa belajar menggunakan media lain yaitu media elektronik, seperti DVD, video youtube atau video –video lain yang bisa membantu andabelajar secara visual. Cara yang satu ini sangat berpengaruh karena dengan melihat dan mendengarkan video, anda bisa melihat secara langsung bagaimana musik dimainkan dengan benar.

Anda juga harus mengenali nada yang ada pada tuts piano, mempelajari lokasi nada dan suara yang dihasilkan dari piano. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa membuat kartu contekan
untuk mengenali nada dan paranada. Membeli buku panduan piano atau membeli stiker untuk ditempel pada tuts piano akan sangat membantu anda.

Setelah anda tahu nada dan paranada, pelajari letak jari anda dan hafalkan. Kemudian cobalah untuk memainkan tangga nada dengan mencoba memainkan lagu – lagu yang mudah. Jangan berhenti berlatih sebelum anda bisa memainkan lagu – lagu dasar dengan lancar.


3. Minta Bantuan Teman Jika Mengalami Kesusahan 

Cara Autodidak Bermain Piano yang terakhir adalah dengan minta bantuan kepada ahlinya, dalam hal ini bukan berarti meminta bantuan untuk diajarkan privat bermain piano. Namun, meminta bantuan ketika anda mengalami kesusahan dalam membaca nada atau mengenali nada dan paranada.

Atau jika malu bertanya kepada teman anda bisa menggunakan jasa guru les piano, namun anda harus menentukan jadwal. Karena tujuan anda belajar secara autodidak. Anda hanya perlu membuat jadwal dalam satu bulan satu kali pertemuan misalnya. Pertemuan dengan guru piano hanya untuk melakukan konfirmasi bahwa yang anda pelajari benar.

Meskipun anda sudah bisa bermain nada dengan tempo yang benar, anda jangan pernah berhenti berlatih. Karena mereka yang bisa bermain piano secara baik menggunakan guru les, biasanya berlatih 3 – 5 kali dalam satu minggu. Sehingga anda juga harus berlatih lebih giat untuk mendapatkan hasil yang setara dengan mereka.

Beberapa cara yang bisa anda gunakan supaya bisa bermain dengan baik secara autodidak adalah sebagai berikut. Cobalah untuk bermain piano tanpa menekan pedal, sehingga anda bisa mendengar suara yang dihasilkan dengan lebih jelas. Akan lebih baik lagi, jika anda juga bisa memainkan alat musik lain sehingga anda bisa memainkan dalam piano dengan benar.

Mainkan melodi piano dengan menggunakan tangan kanan, tahan semua godaan yang mengharuskan anda bermain dengan kedua tangan. Karena hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus di hilangkan. Kemudian manfaatkan buku – buku dan media sosial yang ada sebaik mungkin untuk belajar piano.