Skip to main content

Cara Agar Tetap Sejuk Di Cuaca Panas Yang Menyengat

Cara Agar Tetap Sejuk Di Cuaca Panas Yang Menyengat

Cara Agar Tetap Sejuk Di Cuaca Panas Yang Menyengat - Di Indonesia, terlebih lagi musim kemarau seperti saat ini cuaca  di luar ruangan sangat panas. Anda mungkin kebingungan bagaimana cara agar tetap sejuk di cuaca panas. Karena jika anda merasa terlalu panas, tubuh anda akan memproduksi keringat yang berlebihan sehingga anda akan mengalami dehidrasi. Selain dehidrasi anda juga bisa mengalami  masalah kesehatan lainnya seperti stres, kejang karena panas, ke capekan atau penyakit karena cuaca yang lainnya. Sehingga anda harus selalu menjaga suhu tubuh anda tetap terasa sejuk sehingga pembuluh darah anda tidak mengalami dilatasi dan darah tetap beredar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu anda juga bisa menenangkan suasana hati anda, karena biasanya jika suasana tubuh panas akan menular kepada suasana hati sehingga memicu terjadinya penyakit akibat perubahan suhu tubuh dan suhu lingkungan. Maka dari itu saya membuat artikel tentang cara agar tetap sejuk di cuaca panas yang menyengat untuk semua orang dan berikut ini adalah beberapa cara agar tetap sejuk di cuaca panas yang menyengat, cara yang mungkin bisa anda terapkan pada diri anda maupun lingkungan anda.


Cara Agar Tetap Sejuk Di Cuaca Panas Yang Menyengat




1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan tubuh adalah salah satu hal yang penting yang harus anda penuhi untuk menjaga supaya kondisi tubuh anda tetap sejuk. Bahkan anda diharuskan untuk tetap meminum air putih meskipun dalam kondisi tidak haus. Atau jika anda tidak terlalu suka dengan air putih, anda bisa juga mengkonsumsi minuman komersial seperti vitamin water atau minuman untuk olahraga.

Namun, sebenarnya semua jenis minuman komersial tidak harus anda konsumsi secara rutin kecuali jika anda ingin mengembalikan vitamin dan elektrolit yang sudah hilang dari tubuh anda setelah anda melakukan aktivitas yang padat atau setelah olahraga.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memeriksa kadar cairan dalam tubuh anda. Yang pertama adalah dengan melihat warna urine atau air kencing, jika warnanya lebih gelap dari pada warna kuning jerami atau lebih keemasan hal tersebut menandakan bahwa anda sedang dalam kondisi dehidrasi dan membutuhkan banyak cairan.

Untuk mengatasi dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, anda harus menghindari minuman yang mengandung banyak gula atau minuman bersoda. Karena minuman tersebut akan mengurangi kemampuan tubuh anda dalam menyimpan cairan. Anda juga harus menghindari minuman beralkohol, kopi, dan minuman lain yang mengandung kafeina. Karena merupakan zat diuretik alami bagi tubuh.


2. Minumlah Meskipun Tidak Haus

Cara agar tetap sejuk di cuaca panas selanjutnya adalah dengan minum air putih sebelum melakukan aktivitas. Jika anda tidak minum air putih terlalu lama, anda bisa saja terkena heat stres atau tiba – tiba kejang karena suhu tubuh tiba – tiba meningkat. Tanamkan dalam diri anda, untuk selalu minum air putih sebelum memulai aktivitas berat, meskipun tidak haus.

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk selalu ingat minum. Pertama adalah anda harus mempunyai tempat minum yang unik, lucu dan kuat. Sehingga bisa digunakan untuk isi ulang dan bisa di bawa ke mana – mana. Bekukan air minum dalam botol sebelum pergi, kemudian bawa air dalam kondisi beku.

Baca Juga : Bagaimana Cara Bermain Anggar?

Cuaca yang panas akan mencairkan air beku anda, dan tetap sejuk ketika anda minum. Balutlah botol dengan handuk supaya ketika cair tidak membasahi yang lainnya. Jika anda benar – benar orang yang tidak suka minum, anda mungkin perlu memasang alarm pengingat untuk minum.


3. Pilihlah Makanan Yang Dapat Menyejukkan Tubuh

Jika anda adalah orang yang tidak suka minum, anda harus mengatasinya menjadi melalui makanan. Anda bisa memilih makanan yang bisa membuat anda tetap sejuk, diantaranya adalah selada, makanan mentah segar, sayuran dan buah – buahan.  Anda juga bisa menggunakan mentimun untuk menyegarkan tubuh, karena sayuran jenis ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat anda tetap merasa sejuk.

Anda juga harus menghindari daging dan makanan yang memiliki kandungan protein pada saat musim panas. Karena kedua jenis makanan ini menyebabkan produksi panas dari metabolisme tubuh, sehingga cairan tubuh akan berkurang.

Ada juga metode lain yang bisa anda coba, meskipun metode ini terlihat tidak masuk akal. Mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas terutama jika pedasnya karena cabai dapat menyebabkan rasa sejuk pada tubuh. Selain itu makanlah dengan porsi yang kecil atau dengan porsi yang tepat sesuai kebutuhan tubuh.


4. Jangan memasak di siang hari dengan api yang berlebihan 

Jika anda ingin memasak di siang hari, gunakanlah microwave atau jika tetap menggunakan kompor gunakanlah dengan api kecil. Sehingga suasana ruangan atau dapur tetap sejuk. Makan atau minum dengan minuman dingin sangat membantu anda untuk mengatasi masalah dehidrasi. Anda juga bisa membuat es loli, slushies, buah – buahan, yoghurt atau yang lainnya.


5. Letakkan tanaman di depan rumah atau di jendela rumah anda

Menjaga tubuh tetap sejuk selain dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh anda juga bisa menjaganya melalui lingkungan. Cara agar tetap sejuk di cuaca panas yang satu ini berfungsi untuk membuat lingkungan sekitar anda sejuk sehingga tubuh anda juga tetap sejuk.

Letakkan tanaman hias dalam pot kecil di depan jendela atau depan rumah anda, sehingga saat anda membuka jendela tanaman tersebut akan menyaring udara yang masuk ke ruangan dari panas cahaya matahari secara langsung menjadi udara yang sejuk. Karena tanaman akan melepaskan O2 melalui proses respirasi, sehingga ruangan akan semakin sejuk dan segar. Terlebih lagi jika tanaman anda dalam kondisi segar selesai di siram, suasana rumah akan semakin sejuk.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara agar tetap sejuk di cuaca panas yang menyengat, semoga dengan adanya artikel ini teman teman semua dapat belajar bagaimana cara agar tetap sejuk dan selamat belajar.