Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula - Bowling merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai oleh anak muda. Tujuan permainan ini adalah strike, maksudnya semua pin bisa dijatuhkan dalam sekali lempar bola. untuk para pemula sebaiknya baca dulu artikel cara bermain bowling dengan baik dan benar untuk pemula ini agar memahami cara bermainnya, berikut ini cara bermain bowling dengan baik dan benar untuk pemula, silahkan di baca di bawah ini


Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula


Bermain bowling tentu ada step – step dan tekniknya tersendiri. Jika Anda seorang pemula, maka sebaiknya Anda banyak – banyak mempelajari cara bermain bowling dengan benar.


Teknik Dasar Bowling

Dengan menguasai teknik, cara bermain bowling Anda akan berangsur – angsur membaik. Simaklah penjelasan teknik dasar berikut ini!


1. Mengetahui Dasar – Dasar Permainan

Panjang garis bowling diukur secara lurus adalah 18, 288 meter, jarak ini diukur dari jarak pemain mulai meluncurkan bola hingga tempat berdirinya pin paling depan. Di bagian samping jalur terdapat pembatas, jika bola melenceng maka akan jatuh menggelinding ke pembatas yang berbentuk seperti parit. Jika bola keluar jalur namun pin bisa terjatuh, maka itu tidak masuk ke dalam hitungan poin. Anda dinyatakan kalah.


2. Mengetahui Apa Itu Pin Bowling

Pin bowling berwarna putih dan berbentuk seperti botol namun memiliki ujung setengah oval. Terdapat sepuluh pin bowling yang ditata dengan membentuk segitiga sama kaki dengan ujung sudut menghadap kepada pemain. Kepala segitiga tersebut terdiri dari satu pin yang diletakkan di bagian paling depan. Diikuti 2 pin di belakangnya, lalu terdapat 3 pin dibelakangnya lagi, dan barisan pin terakhir terdapat 4 buah pin.


3. Mencari Arena Permainan Bowling

Arena bowling sering pula disebut dengan gelanggang bowling. Sebaiknya saat datang, usahakan bersama grup main Anda sendiri. Jika ingin berkompetisi namun tidak memiliki lawan, Anda bisa menanyakan kepada petugas arena apakah ada kelompok bermain bowling yang sedang bermain dan bisa Anda ikuti.


4. Sepatu

Dalam bermain bowling pakailah sepatu standar permainan ini. Jangan memakai sandal, apalagi untuk wanita disarankan untuk mengganti high heels mereka. Di gelanggang bowling biasanya juga menyediakan persewaan sepatu bowling. Tanyakanlah terlebih dahulu kepada petugas atau staff yang berjaga.

Baca Juga : Mempelajari Cara Bermain Bola Basket


5. Kenali Bola Bowling
Bola bowling tidak hanya terdiri dari satu ukuran. Beratnya macam – macam, mulai dari 5 kg sampai dengan 7 kg untuk digunakan oleh wanita dewasa. Untuk bola yang memiliki berat 7 kg sampai dengan 8 kg biasanya diperuntukan untuk pria dewasa.


6. Teknik Memegang Bola

Jika sudah menentukan bola mana yang pas untuk Anda gunakan, Anda bisa berlatih untuk memegangnya. Angkat bola perlahan – lahan. Biasakan diri Anda untuk memegangnya hingga tangan Anda merasa familiar dengan besar dan berat bola. Setelah itu posisikan dengan benar telapak tangan Anda. Jempol harus berada di dalam lubang bawah. Lalu empat jari lain menopang pada sisi lainnya.


7. Garis Pelanggaran

Setelah memastikan bahwa cara memegang bola Anda benar maka mulailah dengan mengambil posisi dengan menegakkan punggung. Pastikan target yang ingin Anda capai sambil mengangkat bola sebahu. Buatlah kira – kira jarak dan seberapa besar kekuatan dorongan yang nanti akan Anda berikan.

Untuk bagian kaki, buatlah seperti membuat kuda – kuda namun sedikit lebih lurus. Posisikan badan sedikit membungkuk. Pusatkan titik berat pada tangan Anda. Jika ingin meluncurkan bola dengan tangan kanan maka kaki kananlah yang nanti menyilang memberi dorongan. Sebaliknya, apabila Anda kidal maka nantinya kaki kirilah yang menyilang ke belakang dan memberikan dorongan.


8. Teknik Menargetkan

Untuk Anda para pemula, sebaiknya Anda berusaha untuk membuat garis lurus saat nanti melemparkan bola. Fokuslah pada jalur yang nanti Anda pergunakan sebagai lintasan bola yang Anda pegang. Anda tidak harus menargetkan semua pin jatuh terlebih dahulu, targetkan pada titik fokus yang Anda sudah tentukan. Misalnya titik fokusnya adalah pin barisan paling depan.


9. Meluncurkan Bola

Inilah saat – saat yang paling menentukan. Tubuh Anda harus stabil jangan sampai ikut terbawa ke arah luncuran bola. Sebelum mengayunkan bola pastikan lengan Anda sudah dalam posisi tenaga penuh. Lepaskanlah bola dengan benar. Terlebih dahulu keluarkan jempol dari lubang, baru diikuti oleh pelepasan oleh empat jari yang menopangnya.


10. Tangan Kering

Pastikan telapak tangan selalu dalam keadaan kering sehingga bola tidak mudah lepas. Siapkan tisu dari rumah bila perlu.


Langkah Bermain Bowling


1. Pemilihan Bola

Sebelum melakukan giliran Anda untuk bermain, pilihlah bola yang nyaman untuk dipegang. Cobalah dengan memasukkan jari dalam lubang bola, carilah yang pas dengan tangan Anda. Masukkanlah jempol dan buka telapak tangan selebar mungkin. Coba untuk diayunkan dua atau tiga kali. Jika Anda merasa bola mantap saat dipegang dan maka pilihlah.


2. Mengincar Pin 

Tujuan utama dari permainan ini adalah strike, untuk itu mengincar semua pin dalam satu kali tembakan adalah penting. Apabila Anda ingin melempar bola dengan tangan kanan maka bawalah bola menuju ke sisi belakang Anda, dan posisikan tangan kiri di samping badan untuk menyeimbangkan badan. Jangan lupa ambil ancang – ancang sebelum melemparkan bola.
Jika Anda orang kidal (menggunakan tangan kiri) posisikan tangan kiri Anda yang sudah memegang bola dari arah belakang. Sementara tangan kanan berada di samping kanan untuk menstabilkan. Sebelum melempar hendaknya mundur paling tidak empat langkah sebagai ancang – ancang sebelum bola diluncurkan.


3. Strike

Agar Anda bisa strike maka jatuhkanlah semua pin dengan cara ayunkan bola ke depan sambil melangkah cepat. Saat bola sudah melewati kaki Anda maka putar sehingga ibu jari berubah arah. Sambil sedikit memiringkan badan dan menyerongkan salah satu kaki ke belakang sebagai tambahan dorongan kekuatan. Arahkan bola ke bagian pin paling tengah depan. Kemudian semua pin akan terjatuh dan strike.


Demikianlah artikel yang membahas mengenai Cara bermain Bowling Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula semoga dengan adanya artikel ini semua teman teman dapat memahami cara bermain bowling.