Cara Melakukan Gerakan Kip Up (kick up) Dengan Benar

Cara Melakukan Gerakan Kip Up (kick up) Dengan Benar

Bagaimana cara melakukan gerakan Kip up (Kick up)


Pernahkah anda mendengar gerakan Kip up? Bagaimana cara melakukan gerakan Kip up (Kick up)? Bagi anda yang seorang pecinta beladiri pasti tidak asing lagi ya dengan istilah tersebut.


Cara Melakukan Gerakan Kip Up (kick up) Dengan Benar



Gerakan Kip up atau kick up terkadang sering dipopulerkan dalam film dengan genre action, salah satunya ditampilkan oleh aktor yang bernama Jackie Chan. Dengan ciri khas gerakan segera berdiri setelah berbaring terlentang.

Cara melakukan gerakan Kip up (Kick up) dengan terlentang

Bila dilihat dengan seksama sepertinya gampang yah meniru aktor Jackie chan tersebut, namun anda perlu sedikit latihan biar dapat menguasai cara melakukan gerakan kip up (kick up) dengan baik.

1. Berbaring

Ambillah posisi berbaring dengan menggunakan punggung anda sebagai tumpuan pada dasar lantai. Usahakan posisi lurus dan terlentang.

2. Menarik kaki

Kemudian dilanjutkan dengan posisi kaki yang ditekuk pada bagian lututnya, atau jika anda memiliki badan dengan tipikal lentur biarkanlah tetap lurus.

3. Letakkan tangan

Gerakan selanjutnya adalah letakkan tangan pada lantai. Usahakan posisi tangan tepat dengan sebelah telinga anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga posisi jari tangan anda tetap mengarah pada bagian atas kedua bahu anda.

4. Berguling

Bergulinglah ke bagian belakang anda agar seluruh berat badan anda akan disangga oleh kedua bahu anda. Usahakan tulang belakang berada pada posisi di bawah bahu dan punggung berada di udara.

5. Tendangkan kaki

Selanjutnya lakukan gerakan tendangkan kedua kaki ke udara dengan posisi ke atas dan sekeras-kerasnya. Pada gerakan ini posisi tubuh anda akan seperti terbang ke udara karena ini sebagai hasil dari tendangan kedua kaki anda.

Baca Juga : 14 Cara melakukan hard reset pada Iphone

6. Tekan tangan

Tekan kedua tangan anda dengan kuat, setelah posisi anda bergerak ke atas. Posisi tangan dan kaki disini sebagai tumpuan badan anda maka sebaiknya anda menekannya dengan kuat agar badan bisa bergerak ke atas. Gerakan ini terlihat seperti posisi push up terbalik.

Pada posisi ini cobalah untuk membuat gerakan yang seeksplosif. Kemudian bila anda tidak kuat dalam menumpu berat anda. Anda tidak bisa kembali pada posisi awal jadi anda mempunyai dua pilihan yaitu menyelesaikan kick up atau terjatuh dengan bagian punggung anda terlebih dahulu. Jadi, berusahalah dengan baik.

7. Mendarat 

Posisi mendarat yang baik adalah dalam posisi berjongkok. Ketika anda tidak merasakan berat badan anda tepat sebelum posisi anda jatuh ke bawah. Maka anda perlu menarik kaki anda ke bawah secepat mungkin.

Ambil posisi mendarat dengan keras dan ketika posisi ini tubuh anda akan melayang ke atas (dengan jari-jari kaki mendarat terlebih dahulu). Setelahnya, anda akan bisa mengambil posisi berdiri lagi.

Cara melakukan gerakan Kip up (Kick up) dengan tengkurap

Bila anda merasa kesulitan dalam cara melakukan gerakan kip up (kick up) dengan posisi terlentang, anda bisa mencoba alternative lain dengan tengkurap.

1. Berbaring

Ambil posisi berbaring pada lantai dengan posisi berbaring menghadap lantai.

2. Tekuklah kedua kaki 

Setelahnya tekuklah kedua kaki pada bagian lutut dan arahkan kaki tersebut ke bagian atas.  Yang perlu perhatikan ketika mempraktekkan posisi ini adalah posisi kedua tumit harus menyentuh pada bagian belakang paha anda.

3. Letakanlah kedua tangan

Letakanlah kedua tangan anda pada lantai, dengan posisi tepat di sebelah telinga anda. Posisi tangan usahakan dalam bentuk kepalan atau bisa juga menggunakan telapaknya sebagai tumpuan. Ambil yang menurut anda paling efekrtif.

4. Tendanglah kedua kaki

Selanjutnya tendanglah ke bagian belakang dengan menggunakan kaki-kaki anda, bersamaan dengan menekan tubuh ke bagian atas dengan kedua tangan. Posisi lengan sebaiknya seperti gerakan melakukan push up, sembari mengayunkan kedua kaki anda ke belakang dengan sekeras mungkin.

Selain itu, anda bisa juga memberikan dorongan ke atas dengan menggunakan kedua tangan anda. Juga anda bisa melakukan gerakan melompat hingga diakhiri dalam posisi berjongkok.

Tips tambahan

Bila anda terus saja terjatuh ketika mempraktekan gerakan kip up, itu berarti tendangan anda perlu ditingkatkan lagi, atau menunggunya hingga anda tidak merasakan beban pada tubuh anda.

Sebagian orang bahkan tidak merasa memiliki kekuatan ketika menendang kaki ke atas, jadi mereka malah menurunkan posisi kakinya. Hal ini akan mengakibatkan anda tidak bisa melakukan gerakan kip up. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah dalam keadaan yang tenang dan terkondisikan.

Berlatihlah dengan giat agar anda bisa menguasai gerakan kip up ini. Beberapa orang mungkin ada yang langsung secara otomatis menguasai gerakan ini. Namun justru ada yang sebaliknya membutuhkan waktu yang lama untuk menguasainya. Tapi, jangan pernah merasa putus asa teruslah berlatih sampai anda bisa.

Cara berlatih yang baik dengan melakukan 20-40 kali dengan posisi berguling secara normal, dilanjutkan 3 set bridge dengan masing-masing sepanjang 20 detik. Anda bisa meminta teman anda untuk menjaga anda bila mulai jatuh ke bawah.

Anda bisa mempraktekan gerakan kip up 35 kali dalam sehari atau bisa juga dalam seminggu. Karena dengan practice makes perfect, right?

Ketika dalam posis berguling, sebaiknya jangan menarik kaki anda sejauh mungkin dari kepala anda. Karena akan mengakibatkan anda berguling secara berlebihan dan mencegah posisi meluruskan tubuh dengan benar saat di udara.

Biasanya orang akan terjatuh dengan posisi punggung terlebih dahulu. Hal ini diakibatkan karena anda merasa ragu dalam posisi menendang kaki ke atas. Sebaiknya, ketika dalam posisi berguling ke belakang, anda langsung mengambil posisi ancang-ancang untuk menendang ke atas.

Bila anda tetap terjatuh pada bagian punggung. Ini pasti diakibatkan oleh tangan anda yang digunakan untuk menumpu berat badan anda kurang kuat. Maka, sebaiknya anda perlu melatih otot trisep anda dengan melakukan gerakan ini berkali-kali agar terbiasa.