Bagaimana cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah

Bagaimana cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah

Bagaimana cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah?

Pernahkah anda mendengar istilah Enema dalam kehidupan sehari-hari? Dan bagaimana cara melakukan enema (suntikan urus-urus) di Rumah? Nah, bagi anda yang penasaran, tenang saja nanti akan di jelaskan secara mendetail dalam artikel ini.


Bagaimana cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah



Enema adalah salah satu tindakan memasukkan sebuah cairan ke dalam rectum dan juga kolon melalui lubang anus sebagai perantaranya. Proses ini bertujuan agar dapat mengeluarkan feses dan flatus. Selain itu, manfaat yang anda dapatkan ketika melakukan Enema adalah sebagai terapi alternative pada bidang kesehatan yang berguna merangsang kontraksi prenatal.

Bagaimana kira-kira apakah anda tertarik mencoba melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah?

Cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah

Dengan melakukan Enema anda akan mendapat banyak banyak manfaat selain sebagai terapi alternative, Enema juga memiliki manfaat untuk membersihkan pada bagian dalam usus besar anda. Yang dapat anda praktekkan sendiri di rumah yang tentunya memberikan kemudahan dan aman juga.
Anda menginginkan cara yang sederhana, efektif dan juga cepat untuk membersihkan usus agar terbebas dari sembelit?


1. Siapkan peralatan

Walaupun dalam melakukan enema relative mudah dilakukan, namun tetap saja anda membutuhkan beberapa peralatan yang berguna untuk memudahkan anda dalam melakukan enema. Peralatan yang dimaksud tersebut diantaranya:

a. Siapkan handuk besar yang telah usang

b. Siapkan 1 sendok teh minyak badam organic, minyak zaitun, atau juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk pelumas

c. Siapkan 1 liter air suling

d. Siapkan seperangkat alat enema yang bersih

e. Siapkan juga buku secukupnya


2. Mencari tempat

Kemudian setelah peralatan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mencari tempat dengan kondisi yang hangat dan nyaman, misalnya seperti kamar mandi dengan pencahayaan yang cukup. Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat tas untuk enema atau bisa juga ember yang diletakkan atau digantung sekitar 2 sampai 3 meter dari lantai.

Perlu diperhatikan juga sebaiknya lokasi anda untuk melakukan enema berdekatan dengan kamar mandi. Karena, setelah anda melakukan enema, anda hanya membutuhkan waktu beberapa detik ketika tubuh dikosongkan. Bila anda lokasinya jauh dari kamar mandi. Tentunya anda akan mendapatkan masalah.

3. Merakit peralatan

Langkah selanjutnya adalah merakit eralatan enema berdasarkan petunjuk yang telah tersedia. Peralatan untuk enema terdiri dari:

Tas untuk cairan
Selang
Colokan
Alat Penusuk dubur
Kaitan yang berguna untuk menggantung tas

4. Lipatlah handuk

Lipatlah handuk kemudian letakkanlah pada bagian atas lantai kamar mandi anda. Aturlah posisi senyaman mungkin.

5. Gunakanlah minyak

Selanjutnya gunakanlah minyak yang berfungsi untuk melumasi anus dan ukuran beberapa sentimeter pada ujung penusuk tabung enema.


Baca Juga : 13 Cara Bergabung Ke Yahoo! Group dengan Mudah dan Cepat



6. Pahami enema pembersihan

Enema pembersihan biasanya berguna untuk melakukan proses pengososngan dengan cepat dan mudah. Selain itu, fungsi lain dari enema adalah untuk memicu pengosongan secara cepat dan membantu proses membersihkan usus besar anda.

Dalam enema pembersihan ada jenisnya yang dapat anda lakukan secara mandiri dirumah. Tentunya lebih aman juga. Untuk lebih jelasnya simak saja penjelasan berikut ini:

Menggunakan jus lemon. Jus lemon berguna untuk membersihkan bagaian dalam usus besar dan juga mengatur Hp pada usus besar tersebut. Selain itu juga berfungsi sebagai detoksifikasi sistem.

Menggunakan teh catnip. Yang berguna untuk mengatasi sembelit dan juga menurunkan demam yang tinggi

Menggunakan akar burdock. Yang biasanya digunakan oleh masyarakat di benua Asia, dimana memiliki fungsi menyingkirkan kalsium dan juga membersihkan darah.

Menggunakan teh chamomile. Yang dapat membantu untuk mengalirkan rasa tenang dan efektif

Menggunakan Air dan cuka sari apel. Dimana memiliki manfaat mengatur pH pada bagian dalam usus besar. Selain itu juga berfungsi menyingkirkan lendir pada tubuh anda.

7. Mencampurkan bahan

Selanjutnya, campurkan beberapa suplemen yang telah anda pilih menggunakan air. Dan sebaiknya anda mencairkan larutannya dengan benar. Setelah itu, encerkan larutan enema tersebut, sebaiknya didominasi oleh air yang banyak. Sementara untuk suplemennya hanya berfungsi sebagai bahan pendukung saja bukan bahan yang pokok.

8. Gunakanlah penjepit

Kemudian, gunakanlah penjepit yang berguna mengontrol aliran dan isi tas atau ember menggunakan air suling yang bersih dan tambahan suplemen. Jangan lupa meletakkan bagian ujung penusuk tabung pada bagian atas bak mandi. Bukalah penjepit sehingga air dapat mengalir ke dalam tabung tanpa hambatan.

Hal yang perlu anda perhatikan ketika melakukan proses ini adalah pastikan dengan jelas bahwa tidak ada kantong udara yang berada di dalam tabung. Setelah anda memastikannya dan ternyata tidak ada maka jepitlah tabung untuk membuat aliran berhenti.

9. Ambil posisi berbaring 

Berbaringlah dengan posisi yang telentang, dengan posisi lutut ditarik mengarah pada bagian dada. Selanjutnya, dengan tergantung pada tingkat kenyamanan. Anda bisa juga dengan memiringkan tubuh anda ke arah sisi. Dimana ini berguna untuk memasukan lebih banyak cairan untuk enema.

10. Masukkan selang

Bila anda sudah merasa nyaman dengan posisi anda, masukkanlah selang ukuran 8 cm ke dalam anus. Sebaiknya, menyesuaikan dengan berbagai sudut agar mudah dalam memasukkan tabung.

11. Lepaskanlah klem

Lepaskanlah klem dengan perlahan agar aliran air terbuka. Anda bisa memasukan dan menahan cairan hingga anda merasakan peristaltic alami pada tubuh. Bila anda kram, maka lakukanlah jepit tabung dan mengambil nafas sebelum lanjut ke langkah selanjutnya.

12. Cabut selang

Bila anda telah memasukan air sebanyak yang anda bisa. Selanjutnya cabutlah selang perlahan. Dengan posisi badan terlentang diatas lantai.

13. Ambil posisi duduk 

Selanjutnya, setelah anda menahan cairan itu dilanjutkan dengan duduk di toilet dengan sikap tenang. Agar dapat mengosongkan yang dikosongkan.

14. Selesai

Setelahnya, cara melakukan enema (suntikan urus-urus) di Rumah selesai anda praktekkan. Selanjutnya, bersihkanlah peralatan dengan air bersih dan jemurlah.