Skip to main content

Bagaimana Cara Bermain Anggar?

Bagaimana Cara Bermain Anggar

Anggar meerupakan salah satu olahraga cabang ilmu beladiri yang memakai senjata berupa pedang. Olahraga ini dahulunya sangat populer dan menjadi slah satu mata pelajaran wajib di Eropa.

Bagaimana Cara Bermain Anggar ?


Berbeda dengan ilmu beladiri lain seperti tae kwondo maupun judo, anggar mengandalkan pedang dan teknik yang menuntut kelincahan tangan. Apakah Anda tertarik dengan cara bermain anggar?


Tekhnik Anggar

Sebelum mengetahui cara bermain anggar, kenali dahulu macam – macam teknik dalam olahraga ini. Teknik sangat penting untuk diketahui, agar Anda bisa lebih bersiap saat bermain dan bisa membela diri dengan baik. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai berbagai macam teknik yang dipergunakan pada saat bermain anggar:


1. Kuda – Kuda

Ini merupakan salah satu teknik dasar yang wajib Anda kuasai ketika berlatih anggar. Posisi kaki berada di depan dan belakang membentuk sudut sembilan puluh derajat, kira – kira jaraknya 15 inch. Pastikan tumit kaki depan dan belakang berada pada satu garis. Kaki depan harus diluruskan dan kaki belakang diputar membentuk sudut 90 derajat. Kedua lengan tangan naik, sambil salah satunya memegang pedang.


2. Langkah

Gerakan maju dan mundur pada permainan anggar harus diperhatikan karena teknik ini menjadi kunci pertahanan dan penyerangan. Saat melakukan gerakan maju, gunakan kaki kanan terlebih dahulu untuk mendarat, baru diikuti kaki kiri. Jangan lupa untuk menekuk lutut, berdirilah dengan stabil dan usahakan jangan menyeret kaki Anda.

Jika Anda akan melakukan gerakan mundur, langkahkan kaki ke belakang (kaki kiri), lalu bawa kaki kanan untuk mundur satu langkah di belakang kaki kiri sekitar 15 inch. Pertahankan kaki dengan menekuk lutut dan usahakan berdiri stabil. Baik gerakan maju atau mundur jangan sampai menyeret.


3. Footwork

Footwork tidak hanya teknik yang dipakai saat bermain bulu tangkis, tapi juga dalam cara bermain anggar ini. Footwork dalam anggar, gerakan kaki kiri maupun kanannya harus dikombinasikan dengan tepat sehingga dapat dipakai sebagai pengukuran panjang jangkauan. Fokuslah pada mobilitas Anda, sehingga pedang dapat Anda kendalikan dengan baik dan mencegah lawan main mendapatkan angka.

Baca Juga : 
6 Cara Bermain Badminton Dengan Benar
Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
Teknik Bermain Bulu Tangkis Yang Benar

4. Teknik Serangan

Teknik menyerang sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Pertama, Anda harus dalam posisi gerak penuh, arahkan salah satu kaki Anda ke depan sambil menyerang dengan menggunakan pedang. Luruskan lengan agar lawan Anda merasa terancam dan kesulitan menangkis. Lakukan serangan lagi dengan melontarkan kaki belakang Anda ke depan sambil menodongkan pedang.


5. Menangkis

Teknik menangkis sangat diperlukan untuk menghalau serangan lawan main Anda. Jika secara tiba – tiba lawan memberi serangan, tangkis pedang. Posisi kaki harus siap dalam posisi kuda – kuda. Satu tangan lain yang tidak memegang pedang, naikkanlah lengannya. Jagalah kestabilan posisi Anda, dalam posisi menangkis Anda dapat langsung mendorongkan pangkal pedang sekuat tenaga agar lawan tergerak mundur.


6. Disengagement

Teknik pengelakan ini diperlukan untuk menghindari senjata atau pedang dari lawan. Untuk itu, pergelangan dan lengan tangan Anda harus dilatih kelenturannya. Lakukan gerakan meluas dengan lengan Anda, lalu kombinasikan dengan gerakan tangkis ke arah berlawanan dari pedang lawan. Meskipun kaki dibuka secara maksimal, jangan sampai Anda terjatuh. Untuk menstabilkannya Anda bisa membuka tangan ke atas.


Belajar Cara Bermain Anggar

Setelah mengetahui banyak teknik anggar, Anda wajib untuk menguasainya dengan cara banyak melakukan latihan. Setelah gerakan teknik Anda mulai baik, Anda dapat mencoba untuk bermain anggar. Anda bisa belajar dengan “learning by doing”. Berikut inilah caranya:


1. Belajar Mengendalikan Pedang

Pedang untuk bermain anggar lumayan panjang. Anda harus belajar untuk mengendalikannya, agar tidak terjadi kecelakaan saat bermain. Genggam pada bagian pegangan paling dekat dengan mata pedang. Ujung pedang yang lancip jangan pernah Anda todongkan pada muka lawan main Anda. Saat memegang, sudut lancip pedang menghadap ke bawah. Jangan ayunkan pedang kesana kemari, jika ingin membuka masker, letakkan dahulu.


2. Belajar Teknik Pedang

Jika genggaman pedang Anda sudah baik dan terarah, belajarlah gerakan – gerakan yang memungkinkan Anda untuk melakukan penyerangan sehingga mencetak banyak poin dalam permainan. Untuk belajar teknik, Anda tidak bisa belajar secara mandiri, perlu adanya pelatih agar lebih aman dan terjaga. Pada tahap awal, biasanya Anda akan dilatih dengan metode tusuk dan parry.


3. Belajar Istilah Dalam Permainan Anggar

Dalam satu bidang tertentu pasti ada istilah – istilah yang harus dipahami. Anda harus mengetahui supaya saat pelatih atau wasit mengatakannya pada Anda, Anda tidak bingung. Misalnya saja : Parry artinya gerakan bertahan, attack artinya menyerang, riposte artinya gerakan serangan balik setelah parry, counter riposte artinya gerakan menyerang stelah melakukan parry dan gerakan riposte, serta lain – lainnya.


4. Mngetahui Perlengkapan Anggar

Olahraga beladiri ini sedikit berbeda dengan olahraga beladiri lain yang hanya membutuhkan satu kostum saja. seorang pemain anggar membutuhkan pedang, baju khusus berwarna putih, masker khusus pelindung muka, sarung tangan, plastron, kabel badan, celana, dan epee. Semua harus lengkap agar sesuai dengan standar keamanan. Anda bisa mendapatkan baju anggar di toko khusus peralatan olahraga.


5. Belajar Banyak Gerakan

Hal ini sangat pokok, kuasai banyak gerakan agar Anda dapat menyerang dengan baik dan powerful. Dengan belajar banyak gerakan, Anda secara tidak langsung juga belajar cara menghindari serangan – serangan. Jika Anda dapat menguasai dengan baik, nantinya saat bermain Anda dengan mudah bisa membaca gerakan lawan sehingga kemungkinan Anda melakukan serangan balik dan mendapatkan poin menjadi lebih banyak.