Cara Bermain Biliar Bola 9 Dan Aturannya

Cara Bermain Biliar Bola 9 Dan Aturannya

Aturan Dan Teknik Cara Bermain Biliar Bola 9

Permainan bola sodok atau biliar merupakan game terkenal menggunakan stik atau tongkat panjang yang disodokkan pada bola untuk mendorong bola – bola lain agar masuk lubang meja biliar. Permainan ini sering dimainkan oleh anak – anak muda hingga orang tua. Meskipun sering sekali dikaitkan dengan hal negatif, nyatanya permainan ini semakin populer. Semakin banyak orang belajar cara bermain Biliar Bola 9.


Aturan Cara Main Biliar Bola 9


Dalam permainan apa saja, peraturan pasti sangat dibutuhkan. Jika tidak ada aturan, permainan menjadi tidak terkontrol. Begitu juga dengan Biliar Bola 9. Mari berkenalan dengan segala peraturan bola sodok ini sebelum memainkannya!

1. Standar Bola Biliar

Untuk permainan Bola Biliar 9, bola yang dipakai berjumalah 9. Susunannya berada dalam pembatas segitiga dan disusun membentuk diamond atau belah ketupat. Bagian sudut atas diamond wajib bola dengan nomor 1. Untuk bola berlabel nomor 9 harus diletakkan di bagian paling tengah. Untuk nomor lainnya, secara bebas dapat diacak sesuai keinginan Anda.

2. Tujuan Permainan

Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola ke lubang – lubang atau kantung yang telah tersedia di sudut maupun tepi meja biliar. Dalam memasukkannya diurutkan, dari angka 1 sampai dengan 9.

3. Jenis – Jenis Pelanggaran

Ada beberapa jenis pelanggaran yang tidak boleh dilakukan oleh pemain biliar. Pelanggaran – pelanggaran tersebut antara lain:

a. Meletakkan stik atau sodokan di atas meja permainan

b. Bola yang disodok bukanlah bola yang berukuran paling kecil yang berada di atas meja.

c. Bola yang berwarna putih masuk ke kantung meja / lubang.

d. Anggota tubuh atau baju yang dikenakan menyentuh bola yang berada dalam area permainan.

e. Bola yang berwarna putih tidak terkena bola sasaran utama saat dipukul / disodok.

f. Ketika bola yang menjadi sasaran disodok, tidak ada satu pun bola yang menyentuh cushion

g. Bola yang berwarna putih melompat keluar area meja permainan.

Apabila seorang pemain melakukan salah satu dari daftar penjelasan di atas, maka pemain tersebut dinyatakan melakukan pelanggaran. Jika terjadi, sebagai konsekuensi yang harus diterima, untuk pemain berikutnya berhak meletakkan bola putih dimana saja tetapi harus dalam area permainan. Konsekuensi ini sering disebut free ball.

Jika bola berlabel nomor keluar permainan, atau masuk karena pelanggaran maka bola tidak akan dikembalikan di atas meja tepat di titik foot spot.

Baca Juga : 8 Cara Belajar Akustik Sendiri dengan Cepat



4. Apabila Melakukan Tiga Pelanggaran Sekaligus

Terjadinya pelanggaran permainan ini berpotensi berkali – kali karena bola yang bentuknya bulat bergerak kemana saja. Apabila tiga pelanggaran terjadi sekaligus atau berturut – turut maka ia akan dinyatakan telah kalah dari permainan Biliar Bola 9 ini. Jika terjadi dengan jeda, saat pelanggaran kedua kalinya wasit akan memberikan peringatan.


5. Memasukkan Bola

Bola dapat dimasukkan secara langsung. Pukul / sodok bola yang memiliki label nomor paling kecil terlebih dahulu. Anda juga bisa mengkombinasikan bola yang menjadi sasaran dengan bola nomor lain yang bisa dimasukan pada kantung / lubang tepi meja.


6. Push Out

Push out merupakan situasi dimana lawan sedang break tetapi bola yang memiliki label nomor tidak masuk dan bola berwarna putih tertutup oleh bola – bola lain sehingga bola sasaran menjadi tidak terlihat dan terbidik jelas. Push out hanya diijinkan digunakan satu kali dalam game ini. Beritahukan kepada wasit atau lawan main terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Jika sedang dalam push out, seorang pemain diberi kebebasan untuk menyodok bola putih bebas ke arah mana saja. Hal itu tidak termasuk dalam Foul. Setelah push out selesai, pemain bisa melakukan penyodokan kembali.


7. Dinyatakan Menang

Dalam permainan ini, sebagai pemain Anda akan dinyatakan menang apabila telah memasukkan bola dengan label nomor 9 ke dalam lubang dengan benar tanpa melakukan pelanggaran. Atau bisa juga Anda menang karena lawan melakukan kesalahan atau pelanggaran sebanyak tiga kali berturut – turut.


Teknik Cara Bermain Biliar Bola 9

1. Fokus

Fokus adalah kunci utama dalam permainan ini, sebelum menyodok berkonsentrasilah dan bidik bola dengan benar. Jika tidak fokus, maka sodokan bisa melenceng dan tidak akurat.

2. Kuda – Kuda Tangan

Lakukan kuda – kuda tangan dengan benar dan kuat. Jangan ragu – ragu atau mengambil posisi yang tidak bisa menggoyahkan kuda – kuda Anda.

3. Posisi Kaki

Meskipun biliar adalah permainan yang menuntut keterampilan tangan, tetapi posisi kaki juga turut menentukan permainan ini. Jika Anda akan menyodok dengan tangan kanan, maka kaki kirilah yang berada di depan dan sebaliknya. Kaki yang seimbang dapat menahan stik dengan baik, badan pun pergerakannya lebih seimbang.

4. Kurva

Ketika Anda akan melakukan sodokan, usahakan agar bola dan ujung tongkat stik Anda membentuk seperti kurva. Agar bola menjadi lebih terarah, usapkanlah kapur di bagian ujung stik sebelum melakukan giliran Anda.

5. Sodokan Bola Putih

Saat hendak menyodok bola berwarna putih, jangan terlalu keras tetapi juga jangan terlalu lemah. Sesuaikan dengan jarak antar bola. Lakukan pengamatan dengan baik agar Anda dapat membuat kira – kira sebesar apa kekuatan yang akan dikerahkan.

6. Rajin Latihan

Jika Anda ingin terampil dan unggul dalam permainan ini, maka berlatih adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Jika idak ada pelatih, tidak masalah. Anda dapat memulai dengan melatih tangan Anda menyodok bola dalam jarak pendek. Jika sudah dirasa cukup, Anda bisa menambah jaraknya. Latih juga akurasi ttembakan / sodokan yang dapat Anda lakukan.