Skip to main content

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Denagan Benar

8 Cara Belajar Bahasa Inggris

Bahasa adalah suatu hal ayang wajib kita bisa, bukan hanya bahasa negara sendiri namun bahasa internasional juga harus anda pahami.  Terutama bahasa Inggris, lalu bagaimana bagi anda yang belum bisa berbahasa inggris dengan baik dan benar? Cara belajar bahasa inggris seperti apa yang efisien digunakan?

Semua pertanyaan tersebut sering sekali tidak menemukan jawaban dan lewat begitu saja. Padahal belajar bahasa adalah sesuatu yang hampir wajib kita lakukan, terlebih lagi saat ini akan memasuki zaman pasar bebas. Dimana seluruh negara bebas keluar dan masuk ke negara kita untuk melakukan perdagangan dan usaha. Sehingga kemampuan berbahasa sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Penguasaan bahasa inggris yang baik tentu akan membuat anda merasa aman ketika bertemu dengan orang asing atau sedang menjalin bisnis dengan orang asing. Belajar bahasa inggris akan memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan anda, baik dari sisi pekerjaan maupun dari sisi yang lainnya. Berikut ini cara belajar bahasa inggris yang bisa anda terapkan dalam metode belajar anda.


8 Cara Belajar Bahasa Inggris Denagan Benar


1. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris

Cara Belajar bahasa inggris yang pertama adalah  melalui media film, karena hampir seluruh orang menyukai film. Bahkan ada juga orang yang gemar menonton film dengan bahasa inggris. Hal tersebut bisa menjadi media anda untuk bisa berbahasa inggris dengan baik. Dengan menonton film anda bisa sekaligus belajar bahasa dan refreshing.

Dengan menonton film anda bisa belajar dua hal sekaligus yaitu melatih telinga anda peka terhadap pengucapan bahasa inggris dan menambah kosa kata bahasa inggris anda. Semakin sering anda menonton film dengan bahasa inggris, semakin paham pula anda dengan bahasa inggris, usahakan jika anda menonton film jangan gunakan subtitlenya.


2. Jadikan Kebiasaan

Slogan “ Bisa Karena Terbiasa” pepatah tersebut sudah dibuktikan oleh banyak orang. Salah satunya dalam belajar bahasa inggris. Memahami bahasa inggris memang bukan hal yang mudah, namun akan menjadi mudah jika anda jadikan berbicara dan menulis bahasa inggris sebagai sebuah kebiasaan.

Karena segala sesuatu yang belum menjadi kebiasaan atau belum anda kenali dengan baik akan terlihat sulit, namun jika anda sudah mengenal dengan baik dan sudah menjadi kebiasaan belajar bahasa inggris akan menjadi hal yang mudah. Salah satu cara menjadikan kebiasaan adalah dengan membuat jadwal bahwa di hari tersebut anda hanya boleh berbicara menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga : 3 Cara Belajar Bahasa Belanda


3. Terus Berlatih 

Jika anda ingin memaksimalkan bahasa inggris, maka anda harus menggunakan pengetahuan anda lebih sering. Milikilah jam terbang berbicara bahasa inggris yang banyak sehingga anda menjadi familliar dengan bahasa inggris. Namun, anda juga harus mengasah jam terbang anda dengan tetap belajar secara tekun.

Belajar bahasa inggris adalah suatu hal yang sangat butuh waktu lama, ada banyak sekali hal yang harus anda hafal dan anda harus memahami banyak kosa kata baru.  Maka, hal paling tepat yang harus anda lakukan adalah dengan tekun berlatih. Anda bisa mulai jam terbang anda dengan berbicara kepada teman menggunakan bahasa inggris.


4. Rajin Mendengarkan Lagu bahasa Inggris 

Salah satu media lain yang bisa anda gunakan untuk berlatih adalah lagu, lagu yang menggunakan bahasa inggris bisa melatih telinga anda semakin peka dengan pengucapan bahasa inggris dan juga akan menambah kosa kata bahasa anda. Banyak orang mendengarkan lagu bahasa inggris karena biasanya lagunya memiliki arti yang bagus dan enak ketika di dengar.
Anda bisa belajar sekaligus bersantai di rumah ketika beristirahat, cara ini tergolong ampuh dalam melatih dan membantu proses belajar bahasa inggris.


5. Hafalkan dan Pelajari Arti Kata Bahasa Inggris

Bahasa inggris tidak seperti bahasa Indonesia, bahasa ini memiliki banyak sekali kosa kata. Karena hal ini, banyak orang yang menyerah dalam belajar bahasa inggris karena banyak hafalan yang harus di lakukan.segala sesuatu membutuhkan proses dalam belajar termasuk belajar bahasa.  Anda harus mengorbankan banyak waktu anda supaya bisa berbahasa inggris dengan baik.

Anda bisa menggunakan cara berikut ini, buatlah catatan bahasa inggris pada secarik kertas kemudian tempel di dinding atau tempat lain yang sering anda kunjungi. Maka anda akan lebih mudah menghafal serta mempelajari arti kata bahasa inggris.


6. Rajin Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat, dengan membaca buku anda akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan baru, mendapatkan hiburan dan kepuasan lainnya. Selain itu melalui membaca buku, anda bisa melatih kerja otak anda untuk memperkuat daya ingat anda. Membaca juga bisa menjadi media alternatif belajar bahasa.

Dengan sering membaca, anda akan mendapatkan banyak kosa kata baru. Selain itu anda juga akan mendapat poin positif dari membaca, karena jika anda hobi membaca buku bahasa inggris anda akan mudah pula berbicara bahasa inggris.


7. Mencoba Menulis Menggunakan Bahasa Inggris 

Menulis dan membaca adalah satu hal yang tidak bisa dipisahkan, dengan menulis secara tidak langsung anda sudah menstimulasi otak untuk merekam kata – kata yang anda tulis.sehingga secara tidak langsung kosa kata anda akan bertambah banyak setiap harinya. Setiap kali anda belajar menulis dengan bahasa inggris.


8. Berteman Dengan Orang – Orang Yang Pandai Berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah melalui teman, teman memang membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan. Karena jika anda tahu teman anda jago bahasa inggris secara tidak langsung anda akan termotivasi untuk belajar lebih giat. Atau anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan anda.