Cara Agar Cepat Tidur Malam, Solusi Untuk Yang Insomnia

Cara Agar Cepat Tidur Malam, Solusi Untuk Yang Insomnia

Cara Agar Cepat Tidur Malam, Solusi Untuk Yang Insomnia

Cara Agar Cepat Tidur Malam, Solusi Untuk Yang Insomnia - Setiap manusia pasti pernah merasakan masalah kurang tidur, bahkan ketika badan terlalu capek dan sakit semua, terlalu lelah bekerja namun mata tetap saja tidak mau terpejam. Bahkan ketika hari mulai berganti, anda sudah melakukan banyak cara agar cepat tidur, namun hasilnya tetap kosong. Mata anda tetap tidak mau terpejam. Karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan dapat beraktifitas seperti biasanya anda sangat membutuhkan jam tidur yang cukup.  Kualitas tidur dana kuantitas tidur anda bisa memengaruhi kesehatan organ tubuh. Pengaturan jadwal tidur yang buruk  dapat menyebabkan anda mengalami gangguan masalah saluran pencernaan. Karena kurang tidur juga bisa mengakibatkan terganggunya sistem saraf otak, sehingga risiko alzeimer semakin tinggi untuk terjadi. Menurunkan kualitas berfikir anda, kemampuan untuk memahami emosi orang lain dan semakin besar peluang untuk mengalami masalah psikologi. karena itu saya membuat artikel tentang cara agar cepat tidur malam, solusi untuk yang insomnia ini. Berikut ini adalah cara agar cepat tidur malam, solusi untuk yang insomnia yang bisa anda terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan pikiran anda.


Cara Agar Cepat Tidur Malam, Solusi Untuk Yang Insomnia




1. Makan Makanan Yang Manis

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang menemukan bahwa kandungan senyawa aktif dalam tebu dapat menurunkan tingkat stres dan memicu rasa ingin tidur atau mengantuk lebih cepat. Penelitian ini dilakukan menggunakan hewan coba tikus putih, dan menghasilkan bahwa senyawa octacosanol mampu membuat anda merasa mengantuk lebih cepat.

Dari penelitian ini di jelaskan bahwa penyebab utama anda susah tidur adalah stres, untuk mengatasi masalah tersebut biasanya orang – orang mengkonsumsi suplemen octaacosanol. Anda bisa mendapatkan senyawa ini bukan hanya melalui suplemen saja, namun bisa juga melalui kulit padi. Biji gandum dan lilin lebah. Dengan mengkonsumsi makanan manis maka rasa mengantuk anda akan muncul lebih cepat.


2. Minum Susu 

Minum susu hangat sebelum tidur adalah sebuah resep  yang sudah dipercayai oleh para orang tua dan orang – orang terdahulu. Resep ini seolah – olah bersifat turun temurun, bahwa setelah minum satu gelas susu hangat, akan membuat anda tertidur dengan nyenyak.

Penelitian ini berdasarkan pada kandungan nutrisi dalam air susu, diketahui bahwa air susu mengandung triptofan asam amino dalam jumlah yang tinggi. Sehingga menghasilkan hormon melatonin yang kemudian menginduksi saraf untuk tidur.

Makanan lain selain susu yang memiliki kandungan triptofn adalah putih telur dan biji labu. Sebaiknya anda yang mengalami masalah kesulitan untuk mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga : 4 Tips dan Cara Berkemah Menyenangkan


3. Berada di Tempat Tidur Saat Siap Untuk Tidur

Banyak orang salah satunya mungkin anda yang mengalami masalah tidur karena sebuah kebiasaan. Anda terbiasa berada diatas kasur meskispsun anda tidak sedang dalam keadaan ingin tidur atau mengantuk. Hal tersebut mampu menyebabkan refleks saraf ingin tidur ketika di tempat tidur anda hilang, sehingga anda kesusahan untuk tidur meskipun sudah berbaring lama.

Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu mengubah kebiasaan anda bersantai di atas tempat tidur dengan bermain ponsel atau hal lainnya. Datanglah ke atas tempat tidur hanya ketika jam untuk tidur sehingga respons saraf anda untuk tidur mendeteksi jika anda berada di tempat tersebut berarti anda ingin segera istirahat dan tidur.


4. Belajar Beristirahat 

Beristirahat dengan tidur pulas adalah sebuah hal yang berbeda, namun di suatu kondisi keduanya tidak dapat di bedakan. Jika anda hanya tidur untuk beristirahat anda hanya mematikan sementara beberapa sistem saraf anda.  Sehingga saraf otak anda hanya berhenti bekerja sementara waktu. Namun hal ini tetap berpengaruh terhadap kehidupan sosial anda dan kreatifitas anda.

Namun, jika anda bisa tertidur dengan pulas, akan terjadi pemulihan secara kognitif pada saraf otak anda sehingga kemampuan anda untuk mengingat akan lebih tajam, regulasi hormon anda juga akan berjalan dengan lancar. Tidur pulas adalah pilihan terbaik untuk kesehatan tubuh dan pikiran, namun jika anda kesulitan tidur anda bisa mencoba cara agar cepat tidur dengan mengatakan pada diri anda sendiri bahwa istirahat saja sudah cukup.


5. Gunakanlah Pendingin Ruangan

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh ahlinya, menyatakan bahwa suhu ruangan yang dingin mampu menimbulkan rasa mengantuk jauh lebih besar dari pada ruangan yang hangat. Oleh karena hal tersebut anda bisa menggunakan cara tersebut untuk bisa tidur lebih cepat, gunakanlah pendingin ruangan dan posisikan bahwa anda sudah siap untuk tidur maka anda akan cepat mengantuk.


6. Lakukan Meditasi

Banyak orang yang sudah membuktikan cara ini, jika anda mengalami masalah tidur ada baiknya jika anda mencoba melakukan meditasi terlebih dahulu untuk membimbing saraf anda supaya bisa tertidur. Beberapa penelitian di Negara lain sudah membuktikan bahwa dengan meditasi sebelum tidur mampu menghilangkan kekhawatiran, rasa bimbang, dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih ceria.


7. Berhenti Menggunakan Sleep Tracker

Cara agar cepat tidur selanjutnya adalah jangan menggunakan sleep tracker, karena jika anda menggunakan alat ini waktu tidur anda akan berkurang tanpa anda sadari. Anda terlalu sibuk melihat data tidur anda dan tidak sadar bahwa waktu sudah menunjukkan hari lain. Sehingga anda malah merasa kurang tidur karena sibuk mengamati alat pengukur data tidur anda.


8. Baca Buku

Dengan melakukan aktivitas yang satu ini, anda bisa mengurangi stres sekaligus menambah pengetahuan dan membuat anda cepat mengantuk. Supaya pikiran anda tidak kembali aktif, anda bisa memilih buku yang sudah selesai anda baca. Gunakanlah buku cetak bukan melalui media elektronik karena hal ini juga berpengaruh terhadap rangsangan saraf anda untuk cepat tidur. Cara ini sudah banyak di buktikan oleh orang – orang, bahwa membaca buku adalah cara terbaik untuk anda cepat tidur.


Demikianlah artikel ini yang membasah tentang cara agar cepat tidur malam, solusi untuk yang insomnia ini agar teman teman semua dapat mengatasi kesulitan tidurnya dan selamat mempraktekkannya.