Skip to main content

7 Cara Belajar Bahasa Mandarin Dengan Mudah

7 Cara Belajar Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang cukup susah untuk dipelajari. Terutama untuk orang – orang yang kesehariannya menggunakan bahasa inggris. Namun jika cara belajar bahasa Mandarin anda benar dan anda konsisten melakukannya, bukan suatu yang tidak masuk akal untuk di lakukan.

Anda bisa berlatih secara autodidak ataupun dengan ikut kursus bahasa mandarin, yang terpenting anda harus bisa memahami dasar – dasar belajar bahasa mandarin. Dan tujuan anda belajar bahasa mandarin untuk apa. Karena setiap orang tentu memiliki tujuan masing – masing.

Cara belajar bahasa Mandarin dengan mudah ada beberapa point, anda juga pasti akan mendapatkan banyak manfaat jika berhasil memahami dan mempraktikkan bahasa Mandarin dengan benar. Baik dalam dunia kerja, dalam masyarakat anda akan memiliki nilai positif tersendiri.

Cara Belajar Bahasa Mandarin Dengan Mudah


1. Melalui media Televisi, Youtube atau Lainnya

Cara belajar bahasa Mandarin yang paling efisien dan paling baik adalah dengan menonton film, drama, atau video – video lain yang menggunakan bahasa mandarin. Selain sebagai media belajar anda juga bisa memperoleh hiburan dari tayangan yang anda tonton. Melalui cara ini anda bisa melatih kepekaan anda terhadap pengucapan bahasa Mandarin dan pelafalan yang benar.

Sebagai pemula anda bisa menggunakan terjemahan terlebih dahulu, sambil mengenali kosa katanya serta mneghafalkan artinya. Namun setelah anda mengerti anda harus mencoba menonton film atau video Mandarin tanpa terjemahan. Sehingga andabisa memahami dengan pengetahuan sendiri.
Selama anda menonton film atau lainnya anda bisa menjadi orang yang proaktif, dalam hal ini maksudnya adalah jika anda mendapatkan kosa kata baru yang belum anda ketahui artinya, jeda videonya dan cari terjemahannya. Cara ini terbukti sangat ampuh dalam belajar ilmu bahasa.

Baca Juga : Bagaimana Cara Bermain Bloody Mary?

2. Mendengarkan Radio, Lagu Atau Rekaman Berbahasa mandarin

Cara yang kedua ini sungguh mudah dan sangat efektif serta efisien. Dikatakan efisien karena bisa anda lakukan kapanpun dan pada saat apapun asalkan anda diperbolehkan memegang ponsel dan mendengarkan lagu mandarin. Lagu sebagai sarana terbaik , karena setiap orang yang mendengarkan lagu bagus akan penasaran dengan arti dari lagu tersebut sehingga secara tidak langsung anda belajar bahasa dan menambah kosa kata baru.

Dengan mendengarkan lagu, anda juga bisa melatih pendengaran anda menjadi lebih peka dan lebih sensitif terhadap pengucapan bahasa mandarin. Anda harus menjadi pendengar yang aktif dalam menangkap kata – kata pembawa acaranya.


3. Ari Yu Ban

Yu Ban adalah language Partner atau teman bahasa, maksud dari ungkapan ini adalah anda mencari lawan bicara untuk belajar bahasa Mandarin. Sehingga anda bisa saling bertukar ilmu baru dengan bahasa baru.

Jika anda ingin mendapakan partner dalam belajar bahasa Mandarin, anda juga harus menawarkan sesuatu kepada mereka. Katakan saja bahwa anda adalah orang yang mahir berbahasa inggris dan anda membutuhkan rekan yang bisa berbahasa Mandarin untuk belajar bersama. Maka akan ada orang – orang China yang mau mengajari anda dengan syarat bertukar ilmu bahasa dengan anda.


4. Menulis Karakter China 

Dalam belajar bahasa anda bukan hanya butuh bisa dan mengerti percakapan bahasa mandarin. Namun anda juga harus bisa menulis, membaca dan berbicara dengan jelas dan benar. Untuk melatih kemampuan menulis anda, bisa menggunakan uji coba menulis paragraf pendek dengan bahasa Mandarin.

Atau jika anda malu dengan teman atau orang lain, anda bisa belajar dengan menulis buku berisi curahan hati dengan bahasa Mandarin. Awali dengan tulisan – tulisan sederhana, kondisi lingkungan sekitar anda saat itu dan lain sebagainya. Kemudian jangan lupa untuk memeriksakan penulisan anda kepada dosen yang mengerti bahasa Mandarin.


5. Milikilah Teman Yang Berasal dari China atau yang Menggunakan Bahasa Mandarin

Anda tidak perlu pergi jauh ke China jika ingin bertemu dengan orang China dan belajar bahasa Mandarin. Karena di Malaysia anda sudah bisa menemukan orang – orang asli China yang mampu berbahasa Mandarin dengan fasih dan benar. Malaysia adalah sebuah negara unik, karena di Malaysia ada berbagai jenis orang dari macam – macam negara.

Dengan teman yang mengerti bahasa Mandarin dengan baik, anda akan semakin cepat belajar bahasa mandarin. Teman anda tidak akan segan untuk membenarkan ketika anda salah berbicara sehingga kemampuan anda akan terasah dengan baik.


6. Hafalkan Kosa Kata Sederhana 

Dalam belajar ilmu bahasa, bahasa apapun anda harus menghafalkan kosa kata. Terutama kosa kata yang sederhana yang biasa digunakan. Karena semakin banyak kosa kata yang anda ketahui anda juga akan semakin lancar menggunakan bahasanya. Begitu juga jika anda belajar bahasa Mandarin, anda wajib mengingat kosa kata yang biasa digunakan sehari – hari oleh penduduk China.


7. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Anda

Cara meningkatkan kemampuan berbahasa salah satunya adalah dengan mempelajari struktur bahasa yang dasar. Beberapa orang mengatakan bahwa dalam bahasa mandarin tidak ada struktur bahasanya.
Dalam bahasa Mandarin struktur katanya ada, namun sangat berbeda dari pada bahasa – bahasa orang Eropa. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang analitis. Selain mengetahui struktur bahasa anda juga harus mempelajari penggunaan sistem penulisan. Dalam bahasa Mandarin memiliki sistem penulisan yang berbeda – beda. Sistem yang paling sering digunakan adalah sistem Romanisasi.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya dalam cara belajar bahasa Mandarin adalah belajar menulis bahasa Mandarin dengan baik dan benar. Tulisan bahasa Mandarin memiliki karakter yang berbeda dengan bahasa lainnya. Anda hanya bisa mengingat dan latihan secara terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik