6 Cara Bermain Badminton Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

6 Cara Bermain Badminton Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula

6 Cara Bermain Badminton Dengan Benar

Cara bermain bulutangkis dengan baik dan benar untuk pemula - Badminton adalah salah satu olahraga populer dunia. Oleh sebab itu, banyak sekali kejuaraan dunia badminton yang selalu digelar di berbagai negara. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki pemain badminton terbaik dan disegani oleh atlet negara lain, seperti Taufik Hidayat, Susi Susanti, Gracia Polly, Firdasari, dan lain – lain. jika anda ingin seperti mereka belajar cara bermain bulutangkis dengan baik dan benar untuk pemula dan berikut ini cara bermain bulutangkis dengan baik dan benar untuk pemula :


6 Cara Bermain Badminton Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula



Cara bermain badminton mereka sangat luar biasa. Perjuangan para atlet badminton Indonesia sangat menginspirasi, sehingga semakin hari semakin banyak yang berminat pada olahraga tersebut dan ingin mengikuti jejak langkah mereka. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berminat dengan olahraga yang memerlukan kelincahan ini? Jika iya, untuk Anda para pemula simaklah penjelasan mengenai badminton berikut ini.

Badminton Untuk Pemula

Badminton atau bulu tangkis dalam permainannya memerlukan teknik dan cara – cara tertentu untuk memenangkan permainan. Simaklah cara bermain badminton bagi pemula di bawah ini untuk selengkapnya!


1. Memegang Raket Dengan Benar

Memegang raket merupakan teknik paling dasar permainan ini. Ada teknik American grip yaitu teknik memegang raket pada handle dengan posisi ibu jari dan jari telunjuk menempel gagang handle. Teknik memegang raket selanjutnya adalah forehand grip, yakni memgang raket pada posisi miring, ibu jari dan telunjuk harus menempel handle, cara memegang ini sering digunakan untuk pukulan forehand.

Ada pula teknik combination grip, biasanya dengan cara ini lawan sulit membaca kemana arah raket akan diayunkan. Selanjutnya adalah backhand grip, efektif untuk melesatkan kok dengan kekuatan penuh. Caranya, jari – jari letakkan pada bagian depan handle sedangkan ibu jari memegang erat menempel pada bagian sisi lainnya.


2. Belajar Gerakan Kaki

Gerakan kaki yang lincah dan fleksibel maju mundur harus dikuasai dalam permainan bulu tangkis ini. Anda harus bergerak cepat dan gesit. Apabila Anda kurang terampil menggunakan kaki, Anda akan kesulitan untuk mengembalikan bola / kok kea rah lawan, itu berarti peluang lawan untuk mengalahkan Anda sangat besar. Sering – seringlah latihan lari dan melakukan gerakan meloncat untuk melatih kelincahan kaki Anda.


3. Berlatih Teknik Pukul

Ketika Anda akan mengembalikan bola / kok ke arah lawan, jangan asal langsung pukul. Semua ada tekniknya masing – masing. Service forehand pendek adalah gerakan memukul bola dalam jarak pendek, agar jauh tekuklah lengan tangan dan condongkanlah sedikit posisi raket dari bawah. Untuk pukulan service forehand tinggi ayunkan raket dari belakang ke depan, kaki dibuka sedikit melebar, dan pukul bola / kok kuat – kuat.

Ada lagi teknik pukul service backhand, letakkan kaki kanan di depan kaki kiri, buka tangan selebar pinggang sambil menekuk lutut sedikit ke bawah lalu ayunkan raket kuat namun berjarak pendek sehingga bola / kok akan jatuh di dekat net, lawan akan kesulitan mengembalikannya.

Baca Juga : 8 Cara Agar Cepat Tidur


4. Teknik Pukul Menyerang

Sering sekali mendengar istilah “smash” dalam kompetisi badminton ini kan? Smash merupakan teknik menyerang dengan kekuatan penuh berjarak jauh dan menghasilkan pukulan yang menyebabkan bola / kok jatuh menukik. Di Indonesia, atlet badminton Taufik Hidayat pernah memecahkan rekor dunia dengan smash tercepatnya.

Teknik menyerang lainnya adalah dropshot, gerakan pada teknik ini seperti gerakan smash, tetapi menipu. Biasanya teknik ini sering dipakai untuk permainan badminton ganda. Ada juga teknik menyerang netting. Pukulan pada teknik ini menyebabkan bola / kok jatuh dekat pada net sehingga menyulitkan lawan untuk mengembalikan bola. Teknik ini tidak memerlukan ayunan kuat, yang paling penting adalah ketelitian.


5. Bermain Sampai Pada Batas Maksimal Skor

Permainan olahraga ini memiliki tujuan batas skor. Skor maksimal untuk meraih kemenangan adalah 21. Poin yang Anda peroleh berasal dari keberhasilan Anda mengembalikan bola ke arah lawan, tetapi lawan gagal untuk mengembalikannya kembali kepada Anda. Jika Anda melakukan kesalahan seperti bola / kok keluar, kok terbentur / terpental net, Anda kurang cermat melihat bola / kok, maka lawanlah yang akan mendapat poin.


6. Mengetahui Kondisi dan Situasi Lapangan

Anda harus mengetahui dan menguasai betul besar lapangan bulu tangkis. Hal ini nantinya akan memudahkan Anda untuk memperkirakan jarak bola masuk, jarak bola keluar dan seberapa jauh serangan yang akan Anda arahkan kepada lawan. Ukuran normal lapangan bulu tangkis adalah 13,4 m x 6,1 m. Net dipasang tepat berada di tengah lapangan dengan jarak 1,5 meter dari dasar lapangan.


Memahami Peraturan Badminton

Hal ini sangat perlu diketahui dalam belajar cara bermain badminton, agar nantinya saat bermain Anda tahu manakah yang dianggap pelanggaran dan mengerti saat orang – orang di sekitar lapangan mengucapkan istilah – istilah yang berhubungan dengan badminton.


1. Peraturan Penilaian

Skor normal maksimal adalah 21, jika kedua pemain sama sama memiliki skor 20 – 20 maka permainan wajib berlanjut hingga selisih minimal 2 skor. Misalnya 20 – 22 , 22 – 24, dan ketentuan maksimal skor yang mutlak adalah 30. Jika keduanya pada posisi 29 – 29, maka yang terlebih dahulu mencapai 30, itulah pemenangnya.


2. Peraturan Badminton Ganda

Pada saat melakukan service, maka pemain haus melakukan pukulan diagonal terhadap lawan mainnya. Pukulan service pertama kali dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan atau bidang kanan. Apabila tidak diserviskan secara diagonal, maka pihak lawan yang akan mendapatkan poin.


3. Peraturan Permainan Tunggal

Service kan dimulai dari bidang kanan hanya apabila nilai atlet yang melakukanservice tersebut berada di angka genap seperti 4, 6, 8, dan seterusnya. Bidang service akan selalu diubah pada saat angka atau pin telah dicetak. Pada setiap babaknya, pemain akan bertukar tempat.


Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai cara bermain bulutangkis dengan baik dan benar untuk pemula, semoga dengan adanya artikel ini teman teman semua dapat belajar caranya dan selamat belajar.