Skip to main content

6 Cara Berdiri Dengan Tangan Handstand Yang Benar

Cara Berdiri Dengan Tangan (Handstand) Yang Benar, Tepat Dan Mudah

Handstand adalah salah satu olahraga yang biasa di lakukan laki-laki dengan badan betumpu hanya pada kedua tangan. Jadi, dengan kata lain kaki akan naik, sedangkan di bawah yang menahannya adalah tangan. Namun cara berdiri dengan tangan ( handstand ) yang benar ini kurang banyak di mengerti, sehingga banyak juga yang melakukan kesalahan fatal ketika mempraktikannya.


6 Cara Berdiri Dengan Tangan Handstand Yang Benar


Dalam hal ini mungkin Anda pun masih bingung bagaimana berdiri dengan tangan yang benar. Atau bisa jadi banyak yang takut salah mencoba  karena tidak tahu cara tepatnya. Nah, jika Anda salah satunya, tentu saja mempelajari ini lebih lanjut akan sangatlah penting. Apalagi mengingat mafaat dari handstand sendiri memang sangat banyak.

Sampai di sini tentunya Anda semakin penasaran dengan cara berdiri dengan tangan yang semakin menarik tersebut. Bukan hanya caranya yang membuat penasaran, tetapi juga manfaat yang bisa di berikannya. Nah, jika demikian, jangan khawatir  karena jawaban untuk Anda bisa di dapatkan dalam ulasan berikut ini.

Persiapan Yang Harus Di Lakukan

Namanya juga olahraga, tentu saja harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum menerapkan teorinya menjadi praktik. Dalam hal ini memang ada beberapa hal yang perlu untuk di siapkan. Mulai dari  bahan-bahan dan alas, hingga masalah fisik masing-masing yang akan melakukan praktik handstand.

Berbicara lebih jauh mengenai persaipan, di sini Anda membutuhakan matras sebagai alas. Selain akan lebih nyaman, itu juga akan lebih melindungi jika di bandingkan tidak  beralas sama sekali. Sedangkan dari segi fisik, tentu saja yang harus di siapkan pemanasannya terlebih dahulu. Tujuannya untuk melatih otot sehingga lebih lentur dan Anda pun tetap nyaman.

Setelah persiapan selesai, Anda bisa memulai untuk melakukan handstand dengan langkah-langkah yang baik. Nah, dalam hal inilah yang paling tidak bisa sembarangan karena ada cara berdiri dengan tangan (handstand) yang benar yang harus Anda terapkan. Jika Anda sembarangan dalam melakukan senam ini, bisa jadi akan terjadi kesalahan dan hal-hal yang tidak di inginkan.


Baca Juga : 7 Cara Berbicara Bahasa Rusia yang Mudah dan Cepat

Langkah-Langkah Berdiri Dengan Tangan

Sebagaimana di katakan sebelumnya, handstand tidak bisa di lakukan seenaknya saja. Ada langkah-langkah yang harus di tempuh sehingga mendapatkan hasil yang baik dan tetap sehat untuk badan maupun tulang Anda. Sedangkan beberapa langkah handstand yang harus di lakukan dengan baik serta runtut tersebut adalah sebagaimana berikut.


1. Persiapan kedua tangan

Sesuai namanya, yakni berdiri menggunakan tangan, tentu saja yang harus di persiapkan pertama kali adalah tangan.Sedangkan dalam langkah pertama di handstand, silahkan Anda letakkan kedua tangan di atas mastras. Peletakkan ini bisa di sesuaikan sebagaimana posisi tangan yang akan di jadikan sebagai tumpuan.


2. Meluruskan badan

Setelah tangan Anda sudah siap pada posisinya, kini saatnya Anda persiapkan badan. Untuk melakukan handstand, silahkan Anda luruskan badan sebagaimaan posisi untuk handstand  ketika badan sudah di atas. Jadi, kelurusan badan ini memang harus benar-benar lurus.


3. Angkat kaki

Nah, jika sudah siap antara tangan dan badan, kini saatnya Anda mengangkat kaki. Namun, untuk pengangakatan ini tentu saja Anda tidak akan bisa melakukannya secara bersamaan. Oleh karena itu dalam cara berdiri dengan tangan (handstand) ini, Anda perlu mengangkatnya satu persatu. Katakan saja di mulai dari kaki kanan terlebih dahulu.


4. Meluruskan kedua kaki

Ketika kaki kanan sudah naik, saatnya untuk meluruskan keduanya dengan mengangkat kaki satunya lagi. Namun, pastikan untuk melakukannya seseimbang mungkin sehingga Anda tidak akan kehilangan keseimbangan ketika kaki sama-sama terangkat. Hal ini mungkin akan sedikit menantang bagi pemula. Namun, jika Anda sudah terbiasa, akan sangat kecil untuk di wujudkan.


5. Tahan posisi beberapa lama

Ketika kaki sudah di atas dan Anda sudah memastikan kedua kaki lurus, jangan buru-buru untuk menurunkannya. Untuk mendapatan hasil handstand yang sempurna, Anda bisa menahannya beberapa saat. Jika memang sekiranya tidak mampu hingga beberapa menit, maka waktu 30 hingga 60 detik saja sudah cukup.


6. Menurunkan kaki secara perlahan

Saat hitungan waktu Anda sudah mencapai waktu yang di inginkan, baik itu 30 detik, 60 detik, atau diantaranya, silahkan turunkan kaki. Namun pastikan bahwa penurunan tersebut di lakukan secara perlahan-lahan sehingga keseimbangan tetap terjaga dan hasilnya pun semakin baik. Dan ketika kaki sudah di bawah, Anda bisa berdiri tegak kembali dengan kaki.


Manfaat Melakukan Handstand

Mengapa banyak orang melakukan handstand, mepelajarinyan dan suka dengan senam ini? Jawaban dari pertanyaan tersebut pastinya tersembunyi dalam manfaat yang di miliki handstand sendiri. Tanpa adanya manfaat yang pasti, tidak akan ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakkan handstand dan kebingungan bagaimana sebenarnya handstand yang benar.

Manfaat dari berdiri menggunakan tangan ini akan sangat baik untuk otot. Terutama dalam pembentukan otot lengan dan pembesarannya.

Karena itulah tidak heran jika yang banyak melakukan dan mencari-cari cara berdiri dengan tangan (handstand) yang benar adalah laki-laki.

Bagi seorang laki-laki memiliki otot yang besar dan bagus bentuknya tentu adalah suatiu kebanggaan. Terutama mereka yang suka beladiri dan suka berolahraga. Dan hal ini bisa terwujud dengan mudah melalui bnayak-banyak melakukan handstand. Jadi, jika Anda salah satu yang mengidamkan bentuk otot sedemikian rupa, cara handstand di atas bisa di terapkan secara rutin.