Skip to main content

Cara Membasmi Kutu Rambut Dengan Cepat Untuk Semua Orang

Cara Alami Membasmi Kutu Rambut Dengan Cepat Untuk Semua Orang

Cara membasmi kutu rambut dengan cepat untuk semua orang - Anda memiliki kutu rambut?, hal ini akan membuat kulit kepala dan rambut anda terasa gatal dan menyebabkan anda kurang percaya diri di hadapan orang lain. Kutu rambut  adalah parasit kecil yang berada pada kepala manusia, kutu rambut ini tidak menghisap darah manusia melainkan makan kulit kepala dan reruntuhan sel yang ada di kepala. Lalu bagaimana cara membasmi kutu rambut dengan cepat untuk semua orang. Kutu rambut ini bisa bertelur dalam jumlah yang banyak dari satu ekor kutu betina, kutu betina kemudian meletakkan telur – telurnya di rambut – rambut anda. Jika telur ini dalam jumlah banyak akan mengganggu penampilan anda karena akan terlihat ada telur – telur kutu berwarna putih meskipun dengan jarak yang cukup jauh. Telur tersebut akan menetas dan menjadi kutu kecil yang kemudian tumbuh menjadi kutu dewasa, begitu proses siklus hidup kutu yang berlangsung di kepala manusia. Cara alami membasmi kutu rambut adalah dengan memotong salah satu siklus hidup kutu.  Berikut adalah beberapa cara membasmi kutu rambut dengan cepat untuk semua orang.


Cara Membasmi Kutu Rambut Dengan Cepat Untuk Semua Orang


1. Hilangkan Kutu Rambut Dan Telurnya Menggunakan Sisir Serit.

Cara alami membasmi kutu rambut yang pertama dan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah cara manual, menggunakan sisir jenis serit. Sisir ini memiliki desain antar ruas sisirnya sangat kecil sehingga mudah digunakan untuk menangkap kutu rambut. Untuk mendapatkan alat ini sangat mudah, anda hanya perlu datang ke toko yang menyediakan alat – alat kosmetik.

Cara memilih sisir serit yang bagus adalah dengan melihat jarak antar gigi sisir, pilihlah yang jaraknya kurang lebih 0,2 mili meter. Karena semakin sempit jarak antar gigi sisir akan semakin mempermudah anda untuk menangkap kutu rambut, semakin cepat dan semakin efektif juga.  Selain menghilangkan kutu yang dewasa bisa juga menghilangkan telur kutu yang melekat di rambut.

Untuk cara penggunaannya sebaiknya anda basahi dahulu rambut anda sebelum menggunakan serit. Karena jika rambut anda basah, kutu di rambut anda akan melambat pergerakannya. Gunakanlah sisir serit rambut setidaknya setiap 4 hari sekali sampai kutu anda benar – benar hilang.


2. Asam Cuka 

Dengan menggunakan asam cuka, anda akan berhasil mengusir kutu rambut dan telur – telurnya secara tuntas dalam waktu yang cepat. Namun, jika memilih menggunakan cara dan bahan ini anda harus melakukannya dengan sangat berhati – hati. Karena asam cuka memiliki  sifat yang sangat asam dan bahaya untuk kulit kepala.

 Untuk mencegah terjadinya iritasi yang berlebihan pada kulit kepala anda, bisa tambahkan sedikit air supaya derajat keasamannya berkurang. Cara membuatnya adalah sebagai berikut siapkan dua sendok makan cuka, kemudian 2 sendok makan minyak kelapa. Campurlah kedua bahan tersebut aduk sampai merata.

Gunakanlah adonan tadi sebagai masker rambut sebelum tidur anda, untuk lebih amannya gunakan shower cap atau penutup kepala dan gunakan untuk tidur sembari menunggu semua kutu dan telur terkena asam cuka. Setelah bangun di pagi hari keramaslah menggunakan sampoo sampai bersih.


Baca Juga : 4 Cara Agar Tidak Mudah Kesal


3. Minyak Zaitun 

Cara selanjutnya untuk membasmi kutu dan telur- telurnya dengan cara alami adalah menggunakan minyak zaitun. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

Keramaslah terlebih dahulu hingga rambut dan kulit kepala anda bersih. Kemudian keringkan rambut menggunakan handuk khusus rambut.

Oleskan minyak zaitun yang sudah anda miliki pada bagian kulit kepala dan berikan pijatanyang lembut.

Setelah itu, tutup kepala anda menggunakan shower cap hingga keesokan harinya.

Setelah bangun tidur, cucilah rambut anda sampai bersih menggunakan shampoo.


4. Lemon 

Buah lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin dan memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam lemon hampir sama dengan kandungan asam cuka. Namun menggunakan lemon lebih aman dari pada asam cuka.

Cara pembuatannya adalah dengan memotong 2 buah lemon dipotong – potong. Kemudia peras air dari jeruk lemon tersebut. Sediakan air sebanyak 100 mili liter. Kemudian campurkan dua bahan yang tadi sudah disiapkan sampai merata. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat selama 5 – 10 menit. Biarkan selama 30 sampai 40 menit. Cuci dengan air bersih hangat hingga bersih.


5. Mouth Wash 

Jika anda biasa menggunakan obat kumur setelah sikat gigi, anda bisa memanfaatkannya untuk obat kutu di depala anda. Berikut ini cara untuk menggunakan mouth was atau pencuci mulut sebagai obat kutu di kepala. Tuangkan obat kumur secukupnya saja ketelapak tangan anda. Oleskan pada kulit kepala dan pijat sampai merata.

Setelah itu, tutup kepala anda menggunakan penutup kepala dan tunggu hingga kurang lebih 2 jam. Setelah itu, keramaslah menggunakan air bersih dan shampoo.


6. Alkohol

Cara alami membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan alkohol 70%.  Kandungan senyawa isoprofil yang ada pada alkohol mampu membunuh kutu rambut beserta dengan telurnya. Namun untuk penggunaan alkohol, anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa kulit kepala anda dalam kondisi normal dan tidak terluka.

Karena jika kulit kepala anda terluka, akan menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Untuk mencegah terjadinya iritasi anda bisa mengaplikasikan perawatan ini setiap satu minggu sekali. Caranya adalah sebagai berikut : tuangkan alkohol sesuai kebutuhan anda pada telapak tangan, oleskan pada kulit kepala dan pijat secara perlahan.

Tunggu hingga 20 sampai dengan 30 menit, setelah itu sisirlah menggunakan sisir serit supaya kutu rambut dan telur – telurnya berjatuhan. Setelah itu keramaslah dengan air dingin dan shampoo.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara membasmi kutu rambut dengan cepat untuk semua orang, semoga dengan adanya artikel ini teman teman semua dapat menghilangkan kutu di kepala anda dan selamat mempraktekkan.