5 Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Baik dan Benar

5 Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Baik dan Benar

5 Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Baik dan Benar

Anda mungkin saja belajar cara memasang tali sepatu sejak memasuki usia sekolah. Metodenya biasanya adalah ikatan sederhana, diagonal di bagian atas dan bawah. Namun, berbeda sepatu maka berbeda pula cara memasang talinya. Ada pola tertentu yang sebaiknya anda ketahui ketika mengikat tali sepatu. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.


5 Cara Memasang Tali Sepatu Dengan Baik dan Benar



1. Mengikat tali sepatu formal

Sepatu yang formal dikenal sebagai sepatu bergaya Oxford. Gaya mengikat yang satu ini umumnya sangat tertutup, di mana ikatan tali akan menutup bagian lidah sepatu. Untuk mengikat sepatu yang satu ini, anda perlu menerapkan metode mengikat tali dengan lurus. Cara ini dilakukan dengan ikatan di bagian samping, sehingga di bagian atas antar lubang, talinya lurus sejajar.

1) Masukkan kedua ujung sepatu di bagian lubang bawah sepatu, hingga ada tai yang membentuk horisontal di bagian atas kulit sepatu.

2) Tarik kedua ujungnya hingga memiliki ukuran panjang yang sama rata. Umumnya, anda harus menyisakan 4-5 cm lebih panjang untuk bagian tali yang tidak diikat.

3) Masukkan tali dari bawah ke lubang kedua pada sisi yang sama, kemudian ke lubang kedua di sisi yang berlawanan dari atas.

4) Ambil lagi tali, masukkan dari lubang ketiga pada sisi yang sama dari bawah, lalu masukkan ke lubang ketiga dari sisi yang berlawanan dari atas.

5) Lanjutkan dengan cara yang sama hingga semua lubang tali sepatu terpenuhi. Ingat, bahwa satu tali hanya dipasang secara diagonal di bagian bawah semua ikatan.


2. Mengikat tali sepatu sneaker

Cara memasang tali sepatu sneaker biasanya merupakan ikatan yang terbuka, namun tidak ada bagian tali tersisa yang harus diikat. Hasil akhir dari pemasangan sepatu yang satu ini akan membuat sepatu terlihat rapi, namun tidak terlalu kencang, jadi mudah untuk dilepaskan. Metode yang satu ini juga cocok untuk boots yang memiliki model formal.

1) Masing-masing ujung tai sepatu dimasukkan dari lubang atasnya. Kemudian ikat diagonal, tali kanan ke sisi kiri sementara tai kiri ke sisi kanan. Masukkan talinya dari bagian bawah.

2) Buat diagonal di bagian atas dengan cara memasukkan tali kiri ke kanan, sementara tali kanan ke lubang yang kiri. Masukkan dari atas, menuju ke bagian dalam.

3) Lakukan lagi dengan membuat dilang di bagian bawah, kemudian silang ke bagian atasnya hingga semua lubang terpenuhi.

4) Sisa dari tali yang ditak diikat, sejajarkan dengan panjang sepatu ke arah depan. Setelah iku, ikat simpul hanya di bagian atasnya, jangan ditarik seperti cara memasang tali sepatu yang sederhana. Ikat sebanyak dua simpul.

5) Selipkan tali di bagian bawah lidah sepatu. Pastikan untuk mendorong tai hingga ke bagian depan kaki, sehingga tidak mengganggu jari-jari kaki anda.


Baca Juga : Bagaimana cara melakukan gerakan Kip up (Kick up)? 


3. Memasang tali sepatu boot

Memiliki sepatu boots identik dengan beragam cara untuk memasang tali sepatunya. Namun, ada cara dasar sehingga sepatu boots terlihat unik dan keren. Bagi sebagian orang, memahami cara mengikat sepatu boots menjadi penting karena memiliki bagian atasnya yang tinggi.

Selain menjaga keselamatan, anda juga tidak peru bermasalah dengan sering merunduk untuk mengikat tali lepas.

1) Mulailah dengan memasukkan kedua sisi tali melalui sisi atas boots menuju ke bagian dalam. Tarik supaya kedua sisi memiliki panjang yang sama rata.

2) Masukkan tali dari bagian dalam ke lubang diagonal, kanan ke kiri dan sebaliknya, dari bagian atas menuju bagian bawah.

3) Ulangi seterusnya, hingga semua mata sepatu habis. Sisa talinya diikat yang kemudian disembunyikan di bagian bawah lidah sepatu. Anda juga bisa membuat pita untuk tali sisanya.

4) Pastikan semua ikatan sudah kencang karena boots umumnya dipakai dengan tujuan banyak gerakan.


4. Metode ikatan heel

Cara memasang tali sepatu yang satu ini banyak diterapkan oleh orang yang menyukai olahraga mendaki dan pelari. Ikatan ini aman, kuat dan memastikan kaki anda tertahan karena sepatu yang tidak akan mudah lepas. Ikatan heel biasanya diaplikasikan pada sepatu boots yang didesain untuk hiking.

1) Ikat tali sepatu dengan cara yang tradisional, di mana masing-masing tali akan dipasang dengan cara diagonal. Di bagian atasnya, ikat secara vertikal kemudian masukkan ke dalam lubang sepatu.

2) Silangkan ikatan di bagian bawah garis tali vertikal yang baru saja anda buat. Dari kanan, ke kiri dan juga sebaliknya.

3) Tarik untuk mengencangkan talinya, kemudian ikat secara bersamaan seperti biasa menggunakan simpul normal untuk menciptakan pita.

5. Metode atas bawah

Metode atas bawah merupakan salah satu pola tali sepatu yang tradisional dan memudahkan para pemula yang biasanya baru belajar mengikat tali. Cara memasang tali sepatu ini dikenal juga sebagai pola diagonal atas bawah sehingga ikatan sepati terlihat terbuka. Biasanya, ikatan ini diaplikasikan untuk sepatu sneakers.

1) Mulai dengan memasukkan tali sepatu dari bagian atas menuju ke bagian bawahnya. Lakukan ini di kedua sisi.

2) Silangkan tali di bagian dalamnya dengan cara memasukkan dari bagian bawah mata sepatu ke bagian atas.

3) Buat silang di bagian atas dengan cara memasukkan tali dari atas ke bagian bawah secara diagonal.

4) Lakukan silang bawah kembali, lalu silang di bagian atas secara bergantian hingga mata sepatu habis.

5) Ikat tali sepatu, kemudian sembunyikan di bagian belakang lidah. Pastikan ikatannya diletakkan di bagian depan sepatu agar tidak mengganggu jari kaki.

6) Jika anda memilih untuk tidak menyembunyikan ikatan, pastikan ikatannya sangat kuat sehingga tidak mudah lepas saat digunakan berjalan.