5 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

5 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Untuk Pemula


5 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Untuk Pemula

Kucing merupakan hewan yang sangat takut dengan yang namanya air oleh sebab itu anda memerlukan teknik untuk memandikan kucing dan kebanyakan kucing akan bereaksi negatif terhadap air dan  ini bisa jadi menegangkan bagi kucing dan pemiliknya.


5 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Untuk Pemula


Untungnya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memandikan kucing, agar kucing tidak stress yang menyebabkan kematian bagi kucing anda dan kali ini saya akan menunjukkan cara memandikan kucing dengan benar.
Sebelum anda memandikan kucing, sebaiknya anda melihat kucing anda  siap atau belum, jika belum siap maka sebaiknya anda melakukan hal beikut ini.

1.  Memotong Kuku Kucing 
Sebelum anda memandikan kucing sebaiknya anda terlebih dahulu mengecek apakah kuku kucing anda panjang atau tidak dan jika kukunya panjang maka sebaiknya anda potong terlebih dahulu untuk menguragi cedera yang terjadi pada diri anda.
Sebaiknya anda melakukan hal tersebut beberapa jam atau hari sebelum memandikan kucing sehingga mereka memiliki waktu untuk beristirahat, dan berhati hatilah untuk mematong kuku kucing sehingga tidak menyebabkan rasa sakit atau pendarahan.

2. Sikat bulu kucing
Jangan pernah melewatkan lagkah ini, karena dengan menyikat bulu kucing akan menghilangkan knot dan kusut pada bulu, yang dimana ini akan jauh lebih sulit dilakukan ketika kucing anda basah.

3. Shampoo Kucing Yang Tepat
Anda bisa mendapatkan shampoo kucing dari dokter hewan ataupun di toko hewan peliharaan dan sebelum anda menggunakan shampo kucing tersebut sebaiknya anda melihat petunjuk pemakaiannya.
Menggunakan shampo khusus manusia biasanya dapat mengeringkan kulit kucing anda dan dapat beracun bagi kucing anda dan jangan menggunakan shampo anjing dalam darurat apapun, sebaiknya anda menggunakan air bersih saja dari pada produk yang dapat menyebabkan penyakit pada kucing anda.

Baca Juga : Cara Berbicara Bahasa Hindi Dengan Metode Yang Mudah Bagi Pemula

4. Membuat Kucing Anda Berkeinginan Untuk Mandi
Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menempatkan kucing anda di ember yang tidak berisi air, kemudian anda ajak bermain dan setelah beberapa menit main dengan kucing di ember selanjutnya anda bisa menambahkan air sedikit dan kemudian ajak bermain lagi sampai airnya terisi penuh.
Anda juga bisa menggunakan mainan khusus waktu mandi kucing anda, seperti tikus-tikusan yang dimana tikus ini memiliki tali atau sesuatu yang dapat mengapung dan ini hanya boleh dimainkan di ember untuk mandi tersebut dan ini akan memberikan inspirasi kepada kucing untuk mandi.

Cara Memandikan Kucing Dengan Benar Untuk Pemula


1. Basahi Seluruh tubuh kucing
Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah basahilah seluruh tubuh kucing anda dengan air hangat secara merata sampai ke kulit tetapi jangan sampai telinga kucing anda kemasukan air ya.

2. Seluruh tubuh kucing di beri shampo
Setelah anda membasahi seluruh tubuh kucing anda, sekarang saatnya Anda menggunakan shampo khusus kucing yang telah di sediakan sebelumnya, silahkan anda memberikan shampo ke kucing anda hingga merata ke seluruh tubuh tetapi ingat ya jangan sampai terkena mulut, mata, dan hidung kucing anda.
Sambil anda memberikan shampo, anda sebaiknya mengusap dan memijitnya sehingga shamponya bisa meresap hingga ke akar bulu kucing anda.

3. Membilas shampo
Langkah selanjutnya adalah silahkan anda bilas shampo dan kotoran yang terdapat pada kucing anda agar bersih dan lakukan hal tersebut dengan air hangat dan silahkan Anda pastikan bahwa kucing anda bersih dari sisa sisa shampo.

4. Keringkanlah kucing anda
Langkah selanjutnya adalah silahkan anda keringkan kucing anda menggunakan handuk ataupun dengan menggunakan blower ataupun bisa juga anda menggunakan har dryer dan silahkan anda lakukan ini hingga kucing anda kering sempurna.

5.  Bersihkanlah telinga kucing
Setelah anda memandikan kucing, maka sebaiknya anda membersihkan telinganya menggunakan cutton buts dan sebelum anda menggunakan cutton bats sabaiknya anda celupkan terlebih dahulu ke baby oil. Silahkan anda bersihkan telinga kucing, pelan pelan agar kucing tidak merasa sakit ketika Anda membersihkannya.