Skip to main content

5 Cara Belajar Matematika dengan Asyik dan Menyenangkan

5 Cara Belajar Matematika dengan Asyik dan Menyenangkan

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting. Hal ini dikarenakan matematika banyak diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini dikarenakan saat anda bertransaksi, membeli barang, menabung, berdagang semua itu membutuhkan ilmu matematika dalam menghitung.


5 Cara Belajar Matematika dengan Asyik dan Menyenangkan



Oleh karena itu, seorang anak harus wajib diajari cara belajar matematika yang baik dan tepat. Hal ini bertujuan agar anak dapat melakukan perhitungan baik penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Tips Belajar Matematika

Berikut ini adalah beberapa cara belajar matematika dengan menyenangkan:

1. Metode Kumon

Metode kumon merupakan salah satu metode yang pertama kali  diterapkan oleh Toru Kumon. Level awal  ditentukan oleh level yang dapat dikerjakan tanpa ada kesalahan.

2. Metode Gasing atau gampang, asyik dan menyenangkan

Metode gasing diciptakan oleh Yohanes Surya. Ini merupakan salah satu metode yang mudah untuk mempelajari matematika. Selain itu, anda juga dapat memahami konsep matematika yang mempermudah anda dalam mengatasi permasalahan saat mengerjakan soal matematika.

Beberapa tema yang harus dikuasai untuk jenjang SD antara lain adalah penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, bilangan negatif, aplikasi satu, pecahan, desimal, aplikasi dua, geometri dan lain – lain.

3. Metode Jarimatika

Metode jarimatika atau jari dan aritmatika merupakan metode belajar berhitung  menggunakan jari. Meskipun menggunakan jari namun anda dapat melakukan melakukan perkalian, pembagian, penambahan dan pengurangan.

Jarimatika adalah salah satu cara yang asyik dan menyenangkan agar anak dengan mudah memahami operasi bilangan matematika. Salah satu caranya adalah anak dapat memahami konsep bilangan dan lambang bilangan, setelah itu anda baru mengajarkan cara berhitung matematika menggunakan jari. Ha ini akan menjadi lebih efektif.

4. Metode Sempoa atau mental aritmatika

Metode aritmatika merupakan salah satu metode belajar matematika menggunakan saat hitung yang disebut sempoa. Program ini merupakan  salah satu metode yang menggunakan hitungan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Metode sempoa ini merupakan salah satu cara belajar matematika yang dapat mengembangkan mental anak. Tujuan dari metode ini adalah untuk:

Merangsang otak agar dapat berfungsi optimal
Meningkatkan daya kreativitas anak dan imajinasi mereka
Meningkatkan konsentrasi dan fokus saat belajar
Melatih kecepatan dan ketelitian saat berpikir.
Memupuk dan meningkatkan minat anak dalam mempelajari matematika serta meningkatkan rasa percaya diri


Baca Juga : 10 Tips Cara Belajar Kungfu Sendiri


5. Metode Mathemagics

Metode magics ini merupakan salah satu metode pembelajaran matematika yang mengajarkan pemahaman anak tentang konsep dasar belajar matematika. Selain itu, metode pembelajaran ini juga menggunakan berbagai macam permainan sehingga anak akan menjadi lebih tertarik dan berminat untuk belajar matematika.


5 Cara Belajar Matematika dengan Asyik dan Menyenangkan


Berikut ini merupakan beberapa tips yang harus dipelajari oleh para orang  tua agar dapat membantu anaknya menemukan cara belajar matematika yang tepat:

1. Matematika bukanlah segalanya. 

Artinya adalah orang tua harus mampu menjelaskan kepada anak agar anak tidak hanya berfokus pada matematika saja melainkan anak juga harus diberi pengertian bahwa anak juga harus mempelajari pelajaran yang lainnya juga.

2. Anak dikenalkan dengan konsep matematika yang kongkret. 

Contohnya dalam perhitungan matematika anda dapat mengajarkan penjumlahan dan pengurangan dengan benda. Misalnya adalah 2 ditambah 1 sama dengan tiga. Anda bawa dua buah jeruk dan satu jeruk lalu ditambahkan dan anak anda diminta menghitung jumlah akhirnya, yaitu tiga.

3. Anda disarankan jangan sampai anak anda fobia terhadap matematika

Mengenalkan anak dengan konsep – konsep dasar matematika yang ada di sekeliling kita dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya adalah anda mengenalkan jam berapa mereka harus berangkat sekolah, jam untuk belajar, jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya.

Hal ini bertujuan agar anak senang belajar matematika tanpa adanya tekanan. Hal ini akan mempermudah anak saat memahami konsep dasar dan mempermudah mereka dalam mengerjakan soal matematika.

4. Anak diperbolehkan untuk belajar menghitung menggunakan jari

Metode belajar anak berbeda – beda, tergantung pada pemahaman mereka terhadap konsep dasar yang telah mereka pahami. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pada otak terdapat bagian yang  representatif dengan kinerja jari – jari tangan sehingga mempermudah anak dalam membantu menghitung operasi bilangan dalam matematika.

5. Anak diberi waktu untuk bermain dan berproses saat belajar

Daya pikir seorang anak dapat ditingkatkan dengan cara mematangkan kemampuan anak secara fisik maupun sistem syaraf. Pengalaman fisik dapat menjadikan anak kaya informasi. Selain itu, latiahn berpikir juga dapat membantu anak dalam memecahkan masalah dan mengambil kesimpulan.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mensukseskan cara belajar matematika anda:


1. Anak diusahakan selalu datang ke sekolah dan mengikuti pelajaran secara rutin.


2. Bekerjasama dengan guru. Dalam hal ini  anak harus memperhatikan apa yang sedang guru
sampaikan tentang materi yang dipelajari. Anak harus fokus dan berkonsentrasi. Apabila ada yang tidak jelas jangan malu untuk bertanya karena seorang guru pasti akan sangat senang. Hal ini menunjukkan bahwa anak anda senang dan memperhatikan pelajaran.


3. Rajin mengerjakan PR,

kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu latihan untuk memperdalam materi.


4. Anda bisa menambah jam belajar anda dengan bertanya kepada seseorang yang ahli bisa guru, saudara, dan ain – lain. 


5. Anda dapat memulai belajar aritmatika. 

Aritmatika merupakan salah satu materi dasar yang wajib dipahami anak saat belajar matematika. Materi tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.


6. Belajar aljabar
Aljabar juga sangat penting untuk dikuasai. Belajar matematika aljabar ini dibutuhkan rasa sabar karena level pembelajarannya lebih dalam.