4 Tips dan Cara Berkemah Menyenangkan

4 Tips dan Cara Berkemah Menyenangkan

4 Tips dan Cara Berkemah Menyenangkan


Tips dan cara berkemah menyenangkan - Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang cara berkemah menyenangkan dan silahkan di simak dan dibaca sampai habis agar anda tidak mendapatkan pengetahuan yang hanya setengah setengah, yuk kita baca cara berkemah menyenangkan dibawah ini  !1!

Menjalankan aktivitas luar ruangan seperti piknik dan berkemah memang sangat menyenangkan. Selain dapat menghindarkan diri dari stress, aktivitas ini ampuh untuk menyegarkan pikiran dan melatih kemandirian serta sifat kepemimpinan.


4 Tips dan Cara Berkemah Menyenangkan



Berkemah juga dapat menjalin kekeluargaan dan mempererat persahabatan. Berikut ini merupakan tips dan cara berkemah yang dapat Anda praktikan bersama teman-teman.


Mempersiapkan Perkemahan

Sebelum berkemah ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan, baik fisik maupun mental. Simaklah persiapan kemah di bawah ini untuk lebih jelasnya.

1. Lokasi

Sebelum berkemah tentukan dulu lokasinya. Apabila Anda menyukai tantangan alam liar, Anda bisa berkemah di hutan lindung, hutan pinus, hutan ekowisata, dan daerah pegunungan. Tentunya setelah sebelumnya melakukan perizinan terlebih dahulu. Apabila Anda penggemar pemandangan pantai, berkemah di tepi pantai bukanlah sebuah ide buruk. Jika Anda tidak bisa berpergian jauh, berkemah di halaman rumah pun, boleh!

2. Persiapan Peralatan dan Bekal

Sesudah mendapatkan lokasi yang diinginkan, persiapkanlah segala kebutuhan berkemah Anda. Mulai dari peralatan tenda (tenda, palu, pisau lipat, patok, tali), makanan (sebaiknya makanan siap saji: mie instan, sereal), minuman, peralatan memasak, peralatan mandi, sleeping bag, dan pakaian secukupnya. Jangan lupa bawa obat – obatan pribadi Anda, untuk berjaga – jaga siapa tahu akan dibutuhkan.

3. Fisik dan Mental

Selain peralatan dan perbekalan, persiapkan pula mental dan fisik Anda. Anda harus menjaga kesehatan dan menjaga suasana hati agar kondisi tubuh stabil. Apabila Anda berkemah dalam kondisi sakit, pasti semua menjadi tidak menyenangkan. Anda menjadi kurang antusias. Bukan malah menjadi segar kembali, Anda malah akan menjadi stress. Sebaiknya tunda dahulu jika memang sejak awal Anda merasa tidak enak badan.

Baca Juga : 10 Cara Berjalan Dengan Sepatu Hak Tinggi Dengan Percaya Diri

4. Rencanakan Kegiatan

Jika Anda berkemah bersama teman – teman atau keluarga Anda dalam jumlah yang cukup banyak, maka buatlaah perencanaan tentang apa saja yang akan Anda lakukan pada perkemahan ini. Perencanaan kegiatan dapat membantu Anda menjadi lebih mudah dalam memanfaatkan waktu. Jika sudah terjadwal, semua kegiatan akan berjalan lancar dan segala peralatan bisa dipersiapkan dari rumah terlebih dahulu.

Agar Berkemah Menyenangkan

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang contoh cara berkemah serta agenda perkemahan yang menyenangkan. Anda dapat meniru atau memodifikasikannya untuk diterapkan dalam rencana perkemahan Anda. Berikut selengkapnya:

1. Kedatangan ke Lokasi

Waktu ideal untuk sampai di lokasi perkemahan adalah pagi hari atau sore hari. Jika datang di siang hari, Anda akan kesusahan karena harus bersaing dengan sengatan terik matahari saat membangun tenda. Datang pada malam hari juga merupakan waktu yang kurang tepat karena minimnya pencahayaan saat memasang tenda.

2. Kegiatan I (Games)

Kegiatan pertama dilakukan setelah pemasangan tenda selesai, Anda dapat bermain games atau membuat petualangan ala – ala yang akan menjadi pengalaman yang mengesankan untuk Anda dan teman – teman. Misalnya games mencari harta karun, outbond, jelajah, dan lain – lain. Untuk bagian ini usahakan untuk bermain games yang menuntut kebersamaan dan kekompakan. Satu atau dua jam, waktu yang cukup.

3. Kegiatan II (Memasak)

Setelah selesai bermain games, istirahatlah sebentar. Mungkin untuk yang memiliki kewajiban ibadah, bisa beribadah terlebih dahulu. Kemudian manfaatkan waktu ini untuk memasak makan siang. Jika Anda ingin merasakan kehidupan alam, memasak dengan memancing ikan terlebih dahulu di sungai menjadi ide yang sangat bagus. Bagilah pekerjaan dengan teman Anda. Ada yang mencari kayu bakar, memasak nasi, menyiapkan perapian, mencari bahan, dan lain – lain.

4. Kegiatan III (Berjalan - Jalan)

Lokasi perkemahan yang berada di alam, sayang sekali jika tidak mengagendakan jalan – jalan di sekitar lokasi. Jika Anda berkemah di pantai, Anda bisa melakukan jelajah pantai. Jika daerah pegunungan adalah lokasinya, maka Anda bisa mencari tempat tertinggi dan berfoto serta menikmati alam dengan teman – teman. Jika memungkinkan dan spotnya tepat, Anda bisa menikmati sunset di tempat tersebut.

5. Kegiatan IV (Persiapan Malam)

Ketika hari sudah mulai gelap, Anda harus segera bersiap untuk segala agenda dan aktivitas malam. Bersihkanlah tempat berkemah Anda. Carilah mata air atau tempat untuk mandi, bila tidak ada yang terpenting adalah cuci muka agar terlihat segar atau mandi kering ala traveler yang jalan – jalan keliling dunia. Jangan lupa pastikanlah bahwa semua sudah siap, sehingga saat malam tiba Anda tidak kerepotan lagi.

6. Kegiatan V (Aktivitas Malam)

Aktivitas malam saat berkemah adalah yang paling ditunggu – tunggu. Duet antara gelapnya malam, sepoi angin, dan suasana yang sedikit horror memberikan sensasi tersendiri. Sangat disayangkan jika Anda hanya duduk saja di dalam tenda dan tidur tanpa melakukan apapun. Dimanapun tempat yang Anda pilih untuk berkemah, membuat api unggun dan bernyanyi sambil berbagi cerita bersama teman adalah hal wajib.

Jika Anda menginginkan aktivitas lain, dapat juga Anda lakukan. Misalnya Barbeque-an atau bakar – bakar, bermain games ringan seperti tebak – tebakan, dan lain – lain. Untuk Anda yang berkemah di pantai, jika cuaca sedang baik Anda bisa melakukan milkyway photography. Sangat menarik, bukan?

7. Do & Don’t

Untuk menyempurnakan cara berkemah yang menyenangkan ini, ada beberapa hal yang wajib dilakukan saat berkemah, diantaranya menjaga kebersihan lokasi, menjaga kebersamaan, menjaga keamanan, membawa perbekalan cukup, membawa penerangan, dan tertib mentaati peraturan lokasi perkemahan.

Ada pula hal – hal yang tidak bleh dilakukan, diantaranya adalah mengumpat, membuang sampah sembarangan, merusak tanaman, menebang pohon, buang hajat (BAB / BAK) sembarangan, mengotori lingkungan, menyakiti teman, dan bermain hal – hal mistis yang bisa membahayakan.


Demikianlah artikel tentang cara berkemah menyenangkan, semoga teman teman smua dapat mengambil pelajaran dari artikel ini, dan selamat memperaktekkan.