4 Cara Agar Tidak Mudah Kesal

4 Cara Agar Tidak Mudah Kesal

4 Cara Agar Tidak Mudah Kesal

Jika anda seseorang yang mudah mengalami gangguan emosi atau sulit mengontrol emosi, seperti mudah kesal karena hal apapun. Bisa karena  urusan keluarga, teman – teman, dan rekan kerja. Sifat mudah kesal tersebut bisa saja menjadi pemicu hubungan yang tidak baik antara anda dengan orang lain. Bagaimana cara agar tidak mudah kesal yang bisa diterapkan dengan mudah dalam kehidupan.
Karena sering merasa kesal bisa membuat anda gampang merasa lelah dan capek secara emosional. Terlepas dari masalah apapun yang membuat anda merasa kesal, baik itu karena masalah fisik atau karena masalah lainnya.

Beberapa orang merasakan kesusahan dalam mengatasi masalah ini, dan mencari cara agar tidak mudah kesal dalam menghadapi masalah kehidupan.  Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat diri anda lebih tenang dalam menghadapi masalah.


4 Cara Agar Tidak Mudah Kesal


1. Cobalah Untuk Lebih Sering Berolahraga

Olahraga selain untuk latihan fisik ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Selain itu bermanfaat juga untuk membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan lebih ceria. Dengan rajin berolahraga anda akan lebih relax dan tidak merasa tertekan. Jika anda tenang kemungkinan untuk mudah kesal akan sangat kecil.

Disela – sela sibuknya jadwal anda atau ketika anda pulang dari kantor sempatkan untuk berkunjung ke pusat kebugaran untuk olahraga.  Anda bisa menjadikan olahraga sebagai rutinitas, karena sudah banyak dokter yang memberikan saran untuk melakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan tubuh yang sehat secara fisik maupun secara batin.

Jika anda tidak bisa melakukannya secara rutin, setidaknya lakukanlah 30 menit setiap minggunya. Untuk mengatasi kelupaan atau mungkin terlewat buatlah jadwal tetap di salah satu hari yang memungkin anda untuk melakukan olahraga. Anda bisa menyesuaikan jenis olahraga dengan hobi atau kegiatan yang anda sukai.

Anda bisa mencari pusat kebugaran atau olahraga yang menyediakan fasilitas kolam renang dalam ruangan atau jenis olah raga lainnya. Pilihlah tempat olahraga yang sesuai dengan keinginan anda sehingga anda memiliki semangat untuk berolahraga dan menghilangkan rasa kesal dalam hati anda.
Atau jika anda bosan dengan olahraga yang biasa – biasa saja, bisa melakukan olahraga yang menantang seperti panjat tebing, atau jelajah alam bebas. Jelajah alam sangat membantu menenangkan hati dan pikiran.


Baca Juga : 10 Tips Cara Belajar Berbahasa Spanyol


2. Konsumsi Jenis Makanan Yang Sehat 

Rasa kesal yang sering muncul juga bisa berakibat karena pengaruh makanan yang anda konsumsi kurang sehat. Karena jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau makanan cepat saji yang di proses melalui mesin dan kemungkinan anda akan selalu mengalami gejala – gejala perubahan suasana hati, termasuk rasa kesal.

Jika anda sering mengalami suasana hati yang buruk, mungkin anda bisa mencoba merubah menu makan anda. Dari menu makan sebelumnya menjadi menu makan sehat seperti  buah – buahan, sayur – sayuran dalam jumlah yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Takaran konsumsi sayu dan buah dalam sehari adalah paling sedikit lima sajian sayur dan dua sajian buah – buahan. Jenis sayuran dengan daun hijau biasanya mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga kesehatan tubuh anda.

Sementara untuk buah – buahan yang banyak mengandung anti oksidan dan bagus untuk kesehatan adalah buah jenis beri sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Jika otak anda dalam kondisi yang baik maka pikiran dan hati anda akan dalam kondisi suasana yang baik. Sangat disarankan kepada anda yang ingin mengubah suasana hati menjadi lebih baik hindari konsumsi kafeina secara berlebihan.


3. Beristirahatlah Dengan Cukup

Ada hubungan yang jelas antara tidur atau istirahat dengan suasana hati, jika anda kurang tidur akan menyebabkan perasaan anda tertekan dan emosi anda menjadi tidak terkontrol. Untuk menghadapi kondisi yang tidak terkontrol tersebut anda bisa menggunakan cara agar tidak mudah kesal dengan cara memenuhi kebutuhan istirahat saraf otak anda.

Anda bisa mulai dengan mengikuti jadwal tidur yang sudah anda tetapkan, ikuti jadwal tidur dan jadwal bangun sesuai dengan aturan yang anda buat. Jika anda sudah terbiasa dengan jadwal tersebut, diri anda secara tidak langsung akan mengikuti jam biologis. Sehingga anda akan memiliki tidur yang lebih berkualitas.

Sebelum anda tidur sebaiknya matikan semua barang elektronik anda, televisi, handphone, radio dan lain sebagainya. Karena cahaya yang dihasilkan oleh barang elektronik tersebut akan mengganggu kualitas tidur anda. Sehingga suasana hati anda akan tetap tidak baik meskipun anda sudah tidur.


4. Hindari Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Jika anda seorang muslim  tentu anda akan menghindari minuman yang mengandung alkohol. Namun jika anda bukan seorang muslim, pulang kerja minum alkohol adalah yang biasa bahkan sering dilakukan karena bisa menghasilkan rasa rileks dan tenang setelah minum alkohol.

Minum alkohol dengan jumlah yang wajar masih diperbolehkan, namun jika anda minum alkohol dengan jumlah banyak atau kecanduan akan memberikan efek yang negatif pada diri anda sendiri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang berlebih akan menurunkan kemampuan diri  untuk mengotrol emosi.

Cara agar tidak mudah kesal yang terakhir ini adalah dengan mengurangi bahkan tidak mengkonsumsi alkohol sama sekali. Karena akan berakibat fatal jika anda tidak bisa mengendalikan emosi anda di depan umum. Selain itu anda juga akan mengalami susah tidur hingga berdampak negatif pada kesehatan tubuh anda. Hindari alkohol maka kesehatan dan suasana hati anda akan tenang dan nyaman.