3 Cara Berenang Gaya Dada Yang Mudah Dipelajari

3 Cara Berenang Gaya Dada Yang Mudah Dipelajari

3 Cara Berenang Gaya Dada Dengan Benar Dan Teknik Yang Perlu Di Pelajari

Bagi Anda yang bersahabat dengan air tentu saja sangat familiar dengan nama olahraga yang satu ini, yakni olahraga renang. Olahraga in sendiri memang banyak di minati mengingat sangat seru dan memberikan banyak manfaat. Namun, jenisnya pun cukup banyak di mana salah satuny adalah gaya dada. Dan jika ingin menguasainya tentu harus mengenal cara berenang gaya dada terlebih dahulu.


3 Cara Berenang Gaya Dada Yang Mudah Dipelajari



Berbicara lebih lanjut tentang berenang gaya dada. Dalam hal ini ada beberapa poin penting yang perlu di pelajari. yang pertama adalah tekniknya, dan yang kedua adalah cara bernafas ketika di dalam air. Sedangkan untuk ulasan lebih lanjut terkait dua hal inti tersebut, bisa Anda simak di bawah ini.

Daftar Teknik Yang Perlu Anda Pelajari

Dalam berenang, tentu saja ada berbagai hal yang perlu untuk di pelajari dengan baik dan benar. Sedangkan yang utama adalah teknik dasarnya. Jadi, termasuk dalam gaya dada, Anda perlu mengenal teknik ini lebih jauh. Sedangkan beberapa daftar teknik yang perlu Anda kuasai dalam hal ini adalah sebagaimana dalam pembahasan berikut.


1. Teknik gerakan meluncur

Dalam cara berenang dengan gaya dada, Anda perlu belajar yang namanya luncuran. Hal ini akan mengawali  seluruh gerakan berenang Anda selanjutny. Namun, biasanya banyak orang yang gagal menguasai gaya ini karena ada kesalahan dalam  peluncuran. Karena itulah sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara meluncur dengan baik dan benar.

Dalam peluncuran, pertama yang harus menjadi perhatian adalah posisi. Jadi, pastikan bahwa Anda sudah memposisikan tubuh dengan baik dan benar. Yang perlu di lakukan di sini adalah berdiri di pinggir kolam secara tegap, kemudian membungkukkan badan sebagaimana posisi orang rukuk. Namun, usahakan tumbuh Anda lurus dengan permukaan kolam.

Setelah mendapatkan posisi yang tepat, pastikan bahwa salah satu kaki Anda menempel pada dinding kolam. Sedangkan untuk tangan berada di bagian depan lurus kepala hingga menggapit telinga. Kemudian dorong  badan kuat-kuat dengan kaki yang menempel di dinding tadi. Nah, jika posisi Anda benar dan berhasil, maka tubuh Anda akan segera meluncur ke depan.


2. Teknik gerakan kaki

Berbicara mengenai gerakan dalam berenang, perlu Anda ketahui bahwa kaki adalah sumber yang paling menentukam keberhasilan seorang perenang. Oleh karena itu, teknik gerakan kaki dalam berbagai gaya berenang adalah hal yang paling penting, termasuk cara berenang gaya dada. Namun dalam setiap gaya, tekniknya akan berbeda, sehingga Anda harus mempehatikannya.

Berbicara mengenai teknik gerakan kaki dalam berenang gaya dada, dalam hal ini ada cara tersendiri yang harus Anda kuasai. Sedangkan cara secara umum bisa di katakan bahwa dalam gerakan untuk gaya dada, kaki akan di tekuk-tekuk. Jadi, tidak seperti teknik gerakan kaki dalam gaya bebas, di mana kaki di luruskan dan hanya di gerakan ke atas bawah saja.

Baca Juga : 3 Cara Berenang Gaya Bebas Dengan Benar Dan Mudah Di Pelajari

Selanjutnya, untuk posisi badan, Anda perlu telungkup dan menyejajarkannya dengan air. Demikian juga dengan kepala, silahkan di sejajarkan dengan air. Sedangkan untuk kaki, tinggal di tarik ke arah samping dan di luruskan kembali. Gaya ini akan sangat mirip dengan gaya katak. Selanjutnya, ketika kaki akan menutup ciptakan sebuah lecutan dengan kondisi yang rileks serta lakukan berulang kali.


3. Teknik gerakan tangan

Meskipun yang inti adalah gerakan kakinya, dalam hal ini gerakan tangan juga tidak kalah penting. jika kaki adalah sumber gerakan, maka tangan bisa di katakan sebagai sumber keseimbangan. Karena itulah Anda juga harus menguasainya dengan baik sehingga bisa mendapatkan keseimbangan terbaik pula saat sudah menguasai cara berenang dengan gaya yang satu ini.

Selanjutnya, Anda perlu berlatih mengaplikasikan teknik gerakan tangan dengan benar. Hal ini bisa di awali dari meluruskan tangan dan kepala di permukaan air. Nah, untuk melatih gerakannya, silahkan tarik kedua tangan ke arah dada secara bersamaan. Dan untuk tetap menjaga keseimbangannya, jangan lupa tarikan tersebut di sertai dayungan menggunakan telapak tangan.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengembalikan tangan sesuai dengan posisinya semula. Dan gerakan yang sudah di bahas di atas, silahkan di ulang-ulang hingga Anda lancar melakukannya. Pastikan juga untuk terus berlatih hingga tangan dan kaki benar-benar seimbang. Pada akhirnya, Anda akan menguasai gaya ini dengan baik.


Latihan Mengambil Nafas Di Dalam Air

Dalam berenang, nafas adalah masalah inti yang harus selalu di perhatikan. Karena kepala dan hidung masuk dalam permukaan air, tentu saja perenang tidak bisa bernafas sebagaimana di luar kolam. Oleh karena itu Anda perlu mengambil nafas secara teratur dan berkala sesuai dengan kemampuan menahan nafas masing-masing. Dan hal ini hanya bisa di lakukan melalui latihan.

Ketika Anda berlatih cara berenang gaya dada, namun belum menguasai cara mengambil nafas, maka silahkan di pelajari sambil berjalan. Teknik sederhananya adalah mengambil nafas ketika tangan di tarik ke samping dengan mengangkat kepala ke atas. Namun, pastikan bahwa dalam pengangkatan ini kepala tetap menghadap ke bawah.

Setelah berhasil mengambil nafas, udara bisa di keluarkan di dalam air secara perlahan-lahan. Sedangkan untuk jarak pengambilannya adalah setelah Anda melakukan minimal 2 kali gerakan. Namun, jika Anda cukup kuat menahan nafas, bisa juga mengambil dalam jarak setiap 4 kali gerakan. Bahkan, untuk mereka para profesional renang, biasa melakukannya setiap 8 kali gerakan.