Skip to main content

3 Cara Berenang Gaya Bebas Dengan Benar Dan Mudah Dipelajari

3 Cara Berenang Gaya Bebas Dengan Benar Dan Mudah Di Pelajari

Salah satu olahraga yang banyak di minati masyarakat adalah berenang. Berenang sendiri memiliki banyak sekali kelebihan. Namun, dapat di akui bahwasanya untuk menguasai olehraga ini di butuhkan ketelatenan tersendiri karena ada banyak gaya di dalamnya di mana salah satunya adalah gaya bebas. Lalu, bagaimana cara berenang gaya bebas dengan benar?


3 Cara Berenang Gaya Bebas Dengan Benar Dan Mudah Dipelajari



Gaya bebas adalaha cara berenang tanpa adanya aturan khusus. Namun kadang masih ada banyak yang salah menerapkan penggunaan gaya ini dalam berenang. Oleh karena itu, jika Anda salah satu yang masih bingung bagaimana berenang gaya bebas yang baik dan benar, sangat  penting untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Nah, sampai di sini tentu saja diantara Anda menjadi penasaran bagaimana sebenarnya cara berenang gaya bebas secara baik dan benar tersebut. Sedangkan untuk menjawab rasa penasaran Anda, jangan khawatir karena berikut ini merupakan ulasan terkaitnya lebih lanjut.

Teknik Berenang Gaya Bebas Yang Benar

Untuk mengetahui cara berenang gaya bebas dengan benar, maka tentu Anda harus menguasai tekniknya. Sedangkan dalam teknik ini ada 3 hal penting yang harus menjadi perhatian para perenang khususnya pemula yang pastinya belum profesional. Sedangkan keterangan lebih lanjut mengenai ketiganya sudah di tuangkan dalam informasi di bawah ini.


1. Gerakan kaki

Yang cukup penting untuk menjadi perhatian Anda dalam hal ini adalah gerakan kaki. Alasannya, gerakan kaki menjadi penentu bagaimana Anda di dalam air nanti. Apakah bisa mengambang atau tidak. Jika gerakan kaki Anda bermasalah atau tidak benar, maka bisa jadi berenang Anda pun akan keteteran atau bahkan tidak bisa bergerak.

Sedangkan dalam gaya bebas, gerakan kaki yang benar untuk di praktikan adalah seperti orang berjalan. Namun, pastikan kelurusan antara paha dan kaki serta jangan sampai di tekuk. Dengan begitu, yang akan bergerak di air adalah pangkal pahanya, bukan hanya kakinya.


Baca Juga : 3 Cara Berenang Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula


2. Gerakan tangan

Tidak hanya kaki, gerakan tangan juga perlu di perhatikan agar badan tetap seimbang. Dalam gaya bebas sendiri, tangan akan di gerakkan ke depan dan belakang secara bergantian. Posisinya sejajar dengan kepala tapi pastikan agar tidak menempel. Dalam hal ini Anda hanya tinggal menarik tangan kebawah hingga belakang dan terus mengulanginya.


3. Gerakan kombinasi tangan kaki dan ambil nafas

Cara berenang gaya bebas dengan benar yang juga penting selanjutnya adalah mengkombinasikan  antara gerakan tangan  maupun kaki. Jangan lupa juga kombinasi keduanya dengan  pengambilan nafas. Ketiganya tentu saja harus tetap singkron sehingga tidak akan tenggelam. Jika Anda melakukannya secara tidak seimbang, maka berenang gaya bebas pun tidak bisa di katakan berhasil.

Untuk gerakan tangan dan kaki, jangan sampai di hentikan sampai Anda tiba di tepi kolam. Jika berhenti, maka laju Anda pun akan ikut berhenti. Sedangkan untuk pengambilan nafas bisa memilih dari arah kanan atau kiri ketika arah yang di pilih, tangan berada di atas. Misalnya Anda ingin mengambil nafas di kanan, maka waktunya adalah saat tangan kanan berada di atas.

Lebih dalam lagi perlu Anda ketahui bahwa untuk gaya bebas akan sulit jika mengambil nafas dari atas. Jika mungkin Anda sering melihatnya, tentu itu tidak di praktikan di gaya ini. Sedangkan untuk jarak pengambilannya adalah minimal setelah satu kali gerakan di mana tangan kana dan kiri sudah sama-sama beraksi. Dan untuk maksimalnya tidak terbatas sesuai kemampuan Anda masing-masing.


Alat-Alat Yang Perlu Di Persiapkan Saat Berenang Gaya Bebas

Berbicara mengenai olahraga renang, memang olahraga yang satu ini tidak jarang membutuhkan beberapa alat khusus sebagai pelengkapnya. Dalam hal ini memang ada beberapa kebutuhan yang harus Anda sediakan. Namun, jika hanya di kolam renang, perlengkapannya sederhana dan seadanya saja sebagaimana dalam daftar di bawah ini.


1. Ban untuk membantu berlatih renang dan sebagai pengaman

Peralatan pertama yang Anda butuhkan adalah ban. Khusunya bagi yang sedang dalam masa pembelajaran pemula. Jika sudah mahir, Anda bisa melepas ban. Namun, jika memang masih takut dengan air atau kolam terlalu dalam, maka menggunakan ban akan lebih baik. Selain membantu memberanikan Anda, juga akan  semakin aman selama berenang di sana.


2. Kaki katak sehingga laju lebih cepat

Bagi Anda yang memiliki kaki katak, bisa juga menggunakannya ketika renang. Tujuan dari penggunaan kaki katak ini adalah membuat laju Anda akan semakin cepat. Tentu saja kaitannya dengan gaya bebas, kaki katak akan membuat  cara berenang gaya bebas dengan benar semakin sempurna.


3. Kacamata renang untuk melihat di dalam air

Ingin bisa melihat di dalam air? maka, jangan lupa membawa kacamata renang Anda saat menuju ke kolam renang. Selain sekedar membantu penglihatan di dalam air, kacamata renang juga akan melindungi mata Anda dari rasa pedas karena kemasukkan air atau sekedar tersemprot. Sekalipun sepele, tidak dapat di pungkiri bahwa fungsi kacamata renang ini cukup penting.


4. Pakaian renang agar lebih nyaman lagi

Namanya juga berenang, tentu saja akan semakin sempurna jika pakaian yang di gunakan adalah pakaian khusus renang. Jadi, jika Anda memang suka dan sering punya waktu berenang, usahakan segera memilikinya sendiri. Namun, sebenarnya ini bisa Anda sewa di penyewaan peralatan renang. Dan jika tetap nyaman dengan pakaian seadanya pun sebenarnya juga tidak ada masalah.