Skip to main content

3 Cara Berenang Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula

3 Cara Berenang Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula

Berenang adalah salah satu olahraga yang banyak di sukai. Namun belajar berenang bukanlah hal yang mudah untuk di pelajari. Padahal banyak sekali yang ingin menguasai cara berenang yang benar. Apalagi melihat olahraga ini sangat menarik dengan manfaatnya yang tinggi. Mulai dari bisa menambah tinggi, hingga menyehatkan badan serta menghilangkan pegal-pegal.


3 Cara Berenang Dengan Baik Dan Benar Bagi Pemula



Nah, bagi Anda yang belum bisa berenang, belum terlalu ahli atau masih amatiran ketika masuk kolam, tentu saja ingin mengenal lebih jauh terkait cara berenang. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada banyak sekali aspek yang harus menjadi pembahasan terkait akan hal tersebut. Meski demikian, jangan khawatir karena ulasan lebih lanjutnya ada di bawah ini.

Persiapan Apa Saja Yang Harus Di Siapkan Sebelum Berenang

Sebelum melakukan olahraga renang atau untuk sekedar belajar, tentu saja Anda tidak bisa berangkat dengan tangan kosong. Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus di siapkan. Mulai dari kolam renang yang di pilih, hingga beberapa alat pelengkap untuk mendukung. Sedangkan beberapa alat pendukung diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Baju renang

Persiapan pertama yang harus Anda penuhi di sini adalah baju renang. Berenang memang tidak harus selalu menggunakan baju renang. Namun, untuk menjaga kenyamanan Anda selama berenang, akan sangat baik jika menggunakan baju renang.  Nah, jika dalam hal ini Anda belum memiliki baju renang, Anda bisa menyewanya di penyewaan peralatan renang.


2. Kacamata renang

Selain baju renang, Anda juga perlu mempersiapkan kacamata renang untuk menjaga mata Anda. Dalam hal ini, dengan kacamata renang akan membuat Anda bisa melihat di dalam air ketika berenang. Sebenarnya kacamata renang ini tidak harus ada juga. Namun, jika Anda memiliki mata yang gampang pedas terkena air, akan lebih baik jika menggunakannya.


3. Pelampung

Bagi pemula, sebelum mempelajari cara berenang, Anda perlu mempersiapkan pelampung. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari resiko tenggelam ketika berenang. Nah, ketika nanti sudah cukup ahli dalam berenang, Anda bisa meninggalkan pelampung. Namun, selama masih dalam tahap pembelajaran, apalagi jika kolamnya  dalam, usahakan tetap menggunakannya.


Baca Juga : 6 Cara Berdiri Dengan Tangan (Handstand) Yang Benar, Tepat Dan Mudah

Teknik Dasar Dalam Berenang

Setelah Anda memenuhi beberapa hal di atas, kini saatnya untuk mengetahui teknik dasar dalam berenang. Teknik ini sekaligus merupakan urutan yang harus Anda lalui dalam pembelajaran berenang, khususnya bagi pemula. Namun sebelum memulainya, jangan lupa melakukan persiapan fisik dengan pemanasan terlebh dahulu. Sedangkan urutan lebih lanjutnya adalah sebagai berikut.


1. Bernapas

Mungkin Anda berpikir bahwa yang inti dalam berenang adalah gerakan-gerakan. Namun, sebenarnya ada hal penting yang harus di kuasai terlebih dahulu, yakni berkaitan dengan nafas. Dalam berenang, Anda perlu berlatih nafas dengan baik sehingga dalam berenang pun bisa bertahan lama di dalam air.


2. Mengapung

Selanjutnya, setelah melatih nafas dengan baik, teknik yang perlu di kuasai adalah mengapung. Dan ini adalah teknik dasar yang paling sulit dan mungkin membutuhkan waktu paling lama dalam berlatih berenang. Sedangkan bagian tubuh yang paling banyak menentukan Anda bisa mengapung atau tidak adalah gerakan kaki, jadi Anda harus memaksimalkannya.


3. Meluncur

Sedangkan teknik terakhir yang juga masuk dalam teknik dasar cara berenang adalah meluncur. Bagi Anda yang sudah pandai mengapung dan mengatur nafas di dalam air, kini saatnya belajar meluncur. Jika Anda sudah menguasainya juga, maka teknik dasar berenang secara umum sudah bisa di taklukan. Dan belajar meluncur ini bukanlah hal yang sulit untuk di pelajari.


Macam-Macam Gaya Renang


Dalam berenang, mungkin Anda sering melihat perenang melakukan gaya-gaya yang berbeda. Nah, berbagai macam gaya ini memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri dan cirikhas yang berbeda. Sedangkan dalam pembelajaran berenang, Anda bisa mempelajari seluruhnya dengan memulai dari gaya paling mudah hingga yang paling sulit. Dan macam-macam gayanya adalah sebagai berikut.


1. Renang gaya bebas

Renang gaya bebas merupakan cara berenang yang paling banyak di gunakan. Hal ini karena berenang dengan gaya bebas memang sangat mudah untuk di pelajari. Jadi, bagi Anda para pemula, silahkan untuk mempelajari gaya ini terlebih dahulu. Gaya bebas sendiri adalah kombinasi gaya kaki seperti orang berjalan dan tangan ke depan belakang secara bergantian.


2. Renang gaya kupu-kupu

Gaya renang yang tidak kalah terkenal dari gaya bebas adalah berenang dengan gaya kupu-kupu. Gaya ini pada awalnya merupakan pengembangan dari gaya dada. Akan tetapi, jika gaya bebas adalah yang paling mudah, sebaliknya, gaya kupu-kupu adalah yang paling sulit. Nama lain gaya ini adalah gaya lumba-lumba dengan gerakan kakinya yang memang seperti lumba-lumba.


3. Renang gaya katak

Selanjutnya, gaya yang banyak di minati dan masih cukup mudah di bandingkan gaya kupu-kupu adalah gaya katak. Gaya ini di aplikasikan dengan kaki yang bergerak seperti gerakan katak. Namun, jika di adu dengan gaya bebas, tentu saja kecepatannya akan kalah karena memang gaya katak ini lebih lambat. Sedangkan untuk posisi awalnya adalah seperti gaya bebas.


4. Renang gaya punggung

Kalau untuk berenang dengan gaya punggung, sebenarnya sangat mirip dengan gaya bebas. Akan tetapi posisinya lah yang berbeda. Jika cara  berenang gaya bebas menghadap ke air, maka gaya punggung ini akan membelakangi air. Namun, ketika mengaplikasikannya, Anda perlu berhati-hati karena tidak bisa menghadap ke depan.