Skip to main content

3 Cara Belajar Bahasa Belanda Dengan Benar

3 Cara Belajar Bahasa Belanda Dengan Benar - Bahasa di Dunia terdiri dari banyak jenis, namun bahasa yang utama dunia adalah bahasa Inggris. Banyak orang yang menguasai banyak bahasa asing terutama bahasa Inggris,Jerman, dan Perancis. Namun anda juga harus dan perlu belajar bahasa Belanda. Ada beberapa cara belajar bahasa Belanda yang benar dan juga mudah. Bahasa belanda bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari karena bahasa belanda adalah bahasa yang memiliki banyak bunyi dan bentuk yang berbeda dengan bahasa Inggris. Namun karena pengucapan bahasa Belanda yang sedikit berbeda menjadi tantangan tersendiri untuk anda belajar bahasa Belanda. Berikut ini beberapa cara belajar bahasa Belanda yang benar yang bisa anda gunakan, supaya anda bisa lebih mudah belajar bahasa Belanda. Selain itu anda bisa memahaminya dengan cepat. Mempelajari bahasa belanda juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari – sehari maupun untuk kepentingan lainnya.

3 Cara Belajar Bahasa Belanda



3 Cara Belajar Bahasa Belanda Dengan Benar




1. mempelajari bahasa Belanda 



Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk belajar bahasa belanda dengan mudah adalah mendalami segala hal tentang Belanda. Mulai dari kebudayaan, wisata dan hal – hal lain tentang Belanda lainnya. Lakukan semua hal yang bisa anda kaitkan dengan belajar bahasa Belanda.

Selain itu anda juga perlu memahami bagaimana bahasa belanda berkembang , bagaimana silsilah asli bahasa tersebut. Bahasa Belanda merupakan bahasa yang berasal dari dialek Low German. Namun untuk saat ini yang menjadi bahasa modern Belanda sudah berpisah dari bahasa Jerman.
Bahasa Belanda modern juga sudah mulai meninggalkan sistem tata bahasa aslinya dan beralih menggunakan tata bahasa modern serta meningkatkan kosa kata. Bahasa Belanda lebih dominan menggunakan urutan kata yang sama dalam sebuah kalimat.

Baca Juga : 3 Cara Bangun Tidur Dengan Mudah

Setelah mengetahui asal usul bahasa Belanda dengan benar, anda juga harus mengetahui dan memahami jenis kata benda atau kata kerja dalam bahasa Belanda. Belajar bahasa Belanda hampir sama dengan belajar bahasa Jerman. Karena sama – sama memiliki tiga jenis kata benda menjadi satu jenis.

Anda harus belajar mulai dari dasar, mulai dari kata kerja paling umum hingga susunan kalimat yang umum di gunakan. Dalam belajar bahasa Belanda anda harus mengingat beberapa kata kerja atau present tense yang umum digunakan oleh masyarakat. Karena kata – kata tersebut biasanya digunakan untuk memulai kalimat.


2. Belajar Kata Dasar dan Frase 


Cara belajar bahasa belanda yang paling mudah adalah belajar berhitung, selain itu berhitung juga merupakan sebuah kemampuan penting yang harus anda kuasai dalam bahasa apapun. Setidaknya anda paham dan bisa berhitung mulai dari satu sampai dua puluh. Jika anda sudah mahir dalam berhitung anda bisa melanjutkan metode selanjutnya.

Metode yang kedua adalah dengan mempelajari nama, hari, bulan dan tahun. Misalnya nama hari dalam satu minggu dalam bahasa belanda, kemudian hafalkan nama bulan dalam satu tahun.  Anda juga perlu mempelajari nama – nama warna  dasar.

Contohnya adalah sebagai berikut merah dalam bahasa Belanda berarti rood, oranye berarti oranye, kuning disebut geel dan warna –warna lainnya. Banyak kata – kata yang berguna dalam
bahasa Belanda. Namun anda harus menambahkan beberapa kata kunci ke dalam perbendaharaan kata.

Kata yang anda tambahkan adalah kata – kata penting yang sangat berguna dalam percakapan bahasa Belanda. Seperti kata halo, selamat tinggal, tolong, terima kasih. Ya, tidak, dan kata umum lainnya. Sebuah kata dasar yang wajib anda ketahui. Yang tidak kalah penting lagi adalah frase kata.

Frase kata yang perlu anda pelajari adalah frase kata sehari – hari, sehingga anda mudah melakukan interaksi dengan orang lain dalam bahasa Belanda. Kata umum dalam percakapan seperti ucapan terimakasih, ungkapan bahagia, kalimat tanya dan kalimat – kalimat lain yang biasa anda ungkapkan dalam kehidupan sehari – hari.


3. Rajin Belajar dan Giat Berlatih


Setelah anda memahami frase kata, kata kerja, kata benda, kata sifat dan lain sebagainya anda juga harus memperagakannya. Sehingga kemampuan berbahasa Belanda anda semakin terasah. Cara belajar bahasa Belanda yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari materi pembelajaran bahasa Belanda.

Anda bisa mendapatkan materi atau bahan bacaan lain yang menggunakan bahasa Belanda di Perpustakaan, toko buku, atau secara online melalui ponsel pintar yang anda miliki. Atau anda bisa melatihnya secara langsung dengan berbicara langsung kepada orang Belanda.

Caranya adalah anda bisa sambil jalan – jalan ke Belanda atau sekolah di tempat yang mengajarkan bahasa Belanda.  Setelah anda semakin bisa berbahasa Belanda, sebaiknya lanjutkan dengan membaca buku – buku dengan bahasa belanda. Untuk langkah awal, pilihlah buku cerita anak – anak, buku kata teka – teki, buku fiksi atau novel dan majalah. Semua harus menggunakan bahasa Belanda sehingga semakin mengasah pengetahuan anda.

Selanjutnya, anda juga bisa belajar dengan mendengarkan lagu atau menonton film yang berbahasa Belanda. Anda juga bisa akses melalui youtube atau media sosial lain yang bisa anda gunakan untuk mendengarkan bahasa Belanda. Dengarkan dengan seksama bagaimana cara mereka berbicara dan bagaimana mereka berekspresi.

Yang selanjutnya adalah ikutilah les privat atau guru bahasa Belanda, karena belajar dari ahlinya akan lebih mudah di mengerti. Dengan belajar pada ahlinya anda bisa mengetahui elemen – elemen budaya Belanda yang tidak akan anda dapatkan jika anda belajar secara autodidak.

Berlibur ke negara Belanda dan tinggal di sana untuk sementara waktu juga bisa mengasah kemampuan berbahasa anda dengan lebih cepat. Selama tinggal di lingkungan orang Belanda jangan sekalipun berbicara menggunakan bahasa Inggris, supaya anda lancar dan terbiasa berbahasa Belanda.


Demikianlah artikel yang membahas mengenai cara Belajar Bahasa Belanda Dengan Benar semoga dengan adanya artiel ini teman teman semua dapat terbantu dalam belajar bahasa belanda, selamat membaca.