3 Cara Bangun Tidur Dengan Mudah Dan Benar

3 Cara Bangun Tidur Dengan Mudah Dan Benar

3 Cara Bangun Tidur Dengan Mudah

Kebanyakan orang mengalami masalah terkait tidur dan bangun dari tidur. Untuk mengatasi masalah bangun tidur yang susah, banyak orang yang memilih menggunakan cara cepat, yaitu alarm. Cara bangun tidur dengan mudah salah satunya adalah dengan membiasakan diri bangun pagi. Sehingga tubuh anda secara biologis akan terbiasa dengan hal tersebut.

Karena sebenarnya tubuh secara alami sudah memiliki jam biologis untuk bangun pagi, meskipun tanpa bantuan alarm atau lainnya. Jam bangun anda akan menggunakan ritme sirkadia yang akan menyesuaikan dengan jadwal tidur anda dengan temponya. Jika anda menggunakan jam biologis anda untuk bangun, anda akan memperoleh kualitas tidur yang baik untuk kesehatan anda.

3 Cara Bangun Tidur Dengan Mudah Dan Benar


Cara bangun tidur dengan mudah memang bukan suatu hal yang mudah untuk diterapkan. Anda harus mengumpulkan niat dan berjuang untuk bangun pagi di saat orang lain masih tertidur bukanlah suatu hal yang mudah. Namun bukan suatu yang tidak mungkin untuk dilakukan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa membantu anda bangun tidur dengan cepat.


Cara Bangun Tidur Tanpa Alarm


1. Pelajari Ritme Sirkadian Anda

Hal pertama kali yang harus anda pelajari jika ingin mudah bangun tidur adalah ritme sirkadian, ritme sirkadian sendiri adalah siklus 24 jam anda yang memengaruhi perilaku fisik dan mental. Siklus ini bisa memengaruhi siklus tidur anda secara alami dan juga akan memengaruhi produksi hormon, suhu tubuh dan rasa lapar.

Jika anda merasakan lapar yang berlebih di pagi hari ketika bangun tidur atau anda merasakan pusing ketika bangun tidur atau anda sering terbangun ketika tengah malam. Hal tersebut bisa saja menandakan bahwa ritme sirkadian anda sedang bermasalah.

Ritme tidur anda dikelola dan disimpan oleh otak, ritme yang berinteraksi di dalam tubuh dipengaruhi oleh jam utama yang dikenal dengan suprachiasmatic nucleus yang terpusat di hipotalamus otak.
Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat catatan tentang waktu tidur anda. Hal ini sebaiknya anda lakukan sebelum anda benar – benar meninggalkan kebiasaan anda bangun menggunakan bantuan alarm. Anda harus memahami pola tidur anda dengan baik, setidaknya amati waktu tidur anda selama satu minggu.

Baca Juga : Cara Autodidak Bermain Piano

Untuk memperbaiki siklus tidur anda, anda juga harus menghabiskan sebagian besar waktu anda di luar rumah. Karena jika anda seharian tidak terkena sinar matahari akan menyebabkan kualitas tidur anda terganggu. Jika ada pekerjaan yang mengharuskan anda bekerja mulai dini hari dan pulang malam hari, anda juga harus tetap meluangkan waktu untuk berjalan – jalan di luar ruangan pada siang hari.


2. Menghilangkan Penggunaan Jam Alarm Secara Bertahap

Cara bangun tidur dengan mudah yang kedua adalah dengan menghilangkan kebiasaan bangun tidur anda dengan bantuan alarm. Untuk melatih bangun tanpa alarm, bisa anda lakukan setiap akhir pekan atau setiap liburan. Hal ini dapat mencegah anda dari risiko bangun kesiangan ketika jam kerja.

Anda harus mengorbankan kebiasaan anda bangun di siang hari pada akhir pekan atau hari libur anda. Liburan adalah waktu yang tepat untuk melatih anda untuk bangun tidur tanpa alarm. Selain menggunakan metode tersebut anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu mengubah suara jam alarm anda menjadi lebih lembut.

Karena sebagian besar orang – orang termasuk anda hanya akan bangun jika suara alarm anda berbunyi keras dan kencang. Anda harus belajar dengan mengecilkan suara alarm anda, gantilah dengan suara alam, seperti suara air hujan atau suara air terjun.

Alarm yang anda gunakan sebaiknya alarm dari jam alarm bukan menggunakan ponsel. Karena jika anda menggunakan ponsel anda akan melihat layar ponsel anda terlebih dahulu. Dengan melihat layar telepon sebelum tidur anda akan membutuhkanhormon melatnonin, sementara hormon ini berfungsi untuk menjaga ritme tidur anda tetap normal. Jika terlalu banyak digunakan akan menyebabkan ritme tidur anda tidak teratur.

Ketika anda tidur sebaiknya jauhkan segala peralatan elektronik, seperti ponsel, tablet, dan alat elektronik lainnya. Jika karena keadaan memaksa anda untuk memasang alarm menggunakan ponsel, lakukan itu jauh sebelum waktu anda tidur. Sehingga ketika anda akan tidur, tidak tergoda membuka ponsel.

Tinggalkan penggunaan tombol tunda, jika anda menggunakan ponsel anda akan cenderung memilih tombol snooze untuk mematikan alarm dan berfikir akan bangun nanti jika alarm berbunyi lagi. Namun hal tersebut justru mengganggu siklus tidur anda. Untuk keperluan amannya gunakanlah jam alarm manual sehingga pilihan anda hanya bangun untuk mematikan alarm.


3. Bangun Secara Alami

Setelah anda berhasil bangun tanpa alarm karena berlatih dengan rutin di akhir pekan dan di hari libur. Anda harus mencoba melatih diri untuk bangun secara alami. Cara bangun tidur alami di pagi hari, lama kelamaan akan membentuk ritme atau siklus tidur yang normal bagi anda. Anda juga pasti dapat bangun dengan tepat waktu tanpa alarm di pagi hari.

Cara yang dapat membantu anda bisa bangun dengan mudah adalah dengan membuka tirai jendela ketika tidur. Karena ketika pagi hari menyapa, cahaya akan masuk ke dalam ruangan kamar anda dan membuat anda terbangun.

Atau jika kamar anda tidak memiliki tirai jendela, anda bisa menggunakan lampu otomatis yang mampu menyala dan mati sesuai waktu yang anda tentukan. Selain itu anda juga harus rajin melakukan olahraga, supaya tubuh anda tetap sehat sehingga anda bisa bangun dengan kondisi yang segar dan sehat.