Skip to main content

15 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan


15 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang wajib terutama bagi pelajar. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk semua orang tanpa terkecuali. Hal ini dikarenakan belajar sangatlah penting sehingga anda harus mencari metode cara belajar yang efektif.



15 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan



Cara belajar yang efektif dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Hal ini dikarenakan anda  dapat mengoptimalkan waktu dan hasilnya pun akan memuaskan apabila anda serius. Selain itu, anda harus rutin dalam belajar tidak hanya di sekolah saja melainkan juga dilakukan di rumah.


Tips Belajar yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa cara belajar yang efektif yang dapat anda lakukan saat anda belajar:

  1. Mencari tempat yang nyaman
Tempat yang mendukung dapat menjadikan anda nyaman dalam belajar. Hal ini dapat menjadikan anda lebih mudah dalam memahami materi yang anda pelajari.

  1. Menyediakan waktu belajar yang tepat
Anda dapat memanfaatkan waktu di pagi hari untuk belajar. Itu adalah waktu yang sangat tepat untuk belajar karena suasananya mendukung dan sepi sehingga akan mempermudah anda dalam menyerap materi yang sedang dipelajari.

  1. Menentukan metode belajar yang kamu sukai
Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk belajar. Bisa jadi metode yang anda terapkan tidak cocok jika digunakan oleh teman anda dan lain – lain.

  1. Disiplin dalam belajar
Disiplin dapat melatih anda untuk menjadi orang yang sukses. Sikap tersebut wajib dimiliki oleh mereka yang bersungguh – sungguh dalam belajar sehingga anda dapat menikmati hasil kerja keras anda secara optimal.

Anda disarankan belajar secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan belajar sangatlah penting. Anda juga dianjurkan untuk mengulang materi yang anda pelajari agar anda paham dan tidak mudah lupa. Bagi pelajar khususnya, belajar tidak boleh hanya saat ada PR atau saat mau ujian saja, melainkan harus setiap hari.

  1. Menulis ulang materi yang telah dipelajari
Anda dapat merangkum materi agar meningkatkan daya ingat anda serta untuk memperdalam materi yang sedang anda pelajari.

  1. Membiasakan diri untuk meminum air putih
Meminum air putih saat belajar sangatlah penting karena untuk mensuplai oksigen di dalam tubuh. Apabila otak anda kekurangan oksigen dapat menimbulkan gejala sakit kepala dan mudah mengantuk.

Belajar sangat menguras energi, tenaga fisik dan pikiran pun menjadi lelah. Meminumair putih dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengatasi lesu.

  1. Menghindari sistem belajar kebut semalam saat ujian
Belajar dengan sistem kebut semalam dapat menjadikan anda sakit. Anda juga tidak dapat berkonsentrasi penuh, menimbulkan tekanan dan pikiran kita menjadi gelisah.

  1. Belajar tidak hanya dihafal melainkan juga dipahami
Apabila anda mengandalkan belajar dengan cara menghafal maka anda akan lebih cepat lupa. Namun, anda sangat dianjurkan untuk belajar dengan cara memahami agar anda menguasai konsep materinya. Dengan cara tersebut menjadikan anda tidak mudah lupa mengenai materi yang anda pelajari.

  1. Sebelum belajar anda dapat melakukan aktifitas seperti olahraga
Olahraga dapat menyebabkan kemampuan otak anda meningkat, otak semakin fresh dan segar, badan juga menjadi sehat. Dengannya dapat membantu anda belajar dengan nyaman dan efektif.

  1. Belajar sembari mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat membantu anda lebih nyaman saat belajar.  Hal ini dikarenakan dapat mengatasi stress dan tekanan saat anda belajar. Selain itu, dengan mendengarkan musik dapat meningkatkan semangat dan mood untuk belajar.

  1. Menulis, membaca dan mengulang
Banyak membaca dapat membantu anda untuk menggali informasi sebanyak – banyaknya. Dengan membaca anda dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Membaca juga merupakan salah satu cara untuk menciptakan kesuksesan dalam kehidupan anda.

  1. Belajar dengan kata kunci
Kata kunci dapat membantu anda dalam belajar. Cara tersebut sangat membantu belajar anda sehingga menjadi lebih efektif, efisien dan terstruktur dengan baik.

  1. Tempat belajar anda harus bersih
Demi kenyamanan dalam belajar anda harus mendesain tempat belajar anda nyaman, aman, bersih dan rapi. Hal ini dapat memicu meningkatnya semangat belajar anda sehingga dapat mengefektifkan waktu belajar.

  1. Belajar sambil menyiapkan makanan ringan
Camilan ringan dapat membantu anda meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Hal ini dapat terjadi karena belajar dapat menguras tenaga untuk berpikir sehingga anda membutuhkan banyak energi dan asupan gizi.

  1. Menggunakan metode sersan
Metode sersan atau yang sering disebut sebagai metode serius tapi santai ini dapat membuat anda lebih rileks dalam belajar. Anda juga dapat mengurangi rasa tegang dan tertekan saat belajar.






Tips Cara Belajar Efektif di Rumah

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap belajar anda. Tentu anda harus menyediakan tempat yang bersih dan nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips cara belajar yang efektif dan menyenangkan di rumah:

  1. Mengatur tempat belajar
Lingkungan yang rapi, bersih dan wangi dapat memicu semangat belajar sehingga anda semakin nyaman dan betah untuk belajar. Selain itu, dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus belajar anda.

Ruang belajar anda dapat didesain menjadi ruangan yang sejuk dan nayamn agar anda betah berlama – lama untuk belajar. Selain itu, anda juga dapat menyiapkan beberapa camilan dan minuman agar anda tetap fit dan meningkatkan konsentrasi saat belajar.

  1. Menyiapkan lampu belajar
Lampu yang digunakan tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Lampu belajar yang terang dapat membantu anda agar tidak mudah mengantuk saat belajar.

  1. Menyiapkan alat dan bahan untuk belajar
Untuk mengefektifkan waktu, alangkah baiknya jika anda menyiapkan berbagai macam keperluan agar tidak mengganggu konsentrasi dengan materi yang sedang dipelajari dan tidak membuang – buang waktu belajar anda.