12 Cara melakukan gerakan aerial Dengan Mudah

Pernahkah kelian mendengar istilah aerial? Dan bagaimana cara melakukan gerakan aerial tersebut? Mungkin istilah itu masih terdengar asing yah di telinga anda? Namun, tenang saja bagi anda yang merasa penasaran berarti anda telah memilih artikel yang tepat.


12 Cara melakukan gerakan aerial Dengan Mudah



Aerial adalah salah satu gerakan cartwheel dimana gerakan tersebut tidak menggunakan tangan. Gerakan ini hanya mengandalkan skill senam yang ahli. Jadi, untuk melakukan gerakan ini anda harus bayak latihan serta berdedikasi.

Cara melakukan gerakan aerial

Untuk melakukan gerakan aerial sebenarnya susah-susah gampang. Sebaiknya dilakukan dengan latihan yang intensif. Bila anda ingin mengimprove skill senam anda ke level selanjutnya dan belajar cara melakukan gerakan aerial, ikuti saja langkah berikut ini.


1. Menguasai gerakan cartwheel

Untuk anda yang ingin belajar gerakan aerial, sebaiknya kuasailah terlebih dahulu gerakan cartwheel. Ini berguna agar anda tidak merasa kesulitan dalam melakukan gerakan aerial.


2. Menguasai gerakan cartwheel dengan satu tangan

Cobalah belajar gerakan cartwheel dengan menggunakan salah satu bagian tangan yang menurut anda paling dominan dan untuk lengan yang satunya bebas berada di sisi tubuh anda. Hal ini berguna untuk mempersiapkan anda dalam melakukan gerakan cartwheel dengan tanpa menggunakan ke dua tangan.


3. Lakukan gerakan cartwheel

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan cartwheel tanpa meletakkan tangan anda pada lantai. Sebaiknya posisi tangan berada dalam posisi pegas berada di dekat dada anda. Gerakan ini seperti ketika anda sedang bersiap akan melakukan gerakan push up.

Selanjutnya mulailah melakukan gerakan cartwheel tanpa menggunakan tangan anda. Lakukan gerakan tersebut kurang lebihnya selama satu detik, kemudian dilanjutkan dengan meletakkan tangan anda di lantai dan menyelesaikan gerakan cartwheel ini.

Ketika anda berlatih anda bisa mengiringinya dengan berhitung satu, dua, atau tiga detik sebelum tangan anda diletakkan di lantai. Hal ini berguna agar anda terbiasa dalam melakukan gerakan aerial nantinya.


4. Lakukan gerakan aerial

Ambil posisis berdiri dengan jarak ke dua kaki anda selebar dengan bahu. Ke dua lengan anda juga harus berada pada sisi – sisi tubuh anda.


5. Berlari beberapa langkah

Kemudian di lanjutkan dengan berlari dengan beberapa langkah. Dengan diawali berlari sebelum mengaplikasikan gerakan aerial akan memberi kecepatan dan ketinggian yang ekstra. Dimana anda akan lebih mudah dalam melakukan aerial tanpa menggunakan tangan anda.

Ketika anda masih dalam posisi berlari sebaiknya jangan memperlambat posisi berlari anda sebelum memulai melakukan gerakan aerial. Jadi sebaiknya posisi berlari anda dalam keadaan yang stabil.


6. Menempatkan kaki dominan

Selanjutnya, menempatkan posisi kaki anda yang lebih dominan atau kuat di depan kaki yang satunya. Dilanjutkan gerakan melompat kecil ke atas sebelum anda sedikit ke posisi turun kembali.

Yang perlu diperhatikan ketika sedang di posisi ini adalah naikkan juga ke dua lengan dengan posisi ke udara. Lakukanlah apa yang biasa anda lakukan sebelum memasuki gerakan cartwheel. Tentunya dengan pengecualian anda menambah ketinggian gerakan yang sedang anda lakukan.

Baca Juga : Bagaimana cara melakukan Enema (suntikan urus-urus) di Rumah?


7. Bertumpu pada kaki

Ambil posisi bertumpu pada kaki anda yang dominan di lantai, ini berguna untuk dapat mengangkat tubuh anda. Dibandingkan harus bersandar pada tubuh atas ketika sedang melakukan gerakan cartwheel. Ketika melakukan posisi ini tubuh anda bergerak ke bagian atas. Dengan dibantu bertumpu pada kaki dominan anda agar mencapai posisi yang tinggi.

Selain itu, anda juga bisa diiringi dengan gerakan mengaayun pada kedua lengan anda ke bagian bawah dan pertahankan agar tetap menempel pada bagian sisi-sisi tubuh anda. Anda juga bisa disertai dengan merendahkan sedikit ke sisi-sisi tubuh.


8. Tendangkan kaki

Tendangkan kaki pada bagian belakang anda. Dengan gerakan menyentak pada belakang tubuh. Dilanjutkan dengan gerakan mengayun ke dua kaki anda ke bagian atas seeprti gerakan sebuah roda. Gerakan ini sama seperti ketika anda dalam posisi gerakan caertwheel.

Kemudian, bila anda serasa akan jatuh dengan posisi kepala lebih dulu jatuh. Bisa anda antisipasi dengan merendahkan lengan anda. Ini berguna untuk menyeimbangkan posisi tubuh anda.


9. Posisi mendarat

Selanjutnya mendaratlah pada kaki anda. Ketika anda dalam posisi ini anda akan mendarat dengan posisi kaki yang tidak dominan terlebih dahulu dan dengan arah berlawanan pada posisi anda semula.


10. Posisi kedua lengan

Gerakan selanjutnya adalah menyelesaikan dengan ke dua lengan anda yang berada pada udara. Dilanjutkan dengan mengarahkan kaki anda yang dominan pada bagian sedikit di depan kaki anda yang satunya.


11. Gerakan Aerial tanpa berlari

Ketika anda merasa berhasil dalam melakukan gerakan aerial dengan posisi yang masih berlari. Cobalah untuk melakukannya dengan posisi tanpa berlari. Caranya dengan berlatih berlari tetapi disertai langkah yang lebih sedikit dari letihan sebelumnya. Dilanjutkan dengan melakukan gerakan satu atau dua langkah.

Bila anda merasa bisa menguasainya, cobalah dengan mengaplikasikan gerakan aerial dengan awalan gerakan meloncat satu kali.


12. Gerakan tambahan

Setelah anda dinilai mampu mahir dalam gerakan aerial, anda bisa juga menambahkan gerakan aerial dengan skill lain yang anda miliki. Anda bisa memulainya dengan melakukan gerakan aerial secara dua kali berturut – turut.

Selain itu anda bisa juga dengan mengaplikasikan sebuah gerakan aerial pada posisi sebelum dan setelah gerakan cartwheel. Bahkan anda bisa mengkombinasikan dengan skill senam yang anda miliki.

Tips tambahan dalam melakukan gerakan aerial

Ketika anda dalam posisi berlari sebaiknya ambillah posisi berlari yang sedang. Jangan mencoba untuk berlari dengan terlalu cepat atau meloncat terlalu tinggi.

Bila anda tidak bisa membuat posisi tangan anda tidak menyentuh lantai. Cobalah dengan menguasai gerakan aerial dengan satu tangan di lantai.

Agar anda bisa lebih mahir dalam melakukan gerakan aerial. Sebaiknya mempelajari terlebih dahulu gerakan cartwheel dan cartwheel dengan satu tangan.