Skip to main content

10 Tips Cara Belajar Kungfu Sendiri

10 Tips Cara Belajar Kungfu Sendiri

Kungfu merupakan salah satu jenis bela diri yang berasal dari Cina. Untuk mempelajarinya anda membutuhkan waktu dan proses yang lama. Namun, jika anda tekun dan sering berlatih maka  anda akan cepat dalam menguasai ilmu tersebut.


10 Tips Cara Belajar Kungfu Sendiri



Anda juga harus mempelajari cara belajar kungfu sendiri atau pun anda juga dapat berguru dengan sang ahli.

Manfaat Mempelajari Kungfu

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat anda rasakan setelah mempelajari cara belajar kungfu sendiri:


1. Anda menjadi lebih sehat dan kuat

Kungfu merupakan salah satu jenis bela diri yang dapat menjadikan anda dapat bergerak dengan lincah. Selain itu, dengnberlatih kungfu anda dapat melatih otot anda kuat. Namun, anda juga harus menjaga asupan gizi untuk membantu meningkatkan masa otot anda. Daya tahan tubuh dan kesehatan anda akan meningkat jika anda sering bergerak.


2. Meningkatkan fokus dan semangat anda

Adanya aktifitas fisik mampu meningkatkan konsentrasi anda sehingga anda lebih semangat dalam beraktifitas.


3. Menghilangkan lemak di tubuh

Saat anda melakukan kungfu maka tubuh anda bergerak dan membantu membakar lemak di dalam tubuh.  Dengan berlatih kungfu, maka anda akan menggunakan lemak di dalam tubuh untuk sumber energi.


4. Memperlancar gerakan tubuh

Beberapa gerakan dalam kungfu dapat melatih anda menjaga keseimbangan tubuh anda. Hal ini tergantung pada seberapa sering anda melakukan latihan kungfu. Selain itu, belajar kungfu juga dapat membuat anda lebih gesit dan dapat berlari dengan cepat.


5. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan mempelajari kungfu dapat membuat tubuh anda semakin sehat, lebih kuat sehingga membuat anda semakin percaya diri. Anda disarankan untuk berlatih secara rutin agar anda tidak hanya bergerak saja melainkan anda dapat menenangkan jiwa karena anda dapat menyatu dengan alam dan merangsang untuk selalu berpikir positif.


6. Menjaga dan melindungi diri dari gangguan orang lain

Kungfu merupakan salah satu seni bela diri yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai ancaman dan tidak boleh disalah gunakan untuk kepentingan yang jahat dan lain – lain. Namun, kungfu hanya digunakan untuk pertahanan diri dan membantu orang lain.

Baca Juga : 10 Cara Belajar Bahasa Jerman


7. Membantu mengendalikan diri

Berlatih kungfu dapat membuat anda rileks dan tenang. Sehingga anda dapat memecahkan masalah dengan kepala dingin. Anda juga dapat mengontrol kondisi psikis dan fisik anda.


10 Tips Cara Belajar Kungfu Sendiri

Berikut ini merupakan beberapa cara belajar kungfu sendiri:


1. Menyiapkan tempat berlatih di rumah

Saat anda berlatih kungfu anda membutuhkan ruang yang luas untuk melakukan lompatan, tendangan dan pukulan serta berlatih tehnik dasar lainnya.


2. Menyediakan samsask tinju

Fungsi dari samsak tinju adalah untuk anda berlatih menahan pukulan. Caranya adalah dengan menggantungkan samsak di palfon. Dengan banyak berlatih dapat membantu anda meningkatkan kemampuan anda.


3. Mencari petunjuk

Anda dapat belajar dan berguru dengan seseorang yang ahli dalam bidang kungfu. Namun anda dapat juga belajar sendiri. Anda dapat memanfaatkan video yang dapat anda download di internet, membeli CD dan lain – lain. Dengan banyak berlatih menjadikan anda semakin lancar dan jago kungfu.
Namun, sesekali luangkan waktu anda untuk berguru dengan sang ahli agar dapat membantu anda meningkatkan kemampuan dalam kungfu. Anda juga dapat menjadikan buku sebagai sumber referensi juga.


4. Anda dianjurkan untuk fokus pada satu area tertentu.

Pertama anda harus fokus, lalu anda menulis rencana kegiatan anda saat latihan secara rutin. Semakin sering berlatih akan meningkatkan konsentrasi, keseimbangan dan kelenturan tubuh anda.


5. Melatih keseimbangan dan kelenturan

Anda dapat berlatih kuda – kuda dan memiliki keseimbangan tubuh serta kelenturan. Solusinya adalah anda dapat melakukan yoga. Dengan beryoga anda dapat meningkatkan kemampuan kungfu anda.

Untuk kelenturan, anda harus memulainya dengan pemanasan lalu peregangan. Kegiatan pemanasan antara lain adalah dengan berlari - lari kecil, melompat dan push up. Sedangkan cara peregangan antara lain adalah meregangkan otot.

 Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mencegah cedera, menjadikan anda fleksibel dan menjadikan tubuh menjadi lebih lentur.


6. Menguasai jurus kuda – kuda

Kuda – kuda yang dapat anda pelajari adalah sebagai berikut:

Kuda – kuda penunggang kuda
Kuda – kuda depan
Kuda – kuda kucing
Kuda – kuda bertarung


7. Latihan Memukul

Di dalam kungfu dikenal beberapa istilah seperti jab, hook dan uppercute.


8. Melatih tangkisan anda

Tangkisan seperti mirip tinju, contohnya adalah pukulan, jab dan hook. Untuk tendangan dan sikutan anda dapat menggunakan dua tangan.


9. Kekuatan tendangan

Bagi para pemula ada tiga tendangan yang harus diketahui:


Tendangan langkah

Cara tendangan langkah ini adalah sebagai berikut: anda berdiri di berhadapan dengan samsak tinju. Maju satu langkah dengan kaki kiri, lalu tendang sisi kanan samsak lalu diganti denagn sisi yang lainnya.


Tendangan menginjak

Langkah pertama anda memposisikan diri di depan samsak, lalu maju satu langkah dengan kaki kiri. Selanjutnya kaki kanan digerakkan ke depan dengan posisi lutut ditekuk. Setelah itu, anda lakukan tendangan


Tendangan samping

Tendangan samping diawali dengan memposisikan diri dalam kuda –kuda bertarung, kaki kiri anda diposisikan di depan kaki kanan anda. Selanjutnya berat badan ditumpukan ke kaki kiri. Lalu kaki diayunkan ke udara. Selanjutnya anda menendang samsak.


10. Mempraktekkan kombinasi di udara dan di samsak

Langkah pertama adalah anda melakukan gerakan di udara. Lalu, saat anda telah menguasai tehniknya maka anda dapat melakukannya di samsak. Setelah anda berhasil maka anda dapat mencoba berlatih dengan teman anda. Itulah beberapa cara belajar kungfu sendiri.