Skip to main content

Cara Belajar Berbahasa Spanyol Dengan Benar Untuk Semua Orang

Cara belajar berbahasa spanyol dengan benar untuk semua orang - Di dunia ini dapat kita jumpai beragam bahasa dan kebudayaan. Salah satunya adalah bahasa Spanyol. Mengapa anda harus mempelajarinya? Karena bahasa ini penting untuk orang yang ingin ke spanyol, dan jika anda ingin belajar bahasa spanyol, ssilahkan simak terlebih dahulu artike mengenai cara belajar berbahasa spanyol dengan benar di bawah ini :



10 Tips Cara Belajar Berbahasa Spanyol





Cara Belajar Berbahasa Spanyol Dengan Benar Untuk Semua Orang


Hal ini dikarenakan bahasa Spanyol adalah mudah untuk dipelajari dan merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mempelajari cara belajar berbahasa Spanyol yang baik dan benar.


Tips Cara belajar Bahasa Spanyol

Berikut ini adalah tips cara belajar berbahasa spanyol:


1. Menguasai dasar – dasarnya

Langkah pertama adalah mempelajari alfabet bahasa Spanyol. Setelah anda menguasai cara untuk mengucapkan huruf alfabet tersebut anda akan lebih mudah dalam mempelajari pelafalan kata dan frasa.


2. Mempelajari pengucapan alfabet 

Anda akan lebih mudah dalam mengucapkan kata dalam bahasa Spanyol  setelah mempelajari aturan bacaannya.


3. Bejar Cara Berhitung

Cara berhitung dalam bahasa Spanyol sangatlah mudah, hal ini dikarenakan nama angkanya hampir mirip dengan nama angka pada bahasa Inggris. Contohnya adalah sebagai berikut: Uno =1, Dos = 2, Tres = 3, Cuarto = 4, Cinco = 5, Seis = 6, Siete = 7, Ocho = 8, Nueve = 9 dan Diez.


4. Menghafalkan kosakata sederhana

Apabila anda telah hafal banyak kosa kata maka anda akan semakin mudah dalam bercakap – cakap menggunakan bahasa Spanyol. Anda disarankan untuk mempraktekkannya secara rutin.

Pertama, anda dapat menggunakan kata serumpun untuk belajar. Hal ini dikarenakan anda dapat meningkatkan kosakata dengan cepat apabila anda belajar bahasa Spanyol  yang serumpun dengan kosakata dalam bahasa inggris.

Tips menghafalkan bahasa Spanyol yang tidak serumpun dapat menggunakan cara sebagai berikut, saat mendengar salah satu kata dalam bahasa inggris anda cari tahu nama lain dari kata tersebut dalam bahasa Spanyol.

Anda juga disarankan untuk mempelajari beberapa kosakata dari Inggris ke Spanyol dan atau sebaliknya dari spanyol ke bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam meningkatkan kosakata yang anda kuasai.


5. Mempelajari Frasa Pembicaraan

Setelah anda mempelajari dasar – dasar percakapan dalam bahasa Spanyol maka anda dapat mencoba berbicara dengan mereka yang dapat berbicara menggunakan bahasa Spanyol. Anda dapat memulainya dengan topik yang ada di lingkungan sekitar anda serta menggunakan kalimat yang sederhana.

Baca Juga : 13 Cara Belajar Bahasa Perancis untuk Pemula


6. Mempelajari bagaimana cara mengkonjugasikan kata kerja. 

Kata kerja dalam bahasa Spanyol  semua mengandung akhiran “-ar”, “-er” dan “-ir”. Contohnya adalah sebagai berikut:

Saya berbicara dalam bahasa Spanyol anda dapat mengucapkan dengan yo hablo
Saya memakan dalam bahasa Spanyol berarti yo como
Saya hidup dalam bahasa Spanyol berarti yo vivo

7. Anda dianjurkan untuk menguasai bahasa Spanyol dalam bentuk yang sederhana terlebih dahulu yaitu kata kerja dalam bentuk sekarang.

Setelah itu, anda dapat meningkatkan kemampuan anda dengan mempelajari kata kerja dalam bentuk lainnya, yaitu bentuk lampau, bentuk masa depan dan lain – lain.


8. Mempelajari cara mengkonjugasikan kata kerja yang tidak beraturan.

Ada beberapa kata kerja tidak beraturan yang harus anda ketahui seperti ser, estar, ir dan haber. Kata kerja tidak beraturan yang pertama adalah “Ser”. Kata kerja ini berarti to be dalam bahasa Inggris.
Kata kerja tersebut dapat berfungsi untuk mendeskripsikan karakter penting seperti mendeskripsikan karakter, kepribadian, deskripsi fisik, tanggal dan waktu. Contohnya adalah “I am” dalam bahasa Spanyol berarti yo soy.

Kata kerja tidak beraturan yang kedua adalah Estar. Estar juga berfungsi sebagai “to be” dalam bahasa Inggris. Kata kerja ini berfungsi untuk menggambarkan perasaan, suasana hati, emosi dan alin – lain. Contohnya adalah “Ia am” yang berarti ”yo estoy”.

Kata kerja tidak beraturan yang ketiga adalah “ir” yang berarti pergi. Contohnya adalah sebagai berikut: “saya pergi” menjadi “yo voy”.

Keempat adalah kata kerja “haber” yang berarti saya telah. Contohnya adalah “saya telah menjadi “yo he”.


9. Mempelajari aturan jenis kelamin.

Mempelajari jenis kelamin dalam bahasa Spanyol perlu dilakukan agar anda tidak salah dalam memilih kosakata dalam bahasa Spanyol saat anda berbicara. Contohnya adalah sebagai berikut:

Untuk membedakan jenis kelamin laki – laki dan perempuan anda dapat menggunakan kata la chica untuk perempuan dan el chico untuk laki – laki.

Pada umumnya kata kerja yang berakhiran dengan huruf “o” adalah kata kerja maskulin. Contohnya adalah el libro yang artinya buku. Sedangkan untuk kata kerja feminim umumnya berakhiran huruf “a”. Contohnya adalah la revista  yang artinya majalah.

Kata sifat juga dapat menggambarkan jenis kelamin. Kata sifat tersebut dapat berubah bentuknya sesuai dengan aturan apakah kata benda tersebut bersifat maskulin atau feminim.


10. Belajar cara menggunakan kata sandang

Kata sandang dalam bahasa Spanyol terdapat empat macam kata sandang baik itu kata sandang pasti maupun tidak pasti. Penggunaan kata sandang tersebut bergantung pada jenis kata apakah feminim atau maskulin.

Hal ini berbeda dengan kata sandang pada bahasa Inggris yang memiliki kata sandang pasti “the” dan kata sandang tidak pasti “a”, “an”, dan “some”.

Contohnya kata sandang pasti dalam bahasa Spanyol adalah sebagai berikut: “the male cat” anda dapat menggunakan kata sandang bahasa Spanyol “el”  sehingga menjadi “el gato. Kata jamaknya menggunakan kata sandang “los” sehingga pelafalannya berubah menjadi “los gatos”.

Sedangkan untuk feminim anda dapat mengucapkan kata “el gata”, untuk bentuk jamaknya menggunakan kata “las” sehingga kata berubah menjadi “las gatas”.

Kata sandang tidak pasti dalam bahasa Spanyol antara lain adalah “un” untuk maskulin. Bentuk jamaknya adalah unos. Sedangkan untuk feminim menggunakan kata “una” sehingga bentuk jamaknya adalah “unas”.

Tips Memperdalam Bahasa Spanyol 

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan sebagai cara belajar berbahasa Spanyol dengan baik:

1. Minta tolong kepada ahli bahasa Spanyol

Dengan anda banyak berlatih berbicara menggunakan bahasa Spanyol maka anda dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Spanyol. Anda dapat meminta tolong untuk membantu mengoreksi apabila terdapat pelafalan yang kurang sesuai.

2. Anda disarankan untuk melakukan kursus agar memperlancar bicara anda.

3. Menonton film menggunakan bahasa Spanyol

4. Mendengarkan musik dengan bahasa Spanyol

5. Mempelajari kebudayaan dan lain – lain. 


Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara belajar berbahasa spanyol dengan benar untuk semua orang semoga dengan adanya artikel ini teman teman semua bisa berbahasa spanyol, sekian dan selamat memprakktekkan.