10 Cara Belajar Trigonometri Dengan Mudah dan Menyenangkan

10 Cara Belajar Trigonometri Dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara Belajar Trigonometri


Trigonometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang harus anda pelajari. Mengapa? Hal ini dikarenakan trigonometri mempelajari banyak hal tentang segitiga dan lingkaran. Trigonometri sendiri berfungsi untuk menjelaskan berbagai macam hal tenang sifat sudut, dan hubungan pada segitiga serta mempelajari konsep dasar dan cara belajar trigonometri yang menyenangkan.


10 Cara Belajar Trigonometri Dengan Mudah dan Menyenangkan



Prinsip dan konsep dasar dari trigonometri  dapat anda terapkan untuk membantu anda menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari – hari di sekeliling kita. Hal ini sangat bermanfaat karena pekerjaan anda dapat menjadi lebih ringan dan mempersingkat waktu pengerjaan.

Fungsi Trigonometri

Berikut ini merupakan fungsi trigonometri yang harus anda pahami:


1. Sinus

Sinus merupakan perbandingan antara sisi segitiga di depan sudut dengan sisi miring. Sinus bernilai positif apabila berada pada kuadran I dan II, sedangkan nilai negatifnya berada pada kuadran III dan IV.

2. Cosinus 

merupakan perbandingan antara sisi segitiga yang letaknya pada sudut dengan sisi miring. Cosinus bernilai positif apabila berada pada kuadran I dan IV, sedangkan nilai negatifnya berada pada kuadran III dan II.


3. Tangen

merupakan gambaran dari perbandingan antara sisi segitiga yang letaknya di depan sudut dengan sisi segitiga yang letaknya di bagian sudut. Tangen bernilai positif apabila berada pada kuadran I dan III, sedangkan nilai negatifnya berada pada kuadran II dan IV.


11 Cara Belajar Trigonometri Dengan Mudah


Berikut ini merupakan beberapa cara belajar trigonometri:


1. Pada diagram cartesius terbagi atas  atas 4 kuadran. 

Pada kuadran 1 terletak di bagian kanan atas. Semua nilainya positif. Pada kuadran 2 terletak di bagian kiri atas hanya sin dan cosinus yang bernilai positif.

Kuadran 3 terletak di bagian kiri bawah. Pada kuadran ini yang bernilai positif adalah tan dan cot. Pada kuadran Pada kuadran 4 hanya cos dan sec yang bernilai positif.


2. Menentukan bagian dari segitiga

Konsep dasar dari trigonometri adalah mempelajari hubungan yang ada pada segitiga. Definisi dari segitiga adalah memiliki tiga sisi dan tiga sudut yang mana jumlah sudut pada segitiga adalah 180°.
Beberapa istilah yang perlu anda ketahui dalam mempelajari trigonometri adalah hipotenusa, yang merupakan sisi panjang segitiga. Sudut tumpul, merupakan sudut yang lebih besar dari 90° dan sudut lancip yang memiliki sudut kurang dari 90°.


Baca Juga : 13 Cara Belajar Seni Bela Diri


3. Belajar membuat lingkaran satuan

Dalam hal ini lingkaran satuan berfungsi untuk membantu mengatur skala pada segitiga agar nilai dari hepotenusanya bernilai satu. Konsep ini berfungsi untuk menghubungkan fungsi – fungsi trigonometri.Fungsi trigonometri antara lain adalah sinus dan kosinus dengan persen.


4. Memahami fungsi – fungsi trigonometri

Fungsi trigonometri terdiri atas enam macam, yaitu sin, cos, tan, sec, Csc dan cot. Fungsi tersebut dapat anda gunakan untuk membantu mendefinisikan relasi pada segitiga.


5. Memahami relasi fungsi trigonometri 

Dalam hal ini anda harus memahami bahwa enam fungsi dalam trigonometri itu saling berkaitan antara satu fungsi dengan fungsi lainnya. Hal ini menyebabkan semua jenis fungsi tersebut dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari.

Anda juga harus memahami lingkaran satuan terlebih dahulu sebelum menggunakan relasi yang deskripsinya dapat dijelaskan melalui lingkaran satuan. Tujuannya adalah untuk membuat model soal lainnya.


6. Memahami penerapan trigonometri dalam bidang akademis

Trigonometri dapat diterapkan untuk mengetahui nilai suatu sudut tertentu. Contoh nyatanya adalah gerakan sebuah pegas yang memantul bolak – balik


7. Membaca materi trigonometri 

Semakin anda sering membaca materi maka anda akan menjadi semakin familiar terhadap materi tersebut. Hal ini dapat membuat anda semakin mudah untuk memahami isi dan konsep dari materi trigonometri.


8. Menggunakan note book

Note book sangat berfungsi bagi anda untuk mencatat ringkasan materi tentang trigonometri. Anda dapat membawanya ke mana pun yang anda tuju sehingga dapat membuat anda bisa belajar di mana saja.


9. Banyak berlatih soal

Semakin anda banyak berlatih maka anda akan semakin jago dalam  memahami dan menyelesaikan setiap soal. Apabila anda tidak paham bisa ditanyakan kepada guru maupun teman anda yang lebih bisa.

10. Mengerjakan PR 

untuk memperbanyak latihan anda sehingga anda akan semakin paham terhadap konsep trigonometri.


11. Belajar matematika trigonometri 

merupakan salah satu cara untuk memahami konsep dan tidak hanya sekedar hafal rumus saja. Anda disarankan untuk selalu mengulang – ulang dalam memahami setiap konsep agar tidak mudah lupa.

Manfaat dan Aplikasi Mempelajari Trigonometri

Berikut ini adalah beberapa penerapan ilmu dan manfaat cara belajar trigonometri dalam kehidupan sehari – hari:

1. Membantu menghitung sudut serang saat meluncurkan senjata sehingga dapat terlontar jauh

2. Membantu menentukan gradien tertinggi pada suatu tanjakan sehingga semua jenis kendaraan dapat melewatinya.

3. Membantu menghitung lift force pada sayap pesawat terbang

4. Untuk mengatur pengukuran ketinggian tanah, keliling dan luas tanah

5. Membantu menentukan koordinator titik simpul pada sebuah metode elemen

6. Membantu TNI dalam menentukan titik koordinat untuk menentukan posisi anda berada.

7. Trigonometri juga dapat anda gunakan dalam bidang astronomi, teori musik dan akustik

8. Mengaplikasikan trigonometri untuk menentukan ketinggian sebuah menara, gedung, dan lain – lain

9. Menentukan arah kiblat menggunakan prinsip dan konsep trigonometri

10. Membantu menentukan jarak tanda tempat dalam bidang geografi

11. Untuk mengukur ketinggian gelombang air laut dalam bidang oseanografi

12. Para arsitek menggunakannya untuk mengatur hitungan beban struktural, kemiringan atap dan lain – lain

13. Adanya fungsi sius dan cosinus pada trigonometri dapat dijadikan sebagai dasar dari teori fungsi periodik. Contohnya adalah gelombang suara dan cahaya.