Skip to main content

10 Cara Belajar Tanpa Menjadi Bosan


10 Cara Belajar Tanpa Menjadi Bosan Dan Menyenangkan

10 Cara Belajar Tanpa Menjadi Bosan - Pada umumnya, seseorang itu belajar karena merupakan sebuah kebutuhan. Dengan belajar anda dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.  Belajar juga tidak melulu di bangku sekolah saja, melainkan kita juga dapat belajar dengan apa yang ada di sekeliling kita.


10 Cara Belajar Tanpa Menjadi Bosan



Sering kali permasalahan orang tidak mau lama – lama belajar adalah karena bosan. Oleh karena itu, anda harus menciptakan kondisi ruang belajar anda agar nyaman dan kondusif untuk belajar. Banyak cara belajar tanpa menjadi bosan. Salah satu caranya adalah dengan belajar di taman, di kafe, perpustakaan dan lain –lain .


Tips Mencegah Rasa Bosan Saat Belajar

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat anda lakukan agar cara belajar tanpa menjadi bosan:

  1. Anda harus membuang pikiran negatif yang tidak menyenangkan
Anda harus menjaga pikiran anda agar terhindar dari rasa gelisah sehingga proses belajar tidak terganggu

  1. Mengajak teman untuk belajar kelompok
Anda dianjurkan untuk belajar bersama teman agar dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif. Selain itu, anda tidak akan bosan jika anda memiliki teman saat belajar. Selain dapat menambah ilmu pengetahuan maka anda juga dapat mempererat hubungan anda dengan teman.

  1. Belajar sambil mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat menjadi salah satu alternatif bagi anda untuk menemani  belajar. Hal ini agar anda tidak mudah bosan serta dapat meningkatkan semangat belajar anda.

  1. Belajar sembari menikmati makanan ringan
Ngemil menjadi salah satu alternatif teman belajar anda. Hal ini dikarenakan pada perut yang kosong dapat menyebabkan anda tidak dapat fokus dan mengurangi konsentrasi anda pada materi yang sedang anda pelajari.

  1. Menjadikan belajar sebagai momen yang menyenangkan
Anda dianjurkan untuk berpikir positif agar meningkatkan semangat belajar anda. Selain itu, anda harus menjadikan belajar sebagai suatu aktifitas yang menyenangkan agar anda lebih enjoy saat belajar.

  1. Menggunakan cara gummy bears
Cara ini merupakan salah satu cara yang unik dan menarik. Anda dapat menciptakan momen belajar yang menyenangkan dengan cara meletakkan makanan ringan pada halaman tertentu di buku anda. Anda boleh memakannya saat anda telah selesai mempelajari materi belajar anda, begitu selanjutnya. Hal ini dilakukan agar tidak bosan belajar.

  1. Membuat gambar sebagai media belajar
Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantu anda memahami materi yang anda pelajari. Selain meningkatkan kemampuan visual anda, anda juga dapat enjoy dalam belajar. Apalagi rangkuman tersebut anda beri warna agar menjadi daya tarik untuk membacanya.

  1. Membuat lagu dari materi yang sedang dipelajari
Lagu menjadi salah satu alternatif yang dapat membuat anda lebih semangat dalam bekerja. Hal ini dikarenakan anda dapat mengubah liriknya dengan materi yang sedang dipelajari. Hal ini sangat membantu anda dalam memahami materi.

  1. Belajar dengan mind map
Mind map sangat berpengaruh besar terhadap daya serap seseorang pada materi yang sedang dipelajari. Hal ini dikarenakan dengan mind map akan mempermudah anda dalam memahami materi tersebut.

  1. Tidak menggunakan sistem kebut semalam
Banyak para pelajar khususnya yang menggunakan sistem ini saat akan menjelang ulangan atau ujian. Anda akan kelelahan dan cari ini tidak efektif. Mengapa? Hal ini dikarenakan anda tidak dapat fokus dan tidak berkonsentrasi terhadap materi.

Belajar yang baik adalah belajar sedikit demi sedikit namun rutin. Hal tersebut sangat membantu anda jika sewaktu – waktu diadakan ulangan anda selalu siap dan hasilnya pun akan lebih optimal.




Belajar merupakan salah satu kegiatan yang memiliki dampak positif bagi semua orang tanpa batasan usia baik itu tua, dewasa, remaja maupun anak – anak. Oleh karena itu, untuk mendorong semangat belajar tentunya anda harus mengetahui cara belajar tanpa menjadi bosan. Selain itu, anda juga harus mengetahui apa saja manfaat dari belajar:

  1. Mendapatkan pengetahuan baru
Berawal dari rasa suka akan menjadikan anda dapat betah dalam belajar. Hal ini dikarenakan dengan belajar anda dapat mengasah ketrampilan anda untuk meningkatkan pengetahuan dan memperdalam ilmu.

  1. Membantu orang lain
Anda dapat bekerja sama dengan teman anda untuk belajar bersama sehingga jika ada yang kurang paham dapat didiskusikan bersama.

  1. Membantu memecahkan masalah
Banyak sekali materi yang anda pelajari dan berhubungan dengan aktifitas sehari – hari. Salah satu contohnya adalah tentang katrol. Pada prinsipnya cara kerja katrol dapat diaplikasikan untuk menimba air di sumur dan masih banyak lagi contoh lainnya.

  1. Meningkatkan Kreatifitas
Hal baru yang ada di sekeliling anda dapat menjadi sumber pengetahuan yang baru dan dapat menciptakan ide – ide brilian. Ide yang anda miliki dapat memajukan pola pikir anda sehingga anda lebih kreatif dalam memecahkan permasalahan dan pandai memanfaatkan hal – hal yang ada di sekeliling kita untuk diolah menjadi lebih berguna.

  1. Menumbuhkan kebiasaan yang baik
Belajar dapat merangsang kebiasaan yang baik. Hal ini dikarenakan kebiasaan yang baik dapat menimbulkan energi positif di dalam diri. Kondisi tersebut sangat mendukung keberhasilan anda dalam belajar.

  1. Menambah banyak teman
Belajar kelompok sangat bermanfaat bagi anda. Hal ini dikarenakan dengan belajar bersama anda dapat sambil berdiskusi sehingga dapat memecahkan permasalahan secara bersama – sama. Selain itu, dengan belajar bersama dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Anda akan menjadi orang sukses
Menjadi seorang yang sukses adalah impian setiap orang. Hal ini dikarenakan dengan belajar bersungguh – sungguh anda dapat meraih kesuksesan dengan mudah. Oleh karena itu, anda harus rajin belajar agar anda menjadi orang yang sukses dan cerdas.