10 Cara Belajar Bahasa Jerman Dengan Mudah

10 Cara Belajar Bahasa Jerman Dengan Mudah


10 Cara Belajar Bahasa Jerman

Anda ingin belajar bahasa jerman, maka anda harus bersiap menghadapi tantangan terbesar dalam belajar ilmu bahasa. Yaitu adalah komunikasi menggunakan bahasa jerman. Cara belajar bahasa jerman yang mudah sudah banyak tertera dan banyak diperagakan oleh orang – orang yang sukses belajar bahasa Jerman.

Pada awal bulan atau awal tahun anda belajar bahasa jerman tentu akan mengalami kesulitan dalam hal komunikasi. Kadang anda sudah paham maksud dari omongan orang tersebut, namun anda bingung harus bagaimana menanggapi obrolan tersebut.

Biasanya anda akan menanggapi dengan jawaban tersingkat yang anda mengerti. Hal ini karena belajar bahasa jerman jauh lebih sulit dari pada bahasa lainnya. Cara belajar bahasa jerman memerlukan beberapa metode supaya anda lebih cepat memahami dan mengerti serta berani berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman.


10 Cara Belajar Bahasa Jerman Dengan Mudah


1. Pelajari Pelafalan atau Pronunciation

Jika anda amati dan dengarkan dengan benar, bahasa jerman memiliki pelafalan yang hampir sama dengan bahasa Indonesia. Namun, tetap ada yang membedakan antara kedua bahasa ini, salah satunya adalah pada suku katanya. Perbedaannya pada pelafalannya, misalnya “stuhl” dalam bahasa jerman berarti kursi . namun cara melafal kannya berbeda, huruf “s” harus dibaca “ she” kemudian di tambah kata “thul” di belakangnya.


2. Perbanyak Latihan Melalui Mendengar, Membaca Dan Menulis

Belajar ilmu bahasa paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan, bisa dengan cara membaca, menulis atau mendengar. Jika televisi di rumah anda sudah modern, anda bisa memilih chanel jerman untuk anda tonton sekaligus sebagai media belajar anda. Atau anda bisa menonton film yang sudah di dubing menggunakan bahasa Jerman.

Cara lain adalah membaca dan menulis, anda bisa mulai dengan membaca teks pendek. Buku cerita anak – anak jerman atau novel dengan bahasa jerman. Sehingga anda bisa melatih pendengaran sekaligus belajar menulis dan berbicara bahasa Jerman.

Baca Juga : 7 Cara Belajar Bahasa Mandarin


3. Pahami Dahulu Gramatik dan Kosa Kata Tanpa Penjelasan Bahasa Indonesia

Akan lebih baik dan lebih cepat mengerti serta menghafal jika anda belajar bahasa jerman tanpa subtitle bahasa lain. atau anda mengartikan teks bahasa jerman dengan bahasa jerman akan lebih baik. Sehingga anda belajar dua kali secara langsung. Anda bisa melakukan hal ini jika anda mendapat soal mendeskripsikan gambar. Jangan pernah sekali saja anda menyamakan kosa kata bahasa Indonesia dengan bahasa jerman. Karena keduanya adalah dua bahasa yang berbeda.


4. Mulailah untuk belajar berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa Jerman

Jika anda sudah memahami dan mengetahui bahasa jerman dengan cukup baik, alangkah lebih baik lagi jika anda mempraktikannya secara langsung. Anda bisa berbicara dengan sesama teman anda yang sudah mengerti bahasa jerman atau dengan guru kalian, baik guru di sekolah ataupun guru privat anda.

Anda bisa melakukannya setiap hari dalam beberapa menit sampai beberapa jam jika temana a- teman anda bersedia membantu dengan baik. Waktu yang sedikit tersebut mampu memberikan dampak yang baik kepada anda sehingga menjadi bersemangat belajar bahasa Jerman.


5. Pelajari Kosa Kata Yang Benar 

Cara belajar bahasa Jerman selanjutnya adalah dengan memahami atau mempelajari kosa kata yang baik dan benar dalam bahasa jerman. Untuk anda yang pemula, mulailah dengan menghafal kosa kata yang umum digunakan dalam percakapan sehari – hari. Belajar dengan bahasa yang sering anda gunakan akan semakin mempermudah anda.


6. Cari Hubungan Antara Kosa Kata Satu dengan Yang Lainnya.

Untuk bisa memahami orang lain berbicara bahasa Jerman, anda sendiri harusnya sudah hafal di luar kepala ilmu bahasa jerman. Kata – kata dasar yang biasa digunakan untuk menyapa teman atau yang lainnya. Contohnya adalah kata sakit. Bahasa Jerman terlambat sama dengan bahasa Indonesia telat. Oleh karena itu kita wajib bangga dengan bahasa Indonesia.


7. Buatlah Metode Belajar Nada Bervariasi

Belajar dengan metode yang sama, dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan anda mengalami kebosanan. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus membuat variasi dalam belajar. Hal ini dilakukan dengan tujuan lebih cepat ketika pulang dan untuk menghilangkan kejenuhan dunia kerja di Kota. Variasi yang bisa anda lakukan adalah variasi materi, kegiatan dan variasi posisi.


8. Selalu Tambah Kosa Kata Dengan kata – kata Yang Penting

Jika anda belajar kosa kata keseluruhan, akan muncul kemungkinan bahwa anda suatu saat akan lupa dengan hal tersebut. Sehingga anda di sarankan untuk menghafal kata – kata yang penting. Sehingga jika anda lupa kata – kata penting ini dapat terselamatkan dengan baik.


9. Jaga kuantitas dan kualitas belajar

Dalam dunia pelajar juga diperlukan yang namanya usaha, meskipun banyak sekali guru yang tidak perduli dengan proses belajar siswa. Usaha untuk bisa berbicara dan mengerti bahasa jerman adalah dengan tetap menjaga kuantitas dan kualitas belajar anda. Namun yang paling penting adalah jaga kualitas belajar. Karena kualitas dan kuantitas dalam belajar merupakan pondasi yang harus di jaga dengan kuat.


10. Komitmen dalam Belajar dan Konsisten 

Cara belajar bahasa Jerman yang terakhir adalah dengan menata kembali tujuan belajar anda, serta anda juga harus mempunyai komitmen dan juga konsisten dengan apa yang sudah anda pelajari. Jangan pernah pedulikan alasan anda belajar bahasa jerman, karena dengan niat semua hal akan berjalan dengan baik – baik saja.
Berikut tadi adalah 10 cara belajar bahasa Jerman yang mungkin bisa anda gunakan untuk referensi belajar. Sudah banyak yang membuktikan cara ini dan berhasil dengan baik.